Home / Berita / Internasional / Afrika / PM Somalia Mundur

PM Somalia Mundur

Omar Abdirashid Ali Sharmarke (Reuters)

dakwatuna.comAbdirashid Sharmarke mengatakan ia telah mengundurkan diri pada Selasa, setelah berbulan-bulan mengalami tekanan penumbangan pemerintah dukungan PBB.

Pemerintah telah gagal mengakhiri tiga tahun perang gerilya oleh kelompok Islam garis keras yang kini menguasai sebagian besar wilayah ibu kota Mogadishu, juga di di wilayah selatan dan tengah Somalia.

“Setelah mempertimbangkan krisis politik di pemerintahan dan meningkatnya ketidak-amanan di Somalia, saya telah memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai perdana menteri,” kata Sharmarke kepada wartawan.

Saat menyampaikan keterangan kepada wartawan tersebut, Sharmarke didampingi oleh Presiden Somalia, Syeikh Sharif Ahmed.

Presiden Ahmed mengatakan ia menerima pengunduran diri Shamarke untuk istrirahat dan mengatakan ia ia akan menominasikan seseorang untuk menggantikan posisinya sebagai perdana menteri baru sesegera mungkin.

Parlemen sedianya pada Sabtu melakukan pemungutan suara untuk mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Sharmarke, namun sidang itu ditunda karena dianggap tidak efisien dan tidak memenuhi kuorum.

Sharmarke mendapat tekanan kuat yang dipelopori Presiden Ahmed agar mengundurkan diri dalam beberapa bulan ini.

Parlemen Somalia sudah pernah melakukan pemungutan suara untuk mendongkel Sharmarke dan pemerintahnya yang didukung Barat. Namun, PM tersebut menolak mosi itu pada Mei dan menyebutnya sebagai tidak konstitusional dan tidak bersedia mengundurkan diri.

Sejumlah analis negara Tanduk Afrika itu mengatakan bahwa Ahmed, hanya berusaha mempertegas lagi wewenangnya atas pemerintah yang rapuh dan negara yang gagal itu.

Somalia tidak memiliki pemerintah pusat yang efektif setelah penggulingan presiden pada 1991 dan sejak itu dilanda kekacauan.

Dalam dua tahun terakhir, gerilyawan membunuh lima menteri dan puluhan tentara penjaga perdamaian dari Uni Afrika dan menyerang para pejabat pemerintah. (M043/B002/S026/ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tim Sebar Qurban PKPU di Kenya dan Somalia, Sri Adi Bramasetia, Sukismo, Eko Sulistio. (Kismo/Putri/PKPU).

Misi Tim Qurban PKPU di Kenya dan Somalia