Home / Berita / Nasional / Alasan Lengkap Warga Mustika Jaya Tolak Gereja HKBP

Alasan Lengkap Warga Mustika Jaya Tolak Gereja HKBP

Ilustrasi - Jemaat HKBP Jemaat HKBP saat kebaktian di Ciketing Bekasi. (FIRMANTO/RADAR BEKASI)

dakwatuna.comPeristiwa penusukan oleh sekelompok orang terhadap jemaat dan pendeta Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) pada Minggu lalu (12/9) telah menyita perhatian publik. Masyarakat terbelah menyikapi insiden tersebut. Ada yang langsung mengecam, ada yang bersikap berhati-hati sebelum mengeluarkan sikap, dan tentu ada pula yang tidak mau tahu atas persoalan tersebut.

Sebuah media online, Rakyat Merdeka Online (RMOL), mengatakan bahwa mereka menerima e-mail bersifat surat terbuka dari salah seorang warga Mustika Jaya, Bekasi tempat keberadaan gereja HKBP itu, Rahmat Siliwangi. Menurut redaksi RMOL, surat ini sengaja dipublikasi agar menambah data pembanding bagi para pembacanya.

Berikut kutipan lengkap dari surat terbuka Rahmat.

SAYA warga mustika jaya, Bekasi hanya ingin sharing kenapa sebenarnya kami sulit untuk menerima kehadiran warga HKBP di daerah kami. Dua puluh tahun lalu seorang warga Batak mulai menjadikan rumah tinggalnya sebagai tempat kebaktian. Kami warga perumahan Mustika Jaya dapat menerima karena kami sangat menghargai toleransi dan kebebasan dalam memilih keyakinan.

Namun makin lama kami biarkan semakin banyak warga Batak yang sering mondar mandir di perumahan kami. Bahkan perilaku mereka yang tadinya hormat kepada warga sekitar menjadi arogan dan mau menang sendiri. Selain itu dalam aktifitas sehari hari mereka mulai tidak menghormati tetua warga dan warga asli Mustika Jaya, Bekasi. Seakan–akan tanah dan daerah ini milik mereka. Bahkan dalam acara–acara keluarga, mereka sangat mengganggu ketentraman kami sebagai warga asli.

Ini bukan masalah agama. Karena di tempat kami ada juga warga yang non muslim selain Kristen HKBP.

Warga selain muslim pun mulai keberatan dengan perilaku dan cara–cara warga HKBP dalam sosial kemasyarakatan. Kesimpulan kami bersama warga–warga non muslim selain jemaat HKPB, jemaat HKBP cenderung kasar, sembrono, tidak tahu diri, tidak tahu malu, menyebalkan, cara bicaranya keras dan sangat arogan.

Setalah sepuluh tahun kami biarkan, jika ada acara, mereka mulai mendominasi akses jalan kampung dan mereka mulai berani terang–terangan melakukan indimidasi terhadap warga sekitar yang keberatan dengan pola tingkah dan perilaku hidup mereka seperti mabuk, menggoda wanita–wanita dan putri–putri kami, mulai mengganggu tatanan adat masyarakat asli dan hukum yang berlaku.

Selain itu jika ada acara makan–makan, mereka mulai berani memotong babi dan anjing di sekitar kampung Mustika. Bahkan bau daging–daging itu sampai tercium kemana–mana. Mereka mulai berani keliling kampung dengan bernyanyi–nyani dengan suara dan logat khas batak.

Pemaksaan cara mereka inilah yang membuat kami sangat kesal dengan tingkah pola mereka. Bahkan mereka mulai berani mendirikan lapo–lapo tuak yang selalu memicu keributan disekitar daerah Mustika Jaya.

Kemudian, kami warga sekitar, baik itu muslim dan non muslim non HKBP sering mengadakan pertemuan untuk membahas keberadaan warga HKBP (meskipun sebagian besar hanya datang setiap hari Minggu). Kesimpulan dan kesepakatan warga, kami takut jika ini dibiarkan akan merubah tatanan masyarakat kami dari berbagai lintas agama dan suku lain selain Batak.

Perilaku mereka akan mengubah tatanan kemasyarakatan yang tadinya saling menghormati, toleran, sopan santun, menjadi arogan, mau menang sendiri, mabuk–mabukan dimana saja. Dan makan dengan makanan yang bagi kami sangat menjijikan. Seperti bakar babi dan anjing.

Dan kami pun mulai melaporkan ke Pemerintah Kota Bekasi mengenai keberadaan mereka sesuai apa adanya. Kami juga meminta Pemkot Bekasi bahkan Kepolisian dan Babinsa di daerah kami untuk berkata apa adanya dan menyelidiki secara langsung perilaku warga HKBP.

Karena yang kami sampaikan bukanlah omong kosong maka setelah hampir dua puluh tahun kami menderita dengan perilaku HKBP, oleh Pemkot Bekasi kegiatan jemaat mereka dianggap liar. Dan gereja di rumah seorang warga pun disegel oleh Pemkot Bekasi. (Tentunya dengan hasil penyelidikan selama waktu yang cukup dengan melibatkan Kepolisian dan Koramil setempat).

Jadi maksud saya membuat surat ini pada dasarnya bukan masalah didirikan gereja atau tidak dirikan gereja yang menjadi pokok permasalahan. Tapi yang akan mendirikan gereja di tempat kami adalah jemaat Huria Kristen Batak Protestan, yang menurut teman saya juga beragama Kristen tapi dari suku lain (Jawa, Maluku, Irian, NTT) mereka juga kurang suka dengan kelompok ini (HKBP). Karena di dalam persatuan gereja–gereja Kristen pun, selalu membuat masalah–malsalah tatanan sesuai pola arogansi kesukuan Batak mereka.

Saya hanya bisa berharap, surat saya ini bisa menjadi informasi pembanding dan pertimbangan yang objektif apakah apa yang saya sebutkan dengan perilaku mereka diatas itu salah atau mengada–ada. Khusus untuk teman–teman wartawan jika Anda ingin objektif silahkan survey warga Mustika Jaya Bekasi apakah yang saya sampaikan di atas benar atau tidak.

Dan saya surat saya ini juga ditujukan Warga HKBP untuk bercermin terhadap perilaku mereka, berperilakulah seperti manusia, kalau ingin dihormati dengan sebenarnya hormatilah tatanan masyarakat sekitar. Kita ini orang timur, “Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.” Kalau tidak dimanapun anda berada kalian tidak akan pernah diterima oleh suku manapun!

