Home / Berita / Nasional / Hasyim: Gereja di Indonesia Terbanyak di Asia

Hasyim: Gereja di Indonesia Terbanyak di Asia

Hasyim Muzadi (inet)

dakwatuna.comMantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi mengingatkan agar konflik terkait Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Bekasi tidak diarahkan pada pencabutan Surat Keputusan Bersama tiga menteri, apalagi menjurus pada islamophobia.

“Karena kalau SKB dicabut akan mengundang ekses yang lebih luas dari sekadar peristiwa Bekasi. Acuan nasional menjadi tidak ada, dan daerah membuat aturan sendiri-sendiri yang menjadi semakin ruwet,” katanya dalam pernyataan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Kamis.

Menurut Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP) itu, meski dinilai kurang sempurna, bagaimana pun SKB merupakan konsensus tokoh-tokoh agama. Hasyim menilai saat ini terasa ada pihak yang “mengaduk-aduk” serta “berselancar” di atas peristiwa Bekasi, yang tentunya harus diwaspadai semua pihak.

“Umat beragama harus waspada bahwa selalu ada paham atheisme atau non agama yang mengaduk dan mengkonflikkan antarumat beragama agar agama disfungsi demi kepentingan ideologi atheisme, dan mereka pula yang mengobarkan islamophobia dengan menyusup ke semua agama yang ada,” katanya.

Terkait kesulitan administratif pendirian gereja manakala tidak mencukupi syarat SKB, kata Hasyim, kepala daerah semestinya dapat mengarahkan ke mana dan di mana tempat kebaktian itu seharusnya berada. “Di sisi lain Dirjen Kristen yang merekomendasi terbentuknya sinode jangan terlalu gampang sehingga memperbanyak sekte-sekte dalam agama Kristen yang mengakibatkan setiap sekte minta gereja sediri-sendiri,” katanya.

Dikatakannya, gereja yang berada di bawah Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) saja sudah ratusan jumlahnya, belum yang bernaung di lembaga lain. “Dari sini tercatat bahwa Indonesia merupakan negara terbanyak gerejanya di Asia,” kata Hasyim. (taufik rachman/antara/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (24 votes, average: 8,21 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • mohan

    selama indonesia menganut hukum made in insan,, selama itu pula indonesia akan di obok obok.. nggak masuk akal, muslim yang begitu banyak kok bisa di obok obok yaa??
    seharusnya di selidiki surat izin mendirikan bangunan itu, siapa yang mengeluarkannya,,setelah ketemu di adili, atau di jatuhi hukuman yang berat, biar kapok.. masak tega- teganya menyakiti hati umat islam.. waduh waduh son son..

  • Asma ditha

    Terhdap muslim d indonesia,marilh kita bngun ukhuwah kita.ketka kita tdk d tindas ukhwa kt lepas,tp ketka kt ditndas ru kt bicra ukhwa.jadi,mari kt jaga ukhwa hngga msuh2 allah tk brani dng kt.

    • Yamin

      Ummat Islam di Indonesia sangat toleran, tapi pihak lain menunggangi toleransi ummat Islam dengan melakukan kekacauan untuk kepentingan nafsu mereka. Dimana saja ada gereja dan tempat ibadah agama lain, yang berdiri secara sah, semua aman dan tak ada yang ganggu. Itu dijamin.

  • Mari kita rapat dan luruskan barisan kita. Allahu Akbar

  • Kukuh

    Nah loh… jadi bohong besar “mereka” yang mengatakan Islam Indonesia tidak toleran.
    Zionis yahudi dibelakang itu semua, ya kan pak??

Lihat Juga

SIdang Umum Interpol di Bali. (alqudspress.com)

Dari Bali, Interpol Tangguhkan Status Keanggotaan Palestina

Organization