Home / Berita / Internasional / Asia / Relawan Indonesia Salurkan Donasi Untuk Warga Gaza

Relawan Indonesia Salurkan Donasi Untuk Warga Gaza

dakwatuna.com – Jakarta. Relawan Indonesia yang bertugas mengawasi pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, Palestina, pada Ramadhan 1431 Hijriah menyalurkan donasi dari rakyat Indonesia kepada rakyat Gaza dalam bentuk paket sembako.

“Pemberian paket bantuan sembako itu merupakan kerja sama antara Aqsa Working Group (AWG) dan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia,” kata Ketua Presidium MER-C Indonesia dr Sarbini Abdul Murad kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan, sebanyak 20 paket bantuan telah disalurkan secara langsung (door to door) kepada korban perang, warga miskin dan “fuqara” yang berada di Gaza.

Berdasarkan laporkan dua relawannya yakni Abdillan Onim dan Nur Ikhwan, pembagian bantuan yang telah dilangsungkan pada Kamis (2/9) itu difokuskan di beberapa titik yaitu di Al Buraij, Gaza Selatan, Syekh Ridwan, Kota Gaza, Jabaliya, Gaza Utara, dan Sijaiyah, Gaza Timur.

Dikemukakannya bahwa paket bantuan sembako yang diberikan berisi beras, gula, minyak goreng, roti, teh, fuul (semacam kacang), biskuit dan sabun, yang dibeli para relawan Indonesia di sebuah swalayan di Kota Gaza, yang dekat dengan “basecamp” MER-C Indonesia di Gaza.

Menurut Sarbini, dengan menggunakan kendaraan sewaan Tim AWG dan MER-C bergerak untuk membagikan paket bantuan, dimulai dari wilayah Sijaiyah yang berada di sebelah timur Kota Gaza.

Di kawasan tersebut mereka memberikan bantuan kepada seorang keluarga miskin.

Ia beserta sembilan anggota keluarganya mengucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia atas sumbangan tersebut.

Setelah dari Sijaiyah, relawan kemudian bergerak menuju Gaza bagian selatan, tepatnya di daerah Buraij. Dengan dipandu oleh Hany, seorang supir taksi langganan relawan, mereka datang kepada keluarga-keluarga miskin yang ada di sana.

Di Buraij banyak keluarga miskin yang kehidupannya memprihatinkan. Rumah-rumah yang hancur karena serangan mematikan Israel dengan operasi “cast lead”-nya tahun lalu, membuat kehidupan mereka sengsara dan memprihatinkan.

Di Buraij, Gaza bagian selatan, ada tiga orang kepala keluarga miskin yang didatangi dan kemudian diberikan bantuan paket sembako secara langsung.

Mereka menyatakan rasa syukur pada Allah SWT, dan mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada rakyat Indonesia atas bantuan yang diberikan. Rasa terima kasih dan doa tampak dari berkali-kali mereka ucapkan.

Usai di daerah selatan Gaza, relawan Indonesia bergerak menuju ke Gaza Tengah dan Gaza bagian Utara. Di Gaza Tengah, mereka memberikan bantuan kepada dua keluarga miskin yang juga mengalami kesulitan ekonomi. (A035/N002/ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (15 votes, average: 9,07 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Supporter Indonesia membuat Aksi Atraktif dengan membentuk Koreo Bendera Palestina saat Laga Timnas dengan Malaysia, Selasa (

Ini Respon Ulama Palestina Soal Koreo Bendera di Stadion Manahan Solo