Kami takut jika mereka jadi bermukim di Mustika Jaya, tatanan kehidupan sosial kami berubah, kami takut anak–anak kami menjadi para pemabuk, keras kepala, kekerasan meningkat, kejahatan meningkat, sekali lagi kami bukan tidak mau menerima umat kristiani. Yang tidak kami terima mereka ini HKBP.

Salam,

Agustus 2010,
Mustika Jaya Bekasi

Rahmat Siliwangi

Surat di atas dikutip dari RMOL pada hari Jum’at, 17 September 2010 , 15:25:00 WIB. Namun ketika berita ini diterbitkan, sumber di RMOL tersebut tidak bisa dibuka kembali. Jika diakses URLnya (http://www.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=4062), berita tersebut tidak ada dan hanya muncul halaman kosong. Belum jelas penyebabnya. (h)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (312 votes, average: 9,61 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • muhammad Darko

    kita hidup di indonesia jadi ikuti aturan yang berlaku di indonesia .

  • ardian

    Redaksi, berusahalah bertemu dan mendapatkan email asli dari pak Rahmat Siliwangi. Pemberitaan mengenai isu ini memang tak berimbang dan beberapa LSM Pluralist menunggangi isu ini untuk melemahkan PBM. Beberapa pertanyaan krusial masih tersisa, mana barang bukti pisau? Siapa yang menusuk? Logiskah beberapa pemuda HKBP tidak mempersenjatai diri setalah kejadian 8 Agustus?
    Wassalam

    • orang batak non hkbp

      hahaha mereka mau beribadat boz masak bawa senjata, dan surat email ini memang palsu sepalsu palsunya

  • Sinful

    Ga bisa d salahkn lah warga bekasi,org batak yg mnunggangi agama itu emang dah d mana2 klakuanx kaya gitu..

  • Siti

    Kita memang tinggal di Indonesia & hrs mengikuti peraturan Indonesia. Tp syg, peraturan indonesia amat sgt lemah. Hingga kejahatan & korupsi merajalela. Bahkan dlm penegak perturan sendiri. Jk stlh tragedi agust pemuda HKBP mempersenjatai diri, mk semakin menunjukan siapa mereka,arogan & kasar. Tuk warga mustika, HKBP mang arogan di manapun mereka berada.bkn hanya di bekasi.Tp jgn lumuri tgn dgn drh kotor mereka. Slesaikan persoalan dgn kepala digin. Salam hangat to All wrg mustika. Waslkm W.W

  • naina

    sewajarnya kita mampu mndengarkan dari kedua belah pihak agar berimbang.
    mnrt hemat saya, mnyesuaikan diri dg budaya setempat adl sangat pnting selama budaya tsb baik. klo sikap “semau gue” dilakukan apalg prilaku merusak, saya jg gak setuju. pd akhirnya yg baiklah yg akan menang. amin

  • Daung

    Saya mengerti keadaan seperti yg pak Rahmat utarakan.. Meski dg kasus yg berbeda dg yg kami alami. Kesimpulanya adalah sangat2 resah, tidak adanya adalah benar2 berkah.

  • inyo

    Gak masuk diakal, kalo memang sebanyak itu orang batak yg tinggal disana, konfliknya dengan orang2nya donk, bukan dengan melarang gereja.. Memang sekarang bnyk oknum yg memprovokasi maysarakat untuk melarang pembangunan tmpt ibadah agama lain.. Please deh, bangsa cina udh mendarat di bulan, orang indonesia msh mgeributin hal2 kayak ginian.. Gak punya kerjaan.. Cuih..

    • Muhtar

      Anda ini dungu atau begok, baca lengkap surat tersebut dengan teliti isinya adalah warga bukan keberatan dengan pendirian gereja tapi keberatan dengan orang2 yang akan mendirikan gereja tersebut karena tingkah lakunya yang arogan, sombong, tidak tahu diri dan brengsek. Masalah tersebut bukan kejadian baru kemarin sore tapi sudah bertahun-tahun. Seandainya anda dalam posisi seperti warga mustika jaya apa yang akan anda lakukan??? jika kampung anda penuh dg org urakan dan tak tahu aturan!!!!

  • yeyen

    memang sebaiknya warga batak sebagai pendatang di daerah yg bukan kampung halamannya seyogyanya mau menghormati adat istiadat dan agama di daerah tempat yg ditujunya, jangan arogan berperilakulah sebagai tamu yg baik agar bisa diterima dgn baik oleh siempunya daerah, memang seperti diketahui warga batak memang sdh terkenal kasar dan arogan maka bila mereka tetap berperilaku demikian, dimanapun mereka datang kesuatu daerah tetap akan selalu bersinggungan dgn penduduk setempat.

  • cece

    ini artinya sebaiknya semua introspeksi diri. Kalo menabur keburukan, pasti juga menuai keburukan.

  • Kumanpikun

    “Bad news is always a good news for mass media.”

  • ifhasyarifah

    Ass, wah kalau apa yg dikatakan rahmat meman benar jangan disalahkan warga mustika jaya, mungkin warga setempat udah bosan melihat tingkah laku jemaat HKBP.

  • ekalita sari piesant

    aspirasi masyarakat setempat sudah seharusnya menjadi pertimbangan apakah keberadaan tempat ibadah dan jemaat HKBP masih signifikan berada disana jika memang ternyata terbukti menggangu keamanan dan kenyamanan warga sekitarnya……..tidak bisa kepentingan suatu kelompok (mendominasi) di atas kepentingan/kemashalatan bersama..hal ini bisa menganggu keseimbangan sosial dan menimbulkan hal2 yang tidak diinginkan…..

  • nanda

    wong batak…wong batak….kelakuannya emang dasar…….. dianggap semua tanah yg bukan haknya adalah milik nenek moyangnya…. emang gak semuanya, tp kebanyakan org batak begitu. Di daerah tempat tinggalku jg ada org batak, kelakuannya jg sama, gak menyenangkan org di sekeliling tempat tinggalnya.

  • uhi

    oooo bgitu toh critanya, tmen g jg bgitu waktu kontrakkan dblakang rmhnya diisi rang batax 1 dia nunduk,2 dia bersiul siul ,3 dia nyanyi nyanyi, >4kumpul banyak ngajak berantem….akhirnya dibawain golok ma tmen gw abis ditgor berxx ga mau denger n mau jg dia pindah ma tmen sih dibalikin tu duit kontrkan utuh 1 bln yg udah dbayar tp dasr ga tau malu diterima lg hahahahaaaaa, tp ga smua batak bgitu loh tetangga gw batak tp bae…………..so ini maslah lain ya?

