Home / Berita / Nasional / Menkominfo Lepas 1.500 Pemudik Gratis

Menkominfo Lepas 1.500 Pemudik Gratis

Ilustrasi - Mudik dengan Kapal Laut (beritajakarta)

dakwatuna.com – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring melepas 1.500 penumpang kapal laut mudik gratis tujuan Surabaya di Pelabuhan Terminal Penumpang Nusantara Pura 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Senin (6/9) sore.

Saat melepas pemudik, Tifatul Sembiring berpesan kepada seluruh pemudik agar tidak membawa saudara atau teman saat kembali ke Jakarta.

“Sesuai imbauan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo agar warga yang mudik jangan membawa saudara atau teman ke Jakarta, jika tidak mempunyai keahlian apapun. Kasihan mereka nanti akan terlantar dan menjadi beban pemerintah,” pesan Menkominfo kepada 1.500 pemudik di dermaga keberangkatan penumpang Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu, ia juga meminta agar para pemudik saling menjaga satu dengan yang lainnya di atas kapal agar perjalanan mudik bersama dapat berjalan aman dan nyaman sampai tujuan. “Di atas kapal kita harus saling menjaga keamanan agar semua bisa sampai tujuan dengan selamat,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Direktur Utama PT Pelayaran Indonesia (PT Pelni) Jussabella Sahea.

Untuk menjaga keamanan pemudik selama berada di pelabuhan, pihaknya telah bekerja sama dengan jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Polair Polda Metro Jaya, dan Danramil 0502 Jakarta Utara. “Ada sekitar 60 personel yang dilibatkan untuk pengamanan, termasuk posko kesehatan dengan 10 petugas medis dan 5 dokter,” katanya.

Ia menambahkan, arus mudik di pelabuhan mulai ramai pada H-4 ini yang memberangkatkan empat kapal yaitu KM Marisa Nusantara, KM Salvia, KM Gunung Dempo, dan KM Kelud. “Saat ini ada sekitar 4.858penumpang yang sudah berangkat, termasuk 1.500 penumpang gratis yang juga diberangkatkan hari ini. Nanti malam ada KM Kelud dengan tujuan Batam akan mengangkut sekitar 3.000 penumpang,” katanya.

Untuk tahun ini, penumpang terbanyak mudik Lebaran yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok adalah penumpang kapal tujuan pelabuhan Belawan (Medan) dan Kijang (Kepri).

“Jumlah seluruh penumpang sejak H-15 ada sekitar 20.000penumpang yang sudah diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Priok. Termasuk besok H-3 diprediksi masih mengalami puncak arus mudik sekitar 4.000 penumpang,” katanya.

Bahkan dia memperkirakan, penumpang kapal laut pada arus mudik tahun ini akan meningkat sebanyak 1.500 hingga 2.000 penumpang dibanding pada hari biasa 150 hingga 250 penumpang.

Ahmad (34), salah satu pemudik gratis dengan menggunakan KM Gunung Dempo, mengaku gembira bisa mudik tahun ini. Apalagi sebagai penjual voucher, pria asal Semarang ini sudah tiga tahun tak pernah mudik. “Alhamdulillah mas, sekarang bisa mudik gratis,” tuturnya.(beritajakarta.com/toeb/kominfo)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 9,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Fauziah Indawati Rachman

    I like it :)

  • Agung Tasikmalaya

    Wah asyik udah pada mudik, hati hati di jalan kawan kawan.

Lihat Juga

Surat kabar Yunani yang gratiskan Al-Quran. (islamemmeo.cc)

Untuk Kali Pertama, Surat Kabar di Yunani Hadiahkan Al-Quran Gratis Untuk Pembaca