Home / Berita / Internasional / Asia / Afghanistan tak Mau Ketinggalan Kembangkan Bank Syariah

Afghanistan tak Mau Ketinggalan Kembangkan Bank Syariah

Bank Sentral Afghanistan (RoL)

dakwatuna.com – Jakarta. Afghanistan mulai mengembangkan bisnis perbankan syariah. Bank sentral negara yang kerap dikoyak perang itu berencana mengeluarkan izin tiga bank syariah di negaranya.

Bank-bank syariah tersebut akan menjadi lembaga keuangan pertama yang menawarkan layanan keuangan syariah lengkap bagi rakyat Afghanistan. Mayoritas atau sekitar 99 persen dari populasi penduduk Afghanistan yang berjumlah 33 juta jiwa adalah Muslim.

Perkembangan yang menggembirakan itu sejalan dengan kebijakan negara yang bertetangga dengan Afghanistan, yaitu Pakistan. Direktur Perbankan Syariah Bank Sentral Pakistan, Saleem Ullah, juga mendorong bank syariah untuk turut membiayai usaha kecil dan menengah.

Sementara itu, Direktur Utama Dawood Islamic Bank Pakistan, Pervez Said, mengatakan masyarakat di negara miskin pada umumnya lebih religius. Oleh karena itu, tambahnya, akan lebih mudah mendekati masyarakat dengan sesuatu yang sesuai kepercayaan mereka.

Berdasar data Bank Dunia, pada 2008 outstanding kredit bank lokal di Afganistan menyumbang 3,5 persen dari produk domestik bruto. Sementara pinjaman bank lokal di Pakistan berkontrbusi sebesar 46 persen. Menurut Dana Moneter Internasional (IMF) negara-negara Muslim berkembang menghindari perbankan sebagian dikarenakan adanya larangan Islam terhadap bunga, dan keterbatasan akses untuk mendanai pembiayaan proyek.

Ekonom IMF, Patrick Imam, pun menuturkan untuk itu pemerintah harus mampu mengembangkan regulasi, produk, dan lembaga sesuai syariah untuk mengakselerasi perkembangan industri. ”Perbankan syariah menyediakan akses keuangan bagi segmen populasi yang kurang mampu. Saat Anda menempatkan uang di bank syariah, maka bank itu akan memulai proses intermediasi keuangan, di mana dana akan disalurkan untuk diinvestasikan,” jelasnya. (Budi Raharjo/Yogie Respati/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (blogcheps.wordpress.com)

Angin Segar Investasi Syariah

Organization