  • amril.hasan

    memang kadang2 sebagian warga pendatang(btk) tuh tidak tau sopan santun dan tidak mempunyai tata kerama,seakan daerah yang didatanginya,itu kaya daerahnya sendiri tanpa memandang masyarakat pribuminya/masyarakat aslinya itu sendiri.kadang2 kalu datang kekantor,pemerintahan itu gk ada sopan santunya main selanang selonong aja.bikin dongkol ati………didaerahnya si boleh aja tapi ini kan didaerah orang.lain…..apa gak punya rasa saling mengargai ,

  • ilfan

    Wah,klo begini caranya dimanapun kau tinggal tetap tidak akan pernah setuju orang2 yg berdampingan denganmu,dasar Batak gak tau diuntung,coba liat dimedia kebanyakan orang Batak pintar berbicara…apalagi ursan hukum dialah empunya tukang boong,ngbulin,Fitnah.Orang Batak memang pintar!!(Merekayasa permasalahan).klo pingin mengusai kau kembali aja ktempat asalmu…jangan membawa atas nama kebebasan Beragama,karna siapa yg bermain api maka pasti akan ngrasain panasnya api….

  • Farhan Samir

    Hal tsb mmg tipikal suku Batak. Di Riau,ada istilah Gerobak Pasir,GEROmbolan BatAK PAyah DiuSIR. Saudara2 kt ini sering awalnya memempati lahan kosong, walaupun yg sudah ada pemiliknya. Setelah jumlahnya banyak, mendirikan Lapo Tuak (warung minuman keras khas batak), warung BPK (Babi Panggang Karo), Ternak babi di pemukiman, Gereja masing2 sekte bahkan di setiap 100mtr, dll. Klu sdh begitu, mau digusur sudah sulit. Ibu2nya siap melawan aparat dengan (maaf) buka pakaian. Aparat ndak bisa apa2 lg.

  • abu syaamil

    begitulah budaya batak toba, macam batak karo tidak sekeras batak ini. dengan sesama jemaatnya saja sudah saring baku pukul dan saling serang, apalagi dengan suku lainnya.. pasti diinjak2 tu aturan2 yg ada. IRONIS..

  • Abi riau

    Mari kita jaga lingkungan kita dari pihak2 yg dpt merusaknya..dan terhadap kristen HKBP kita patut selalu WASPADA

  • tikus

    Jgn generalisasi bahwa semua anggota suku tertentu pasti kelakuannya buruk. Semua suku pasti ada orang-orang tertentu nya yang ga beres, tergantung dari lingkungan keluarga dan tingkat pendidikan ybs. Yang jelas bahwa insiden di Ciketing ini, ada pihak pihak yang sedang berpolitik ria memancing di air keruh, dengan mengadu-domba warga versus HKBP. Astagfirullah alazim, mesti banyak istigfar dan berpikir tenang.

  • gustiro pramono

    saya tidak mbanding-bandingkan suku ya..saya punya banyak supir angkot 24 org banyaknya…emang yang namanya orang BATAK bikin sial tidak tau aturan tidak punya sopan santun mabuk jarang mandi bau…pokoknya seabrek kejelekan ada padanya…emang tidak semua orang batak… tapi ini mayoritas dan kebanyakan dari mereka…..di dpr aja coba liat ngomongnya kasar-kasar….kaya paling pinter sendiri…paling kaya sendiri…paling wahh sendiri…padahal ga ada isinya….!!! wassalam

  • boing

    Waah..orang2 begini jangankan masuk kampung, naik ke atas bis aja penumpang pada gerah……

  • siti ihzaini

    tdk semua Or9 Batak sprti itu, Y9 jht Y9 merusak itu Batak Kristen_a, Beda sama Yg muslim, q ju9a or9 batak tp sy muslim, jd tolon9 jgn hina Suku_a, kerna dmna2 or92 kafir itu mm9 biadab tk peduli apapun Suku_a,,

  • orang_batak

    jemaat HKBP memang selalu bermasalah, bahkan di sumatera utara sekalipun. saya bertetangga dengan satu keluarga jamaat HKBP (janda dua anak). tapi kelakuannya memang bikin gerah. suka cari musuh sama tetangga. baru pindah rumah aja dia ramah, tapi belakangan ketauan belangnya. bisa dibayangkan, satu kepala keluarga saja kelakuannya seperti itu. apalagi kalo sampe banyak, bisa perang tiap hari.

  • ady

    ruhut sitompul org batak yach???
    pantas

  • herudoanx

    pemerintah hrs tanggap menangani masalah ini & jangan sampai terus di biarkan berlarut2x,,,

  • HERY CANTONA

    ISLAM Hrs bersatu-masa kt mayoritas kalah dinegeri ini

  • Widjojokowid

    (Pengalaman sbg ketua RT) Sepertinya pengajian warga hkbp itu sdh biasa dari rumah ke rumah, bawa mobil bagus, menyita dan mengganggu jalan dan terang-terangan tak mau bayar iuran RT. Warga nonmuslim lain tdk spt itu. Suatu saat Ia pernah lapor ke ketua RT rumahnya ditimpuki oleh warga asli.Waspada apakah perilaku mereka di tempat juga begitu begitu?

  • kris.solo

    Saya warga WNI katholik dari babtis.
    Mengenai HKBP.
    Pernah mengalami hal seperti surat di atas.
    memang kebanyakan golongan HKBP mereka arogan dan menganggap suku HKBP paling ok.
    Teman aja dimakan demi uang ndak seberapa.
    Mentalitas nya ya bgt.
    Hidup dalam METAFORA,padahal ya banyaknya mereka itu NOTHING di masyarakat.
    (Ini kebanyakan lhoo,ndak semua bgt.Yang baik jga ada)
    Biasanya yg baik malah bener2 ISI orang nya.

    Shallom…..

  • azure

    Jika benar Sungguh memilukan, smg mereka kembali kejalan yang benar..Amien YRA..

  • orang kito

    kelakuan orang batak memang seprti itu bukan hanya di bekasi aja.di mana-mana kelakuaan nya bejat

    • andre

      orang batak suku yang di sayang Tuhan

  • Orang Medan Melayu

    Memang dimana mana orang Batak itu suka buat onar, Pemerintah harusnya menyetujui pembentukan provinsi Tapanuli jadi orang batak itu pulangkan semua kesana. jadi intinya kami tidak benci dengan non muslim tapi kami benci sama HKBP. Anak saya yg umur 4 tahun saja lebih takut sama orang batak dari pada takut sama anjing alasannya karena orang batak makan anjing jadi lebih seram
    .

    • andre

      orang batak itu baik…terbuka…progresif…toleransi…berani..rajin…apa adanya.dan ingat, orang batak punya andil terhadap negara ini

  • paul

    Mungkin ini hanya fitnah belaka! Sesuailah… pelaku pembacokan sendiri masih berbelit2 membuat alasan fitnah sana sini. Alasan saya mengatakan tulisan ini fitnah buktinya berita yang katanya ada di http://www.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=4062 kosong! alias tidak ada! Sekali lagi tulisan ini tidak dapat dipertanggung jawabkan.

    • mimin

      kosong kan bs jadi karena sudah dihapus postingannya, buktinya kalo di googling msh ktmu tuh, cuma pas d klik link nya kosong

  • sri

    mmg begitulah kelakuan mereka, tidak sopan, suka seenaknya membiarkan anjing piaraannya berkeliaran dan mengganggu ketentraman org disekitarnya jadi wajar kalau tidak disukai,saya juga merasakan tidak enak bertetangga dengan mereka.

  • sam

    Tewaskan 8 Orang, Anjing Liar Dimusnahkan Print E-mail
    ** – klikp21.com

    AMBON – Delapan orang telah meninggal akibat gigitan anjing gila dalam dua bulan belakangan di Desa Paso, Kecamatan Teluk Baguala, Ambon, Maluku. Karenanya ratusan anjing liar yang ada di kawasan tersebut akan dimusnahkan. Demikian ditegaskan Pemerintah Kota Ambon, Minggu (19/9/2010).
    ———————————————————–
    KIRIM SAJA JEMAAT HKBP CIKETING KESANA HA HA HA

    • Iskandar

      Betul,betul betul…….l

    • atung

      satuju pisan….

  • sam

    Waspadalah dgn cara Kristen Batak HKBP ini di seluruh Indonesia. cuma mereka saja kok yang banyak masalah dgn warga setempat.
    Sesuai dgn komentar Kris Solo, jemaat HKBP juga sering menteror warga setempat jika warga setempat mengeluh ttg kegiatan2nya, parkir , dll sbgnya yang mengganggu ketentraman warga. Ditegur baik2 tidak akan mempan malah kita yang diancam karena mereka mungkin berpikir mereka Batak banyak di jajaran aparat,polisi, tentara dsb …

  • bung batak

    Berapa orang jumlah suku batak di Indonesia dan berapa orangkah yang berbuat onar.. Apakah adil ketika kita memberi pelabelan, mayoritas orang batak, umumnya orang batak.. Arogan..? Banyak batak yang santun.. Banyak batak yang tau tata krama.. Hormat pada yang dituakan..

  • el

    Kalau orang batak itu,sedikit ia seperti menyatu sama lingkungan tapi kalau dah banyak mereka mo memaksakan kehendak,seperti belanda minta tanah lah,arogan

  • Iskandar

    Memang bung Batak banyak juga sih orang batak yg baik tapi lebih banyak yg AROGAN mungkin dalam hal HKBP Ciketing perlu kiranya tetua adat Batak untuk memberikan peringatan kepada mereka agar lebih menghormati warga asli dimana mereka numpang hidup ok agar terbina kerukunan antar umat beragama di Indonesia yg kita cintai ini MERDEKAAAA…..!!!!!

  • taulina

    kalau begitu ya sudah usiiirrrr ajaja.masyarakat asli harus dihormati dioongg

  • orang batak non hkbp

    berita ini menyesatkan, karena bekasi bisa maju dengan adanya orang batak, cek pionir penggerak ekonomi disana, cek team yang merumuskan pemakaian lahan di bekasi sebagai tempat hunian, cek dulunya berapa banyak orang bekasi yang origin, 90% adalah pendatang. Kalau memang ada masalah parkir, masalah keamanan, yang seharusnya bergerak adalah para aparat pemda atau aparat polisi yang notabene sekarang ini menjadi unsur yang diuntungkan dengan adanya pelarangan ijin, yaitu upeti !!!

  • christina

    jangan membuka aib sendiri …malu….cb intropeksi diri yang sering membuat kekacauan di negara ini orang apa??? agama apa??? sbelum menghujat orang lain…lihatlah kediri sendiri…bgmana sikap, kelakuan anda?apakah sdh benar?? beri contoh kpd orang lain kl agama anda mengajarkan yang benar, dr cara anda bicara, menghakimi jemaat HKBP itu sj sdh kelihatan siapa sbnarnya anda, dan agama anda. kami mengampuni n mengasihi kalian semua. JESUS memberkati kita semua.amin

    • ario

      anda nampak tidak pernah update berita…mungkin juga anda gakmau tahu..siapa yang suka membuat propaganda menyesatkan sehingga kami umat islam tersudut di seluruh dunia… wajar kalau kami membela diri, jangan kan manusia semut juga menggigit kalau di pijak….hati2 anda kalau berkomentar….!!!

  • dona

    Ga semua org batak kaleee….buktinya,adaband vokalisnya org batak,putriayu org batak,byk org batak yg ber akal…itu semua tergantung didikannya dan kelakuannya….

  • Syah Novian

    mereka minoritas saja berani seperti itu..
    bagai mana klo mereka mayoritas…!!!

  • Batak Non Arogan

    Memang ga’ Semua Batak seperti yg ada di Bekasi…, tapi harus diakui jg bahwa kebanyakan mereka melakukan ibadat…dan setelah itu mabuk2, dan meresahkan bagaimanapun dlm beragama kalau sudah mengganggu orang lain itu tidak benar apapun agamanya ..JESUS Raja Metal

  • andy

    Buat saudara2 yg tlh memberikan koment2 diatas, terima_kasih buat anda yg telah puas menghina org Batak ( HKBP ). Tp saya yakin anda sendiri lah yg belum INTROPEKSI terhdp kelakuan Anda, kami Org Batak HKBP tidaklah se_hina/ se_bejad spt yg Anda tulis tsb.Anda berbicara spt itu krn mgk saat ini Anda mayoritas di Negeri ini. Tolonglah ucapannya dipikirkan dulu sblm Anda Mengungkapkannya.

    • ario

      jadi mau anda apa….!

  • silvi

    jadi…. karena semuaaaaa alasan yg di kemukakan warga mustika jaya bekasi menjadikan pembenaran melakukan penusukan pak pendeta???? pemukulan???? gimana sih???? coba pikir lagi…..
    kalo org batak disalahkan…. bahaya loh, banyak nih batak….pinter2 pula tuh….untung ga pada demo balik…

    • ario

      eh anda kali yg bodoh ya…coba fikir 9 orang lawan 200 orang…logikanya siapa yg mendahului…bodoh…bodoh…. bedanya aja kelen takut mati…kalau orang tu gak makanya mereka berani melawan yang 200….setelah di lawan ngadu katanya melanggar HAM lah…. orang idiot pun tau kalau jumlah sebegitu besar akan membuat besar kepala dan arogan difikirnya dgn massa sebanyak itu orang gak berani ngelawan…. batak…cuma gertak…disambut tantangannya lari terbirit2….

  • mangdoel

    sabar memang g ada batasnya,tp kelakuan (etika) harus sesuai dan ada batasan,apa yg d lakukan oleh jemaat HKBP memang udah d luar batas dan memang layak tuk d ingatkan,dgn cara baik tak bisa,ya d gertak dgn kekerasan pa blh buat,jgn pernah membangunkan singa yg sdg tidur..jgn pernah memprmainkn kbikn orang muslim…

  • Yanti

    Saya sependapat dengan teman2 yang berkomentar sebelumnya..jangan pernah membawa rasis soal prilaku negatif sebag. kcl kelomp. Smua suku juga ada yang prilakunya pemabuk, kasar, arogan, dll. JKT dan Bekasi sdh bnyk didiami suku pendatang lain,dgn berbagai mcm adat dan kebiasaan jadi yah harus toleran. Kl memang keberatan bisa dilaporkan kpd tokoh adat setempat. Dan tidak smua orang batak itu adalah HKBP. Pelarangan rumah ibadah bukan pada HKBP aja kok, GPIB dll, jd tdk perlu mengada2 alasan

  • pinoy

    this is why i love Singapore, everything is so safe and peace here…
    everybody respect to each other, and mind their own business.

    • inyo goblok

      Sok teung loe kepret…,Coba ke Mesjid Angulia di perkampungan orang India,ada mesjid tapi gak boleh pake TOA.Ngerti gak maksudnya apa?.Dulu Singapore itu tanah semenanjung Melayu.Semuanya muslim,tapi karena terlalu toleran,akhirnya orang China yang menguasai lalu muslim jadi minoritas.Ditekanlah yang minoritas ini.Loe di Singapore dimananya?,belagu banget!!

  • Pengelana

    Mungkin mrka2 (HKBP-red) yg notabene bkn pnduduk/warga asli… tidak prnah membaca/mendengar kalimat yg brbunyi sprti ini “ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN” dan “ENTE JUAL ANE BELI”

  • Medan Melayu

    Semua yang berkaki empat bisa di MAKAN kecuali MEJA itupun karena KERAS, Semua yang bersayap bisa di MAKAN kecuali KAPAL TERBANG itupun karena KERAS, Semua yang ada dilaut bisa di MAKAN kecuali KAPAL SELAM itupun karena KERAS, Yaaaaaaaaa terjemahain sendiri lah itu prinsip ORANG APA??? He He He

  • bukan orang batak tapi nasrani

    sdr2ku yang kekasih, tanda2 zaman akhir mulai kelihatan. marilah kita bertoubat dan doakanlah sahabat kita yang melakukan kejahatan ini sebab merek tidak mengerti apa yang mereka perbuat. sama seperti apa yang telah dilakukan terhadap Tuahan Yesus Kristus. amin

  • nur

    di daerah kamipun sama,mereka awalnya kontrak rmh,meminjamkan uang dengan bunga yang tinggi,lama2 menyita rumah warga asli,kemudian mereka mulai berbondong2 menempati wilayah kami dengan membawa nenek,kakek,keponakan,cucu dan kawan2nya,sehingga daerah kami sudah didominasi oleh orang batak.rumah mereka sudah dijadikan tempat kebaktian,mereka berkeliaran di jalan2 tanpa baju atasan hanya menggunakan celana pendek,mereka berbicara dengan nada keras,mereka juga minum2,maen kartu n tertawa terbahak2

  • Yan Kuryana Wiriadipura

    Kekacauan terjadi karena kita banci. Tidak tegas, mau sekuler atau religius?. Kalau dipilih salah satu, maka akan jelas semua konsekwensi hukumnya. Jadi saya menganjurkan untuk malakukan refrendum untuk menentukan republik ini akan berdasarkan hukum agama atau hukum sekuler?

  • aby Al Qosam

    HKBP berhati2lah jangan sampai tragedi terminal bekasi terulang tuk kesekian kalinya Umat Muslim menghormati tuk beribadah menurut keyakinan masing2 anda pun harus menghormati kami penduduku asli bukti bahwa umat Kristiani selain HKBP pun kita hormati tapi jangan menipu melalui berita kebenaran tidak dapat disembunyikan oleh kebohongan dan kebusukkan.

  • keemool

    dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. lah mun aya nu model kitu di lingkungan saya geus beak tah dileled kabeh. tp dibalik semua itu hati2 jangan sampai terprovokasi oleh situasi

  • bhinekatunggalika

    Jangan RASIS.. Hati2 SARA, hati2 provokasi

  • Cinta damai

    Melihat cara negosiasi dengan seorang pimpinan wilayah ( walikota bekasi ) di TV demikian Arogannya.Hal ini saja sudah menunjukkan kekerasan sikap dan pongahnya.Siapapun dia mau Jendral,raja,presidenpun jika tinggal di wilayah kelurahanpun akan menghargai lurah itu.Laaaahhhh ini …….dilihat di berita seperti itu.Rasa harga menghargai dan menghormati jauh dari keseharian mereka ya pantas saja dan saya percaya dengan surat pak Rahmat di atas.Saya acungj jempol 4 untuk warga Mustika jy bekasi.

  • Lili

    Eh jangan rasis ya, yang BANYAK jadi koruptor, teroris, perampok jelas-jelas BUKAN ORANG BATAK, tetapi kalau jadi PENGACARA yakh mau tidak mau kita harus terima, BANYAK ORANG BATAK.

  • raimon

    hati2 pemutar balikan fakta…….coba berfikir jernih….harus akui kelemahan dan kekurangan semua fihak…jangan mundur ke belakang …..

  • Ridwan Azhar Saragih

    Sy batak muslim. Sy tekankan dengan tegas!! Umat muslim tidak melarang pendirian gereja dimanapun. Tapi apabila pendirian gereja sudah terjadi pergeseran nilai dan melanggar norma2 diwilayah tersebut, berifat sombong, selanang-selonong tanpa basa-basi dengan warga sekitar. Pasti tdk akan disetujui. Kalo ga bisa juga dibilangin. Sbg muslim, sy siap perang untuk lawan mereka. Allahu Akbar!!

    • Randy Taher

      Saya setuju!! mantap!

    • joko

      mantabbbbb !!! gan !!

  • Endah

    Intinya ikuti sj aturan main dlm pendirian tmpt peribadatan yg sdh ada, apabila aturan blm dpt dipenuhi..jgn kmd berdalih ” setiap org pny hak melaksanakan ajaran agamanya dan tdk ada hak utk melarangnya”…atw jgn kmd merekayasa sedmkrupa seolah2 umat lain mendzolimi. Tdk ada dlm agama kami (Islam) melarang umat lain mendirikan tmpt ibadah, slm tdk ada intrik2 utk menimbulkan masalah di lingkungan tsb.

  • iwan

    Indonesia adalah NKRI, tidak bisa dihindari adanya migrasi penduduk dalam wilayah NKRI. Perpindahan penduduk adalah sah sejauh mereka masih WNI. Resikonya adalah kehadiran budaya, adat istiadat & kebiasaan yang berbeda. Kali ini masyarakat Bekasi asli (Betawi) mendapat kehadiran itu. Mereka harus belajar dari masyarakat Bali dalam menerima kehadiran saudara dari suku bangsa lain. Masyarakat Bali merasa tidak terganggu dengan kehadiran budaya, adat istiadat & kebiasaan yang berbeda.

    • afdhal

      Apo iya berani perang melawan mereka..? Jangan2 gertak aja.. Islam itu agama yg damai dan memberi kesalamatan kepada siapapun di dunia fana ini. Juga kepada dunia semuanya. Pelajari, pahami dan laksanakan serta berpegang teguhlah kepada ajaran Islam dengan sesungguhnya, maka kita dan siapapun pasti akan bahagia di dunia maupun di akhirat.

    • Ardi

      setahu saya tidak semua masyarakat bali merasa tidak terganggu akan adat istiadat, budaya, kebiasaan bahkan agama yg berbeda, dapat info dari media di internet (ini yg luput dari pemberitaan), dimana sekitar 1\2 bulan yang lalu di bali, umat islam diintimidasi, bahkan di hambat kegiatan n aktivitasnya. semoga qta selalu diberikan kekuatan n komitmen dalam menjalankan amal ibadah dg baik.

    • aban

      budaya boleh saja, tapi caranya ini sebaiknya diperangi aja klo sudah membandel

    • permadi

      Toleransi dan hak untuk berpindah2 dan beragama memang hak setiap org, tapi ingat bahwa hak2 kita juga dibatasi oleh hak org lain. Masih ada norma2 yang harus dihormati. Ketika kita masuk kesuatu masyarakat, sebaiknya kita juga menghormati kultur dan kebiasaan masyarakat tersebut. Jangan memaksa seenaknya kita. Masyarakat bali welcome kepada org asing, tetapi tentunya org asing yang masih menghormati kultur mereka. Sekali lagi HAK KITA DIBATASI OLEH HAK2 ORANG LAIN APALAGI KITA PENDANTANG.

    • Kenapa yang belajar justru warga yang didatangi? lagian kurang belajar apa kalo emang dasar yang membuat marah adalah arogansi pendatang? aneeh deeh. Jangan kebalik cara berpikirnya. Kalo di bali justru harusnya nggak seperti itu kalo warganya punya prinsip budaya.

  • Sarifudin Joko Wasono

    masyarakat tahu berita dari TV, siapa yg bisa mengimbangi berita2 tsb agar jelas persoalannya?!

  • mulyani

    arogansi HKBP tidak akan pernah membuat org lain suka, apalagi jk sudah merusak tatanan yang ada di wilayah tersebut, itulah yg akhirnya bisa menimbulkan konflik/kekerasan yg dilakukan pihak yg terdzholimi. namun seolah mendapat pembelaan (terutama oleh media2 yg sok mbela HAM), mereka terus minta yg lebih.

  • yurico iglesias

    Buat soadara sodaraku … Lebih baik dengarkan dari ke dua pihak.. Dari koment koment yang saya baca kita sudah mulai membahas sara dan menjelek jelekan suatu suku .. Berfikirlah sebagai seorang kesatria dan sifat orang dewasa.dan yang tidak mengetahui apa apa jangan pernah memberi isu yang tidak tidak karena itu akan semakin memperkeruh suasana ..

  • andri

    dlm kasus ini dibutuhkan hati yg brsih tuk penyelesaian.mata yg jeli tuk penyelidikan.
    sikap kelompok HKBP sudah mnjadi rahasia umum.awalnya 1 trus sekeluarga..kalo udah bnyak,kumpul2 bakar babi smbil main gitar keras2 ditengah mlam.

  • aban

    hancurkan saja, dari pada akan lebih parah. putus mata rantainya sekarang juga

  • Didik

    Ibarat tamu, tentunya harus bersyukur pada tuan rumah yang meramahi dan berbaik hati kepadanya. Dan sebagai tamu, tentu harus menaruh perhatian dan menghormati tuan rumah yang memberi ruang kebaikan kepadanya. Tentunya sebagai tamu akan malu dan merasa tidak enak apabila tuan rumah sudah lelah dan bosan meladeninya. Sebaiknya sebagai tamu segera meninggalkan rumah si tuan rumah sebelum hal itu terjadi demi kehormatan kedua belah pihak. Begitulah aturan global yg saya tahu.

  • Randy Taher

    HKBP keparat!

    • reva

      setuju bro..
      Orang2 yang sukanya makan anjing, kelakuannya kaya anjing..

  • an

    Cuma mau bilang.. HKBP.. B-nya BATAK, bukan BATAS!

  • sariyah erni widiwati

    Jika itu yang terjadi, saya kira itu bisa dimaklumi…bertindaklah yang bijak wahai para pemimpin negriku…

  • tanahbeta

    ga ada suku yang baik diindonesia ini, sangat mungkin suku kita jauh lbh bejat dr batak, bisa saya lihat dari koment diatas. Ini sebuah provokasi!
    NKRI harga mati, jgn sampai byk wilayah pengen memerdekakan diri seperti papua dari indonesia kita ini

  • Waluyo

    makana singapura lebih maju sekarang ketimbang dulu, Asal kita tau agama Islam, Nasrani dll merupakan agama pendatang, tp malah ada salah satu agama yg merasa menguasai. Saya menganut kepercayaan setempat saya malah terancam oleh agama pendatang itu

  • dhaniel

    Seharusnya pemerintah bekasi segera bertindak jangan sampai pengadilan rakyat yg bertindak.

  • abu rizal

    Jangan kita merasa benar.
    Masalah ini akan semakain parah.
    apalagi ditambah provokasi”.
    saya malu kita baca koment diatas
    ngaku” Muslim tetapi omongannya
    tidak mencerminkan.
    Damailah Negriku!

  • danash

    Agama Islam hanya bisa diterima oleh orang/manusia yang menggunakan akal/pikirannya/logikanya secara independen, tanpa tendensi apapun, apalagi arogansi. Jika seseorang telah menggunakan hukum rimba untuk menyatakan eksistensinya…..siapapun dia, apapun agamanya, tak akan pernah bisa hidup berdampingan secara damai dengan siapapun dan sampai kapanpun! Makanya sdr-ku sebangsa, lihatlah akar permasalahannya, sebelum menyatakan sikap terhadap suatu “akibat”…

  • zen

    sy bs mengerti sikap tersebut, krn itu semua hrs bercermin diri, kalo tdk salah hkbp srg bikin ribut ya…dibandung bahkan di medan sendiri…

  • Koko

    Hmmmm… Kalo alesannya perilaku sehari2, kenapa yang dilarang malah beribadahnya? Justru harusnya mereka yg berperilaku seperti itu harus didorong supaya beribadah lebih banyak.

  • SaRaH

    mgkn bs diadakan pembinaan moral or duduk bersama-sama warga mustika jaya & warga HKBP u/ menemukan jalan damai. jgn2 surat terbuka ini tidak diketahui o/ warga HKBP?? bagaimana mereka mw nyadar klo ga dikritik??

  • ha.taufik

    saya berharap semoga masalah ini tidak dibiarkan berlarut larut. Kepada semua pihak diharapkan bisa menahan diri. Kalau memang benar perilaku jemaat HKBP seperti itu, pasti bukan karena ajaran agamanya yang tidak benar. Oknum oknum jemaat itu sendiri yang harus tahu diri. Muadah2 an segera selesai.

  • chani

    saya setuju, harusna warga mustika jaya bisa mengatasi halini secara damai

    • Hamba Allah

      saya rasa, kristen batak yang arogan itulah yang harus menghormati ajaran dan kebiasaan wialayah yang mereka pendatang didalamnya.

  • Warga Ciketing

    semua ini trjadi krn manusia tdk brlaku sprt manusia.
    serendah2nya manusia,tdk akan mkn anjing.jd org2 yg mkn anjing,klakuanny akn sprt anjing,sk menggonggong,menggigit,dan pnyebar penyakit.
    satu kata buat kalian : TAU DIRI atau KAMI BANTAI !

  • arry

    Ah klian ini…berfikir jernihlah..para penganut agama pasti merasa agamanya plg benar..plg simple umat Kristiani percaya pertolongan tuhan Jesus nya..umat Muslim justru percaya nabi Jesus akan jadi saksi di akhir jaman bahwa hanya Allah lah only god dan menjadi saksi akan kebenaran Islam yg sesungguhnya..

    Gak akan ketemu…jadi lbh baik jalani aja apa yg diyakini masing2..gak perlu ngurusi yg lain…

    Penganut free monotheism (hanya ada 1 Tuhan pencipta alam semesta)

  • islam cinta damai

    saya malu membaca komen2 yang ada, katanya islam mengajarkan cinta damai? knp byk yg bertindak dgn dasar emosi semata? katanya berdasarkan logika? kenapa cepat sekali menghakimi?

    terlebih lagi saya malu dengan yang mengaku2 dirinya islam tetapi hanya menyebarkan kebencian semata, , biarlah orang bebas menentukan agamanya, tak perlu iri tak perlu merasa tersaingi, toh yang benar pasti menang akhirnya. . janganlah bangga dengan ilmu kodok yang bisa melompat tinggi dgn menginjak yang lain

  • andre

    Dari surat terbuka itu sangat kental “nuansa kesukuan” yang akhir2 ini menjadi problem bangsa ini. Trus di bungkus dengan nuansa agama yang bisa2 menambah runyam, mabuk2an dll itu bukan ajaran kekristen (bisa membuat opini sesat bila salah persepsi), itu hanya budaya, jadi tolong jangan memicu sentimen kesukuan dan agama, damailah INDONESIA. GBU

    • Hamba Allah

      Saya setuju dengan anda, mabuk-mabukan bukan ajaran kristen, tapi anda tidak bisa memungkiri bahwa dimana ada komunitas kristen, disitu ada mabuk-mabukan, apalagi komunitas kristen batak. Saya tau batak karena saya orang batak.

  • Reza

    semoga dakwatuna menjadi media yg objektif.

  • Marwan DS

    Membaca surat ini tampaknya persoalan makin jelas. Banyak media memelintirkan sehingga membuat runyam. Yang penting kita dudukan persoalan, kita bertindak dalam koridor yang benar. Akhirnya hanya kepada Allah lah kita berharap

  • kahar mustafa

    kalau demikian kenytaanya, kita masyarakat indonesia snagat menyayankan media yang tidak mengambil data secara keseluruhan dari masyarakat di lokasi kejadian supaya tidak terjadi kesimpasiuran berita yang kita terima. terima kasih.

  • Agus Widodo

    Sebenarnya sudah cukup sabar juga tuh warga setempat. Harusnya HKBP tahu diri…

  • Fikar

    mengenai kosongnya url link rakyat merdeka, sepertinya ada pihak2 yg berusaha menutup2i perkara ini.

  • Jumahat Sirait

    Sdh menjadi kebiasaan orang Batak Kristen yg seperti ini dan bukan yg pertama x terjadi…dimana dia ada maka lapo2 tuak segera berjejer dimana2.Babi nAnjing panggang menjadi makanan paforit ,aromanya menjijikkan.smg org batak sadar dan meninggal kebiasaan brk tsb.

    • batak muslim

      begitulah mental tukang tambal ban. . .buka lapak dikit-dikit. . .lama-lama merasa tanah milik dia. . . .kalo di tertibkan. . galakkan dia. . .jadi bukan masalah agama kristen-nya. .tapi masalah mental bataknya yang suka semaunya. . .buat FPI. . .saya dukung terus. . .

      • Hamba Allah

        Saya setuju dengan Sirait. Saya hasibuan bung.. lopo2x tuak harus di singkirkan biar ngak tenggen terus. Biarlah mereka tenggen di tapanuli utara, nias dan lalinnya, namun jika kewilayah muslim, diharap dalam keadaan sadar.

  • manusia biasa

    terlalu banyak ketidak benaran ….
    orang batak tidak sperti yg kalian buruk2an ini…

    • WAWAN

      mohon maaf mana yg tidak benar..?
      itu adalah fakta yg ada, dgn catatan tidak boleh menyamaratakan bahwa suku/orang batak berprilakuseperti tersebut diatas. dan kemungkinan kebetulan yang terlihat di mustika jaya bahwa warga HKBP yg kebetulan adalah orang batak disana berprilaku yg tidak semestinya. sehingga menimbulkan insiden tersebut. namun memang hal trsebut tidaklah boleh membenarkan adanya tindakkan anarkhis.
      Tapi perlu jg di ingat bahwa tidak ada asap jika tidak ada api…;)

      • Hamba Allah

        Betul. saya orang batak, marga hasibuan. menyadari hal itu.. namun saya berasal dari batak mandailing yang beragama islam. batak mandailing hampir semuanya muslim. Teman2x batak kristen memang banyak yang begitu. Mohon maaf… tidak sebaiknya merasa raja di kampung orang.

  • badrun

    Ya begitulah batak kristen itu, mreka jg tdk disukai di medan sana…

  • Ricky

    tapi yang disorot oleh media seolah2 islam tidak toleran terhadap agama lain…

    • Ricky

      mudah2an umat islam tidak mudah terprovokasi

  • Frans

    saya orang batak juga risih ngeliat keadaan ini. mestinya kita menghormati penduduk sekita bukannya memaksakan kehendak kita

  • Chardo saragih

    sangat memprihatinkan apabila benar begitu adanya,,,,,
    tp jgn salah kaprah, gak smua batak kek gitu ya,,,,,
    yg namanya sifat manusia tu beda2 tau,,,,,

    • Hamba Allah

      Saya juga batak, tapi ngak begitu.. Tapi saya tidak menafikan bahwa ada batak yang kayak gitu.. jadi yang di tulis didalam surat itu adalah Batak yang disitu, bukan batak semuanya. dan terus terang, diwilayah Batak saja, banyak lopo-lopo (kedai-kedai) Tuak.. maaf: jika batak kristen berada disuatu tempat, mereka biasanya membawa kebiasaan itu.. sekali lagi mohon maaf. Mari kita saling menghormati. Jika diwilayah muslim, tolonglah jangan minum tuak diluar rumah. Minumlah dirumah anda. jangan menyembelih babi maupun anjing, karena itu najis menurut muslim. kalau anda diwilayah anda yang memang begitu, terus muslimnya pendatang, ya terserah anda. Soalnya dalam kasus ini anda pendatang.,

  • Saya miris juga membaca tulisan di atas, penulis bersikap seolah olah sikapnya atau sikap suku nya sudah dapat diterima semua orang. Sebenarnya kalau kita ingin mencari cari hal terburuk dari orang lain atau suku lain maka lengkaplah sudah bahwa kita tidak bisa hidup berdampingan, saling menghormati. Sikap kasar, mendominasi dll rasanya tidak mungkin dilakukan suku tertentu di wilayah orang lain.
    Saya hanya ingin mengajak kita semua untuk lebih memahami perbedaan, kalau orang jawa misalnya tutur bicaranya lembut, apakah orang jawa tidak ada pembunuh?pemabuk?penjudi?, atau kalau orang batak tutur bicaranya keras, apakah mereka jahat?kriminal?. Kita jangan menjudge orang lain berdasarkan perasaan kita suka atau tidak suka. Mari kita lihat layak atau tidak layak secara hukum, aapakah ada yang melarang bernyanyi? undang undang mana? apa bedanya dengan tukang somay yang selalu berteriak jualan, apa anda keberatan dan lantas mengusir?
    Sekalipun penulis mengatakan bahwa suku lain yang juga kristen tidak suka dengan sikap batak, saya katakan ini “masih tandatanya besar” Kristen selalu menghargai perbedaan. So, tidak mungkin mereka mengungkapkan itu, apalagi kalau mereka tau seperti apa orang batak pada umumnya.
    Dalam hal ini kita harus bedakan masalah pendirian gereja HKBP dengan tutur dan sikap suku Batak, karena muslim pun banyak batak yang juga kasar tutur bahasanya, juga ada pemabuk, main perempuan dan lain lain.
    Kalu kita masuk pada konteks penulis, saya berpendapat bahwa penduduk di situ selalu saling curiga, sinis dengan tetangga, cuma keinginannya yang benar, cuma kebiasaannya yang baik. Pernahkah penulis bertanya tentang pendapat orang lain terhadap sikap anda/kehidupan anda? apa tetangga anda setuju 100% atau malah tidak suka anda 80%?.
    Saya bahkan bisa memaparkan seribu sikap jelek masing masing suku yang saya tahu, itu kalau berdasarkan dengan apa yang biasa saya hadapi dan menurut saya benar. Tapi kita terdiri dari banyak suku, masakkan potong babi, potong anjing di larang. Kalau itu haram kan menurut islam, islam saja potong sapi tidak dikomplain sama hindu. terus siapa dong yang mau menang sendiri?
    Kita bicara tentang keributan, ibadah siapa yang paling ribut? Islam, itu jawabnya. alasannya. Karena beribadah slalau pake toa, pengeras suara yang selalu bikin berisik. seolaholah orang lain budek. Pernahkah orang Islam bertanya kepada non muslim, apakah mereka merasa toa di mesjid di musolah yang jumlahnya sebanyak jumlah arah, membisingkan? pasti ia, tapi terus mau apa? apakah mereka lantas demo “Turunkan Toa” teriak begitu? tidak kan?
    Coba Kita berkaca pada apa yang kita lakukan pada orang lain, termasuk cara beribadah kita, baru kita urusin ibadah orang lain.
    Sekian
    Salam Damai

  • Walah, separah itu ternyata. Media konvensional a.k.a sekuler kok ndak punya nyali menyampaikan kebenaran. Bisanya cuma bikin umat Islam merasa terpojok. Semoga pihak2 yang salah segera insyaf, dan dikaruniai hidayah untuk menemukan Kebenaran yang sejati, i.e. Islam rahmatan lil ‘alamiin.

    Duh teman2 doain ya saya nggak nemuin kayak ginian kalo jadi tinggal di Medan ntar.

  • Berlin Haloho

    Memang benar jaman sekarang udah edan , gini mas saya sih cuman mengingatkan kalo pada dasar nyaa SEMUA AGAMA itu mengajarkan JALAN KEBAIKAN dan JALAN KEBENARAN jadi anda2 jangan menyalahkan HKBP nyaa tapi salahkan pribadi2 nyaa saja . Trimakasih , maaf kalo menyinggung

Lihat Juga

Serangan pesawat Rusia di pasar rakyat di Suriah. (alaan tv)

Pesawat Rusia Serang Pasar, 54 Warga Suriah Meninggal Dunia