Home / Pemuda / Essay / Belajar Bahasa Amiyah Praktis (Bagian ke-7): Kata-kata Tambahan dalam Percakapan Bahasa Amiyah

Belajar Bahasa Amiyah Praktis (Bagian ke-7): Kata-kata Tambahan dalam Percakapan Bahasa Amiyah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (inet)

Kata-kata tambahan dalam percakapan bahasa amiyah

a. Pertanyaan:

إيه = apa.
ليه = kenapa contoh: ليه ما جيتش امبارح؟ leih ma gitshi embareh kenapa kemarin kamu tak datang?
إزاي = gimana contoh: عملتها إزاي؟ amaltaha ezzai? Bagaimana kamu melakukannya?
أمال = emang contoh: أمال إنت عايز إيه؟ ummal enta ayeiz eih? Emang kamu mau apa?
مين = siapa contoh: مين هو؟ miin huwa? Siapa dia?
منين = dari mana contoh: إنت جي منين؟ enta gai mennin? Kamu datang dari mana?
عشان = untuk/ karena contoh: أنا عملت ده عشانك ana amalt dah ashanak saya melakukan ini karena kamu. أنا ما روحتش الكلية عشان كنت عيان ana maruhtesy el kulliah asyan kunt ayyan saya ga pergi ke kuliah karena sakit.
كام = berapa. contoh: إنت جيت هنا كام مرة ؟ Enta geit hena kam marah? Kamu dating ke sini sudah berapa kali?
بكام = dengan harga berapa? إنت إشتريت الجزمة ديه بكام؟ enta esytareit el gazma dih bekam Kamu beli sepatu ini berapa?
إمتى = kapan. Cth: إنت جيت هنا إمتى ؟ enta giet hena emta? Kapan kamu datang ke sini?
مال + ضمير متصل = ada apa dengan …..
مالها زينب ؟ هي عيانة والا إيه؟ Malha Zeinab? Heya ayyana walla eih? Ada apa dengan Zeinab? Dia sakit atau apa?
مالهم مستعجلين كده؟ Malhum mista’gilin kedah? Kenapa mereka buru-buru begitu?
ضمير منفصل + مال+ ضمير متصل = bukan urusan ….
إنت مالك! Enta malak! Bukan urusanmu/ loe mau apa?

b. Isyarat:

ده : ini/itu. untuk ( mudzakar ) Cth: الراجل ده Erragel dah Orang ini.
ديه : ini/itu. untuk ( mu’anast ) Cth: الآنسة ديه El Anesa dih Nona ini.
دول : ini/itu. untuk ( jama’ mudzakar) Cth: الرجالة دول عايزين يكلموك Erreggalah dol aizien yikallimuk Orang2 ini ingin bicara dengan kamu.
دولت = ini/itu. Untuk ( jama’ mu’anast ) Cth: البنات دولت عايزين يكلموك Elbanat dolat aizin yekallimuk Gadis2 ini ingin bicara dengan kamu.
كده : begini/ begitu. Cth: ليه كده؟! Leih kedah?! Kenapa begitu?

c. Macam-Macam:

بس : cukup/sudah. Cth: بس! كده كفاية. Bas! Kedah kefay Udah! Ini cukup.
كمان: lagi. Kusus untuk nambah: إديني كمان Iddini Kaman
تاني : lagi. Cth: إتقابلنا تاني Etabelna tani! Kita ketemu lagi!
قد : kadar/ jumlah. قد إيه ؟ Ad eih? Berapa jumlahnya?
يلا : Mari/ Ayo. يلا بينا نروح السيما Yalla bina neruh essima Mari kita bergi ke bioskop.

Demikianlah telah kami sajikan kamus bahasa ‘ammiyah kepada seluruh teman-teman… Selebihnya, yah praktekin deh sendiri2! Tapi, awas! Jangan ampe ditarhil dari Mesir gara2 kamus ini.

Kosa Kata (Mufrodat):

Peralatan Dapur
Penggorengan طاسة Thasah
Panci حـــلة 7allah
Kompor بوتاجاز Butagaz
Sendok ملعقة Mal3a’ah
Garpu شوكـــة Syuwkah
Pisau ســــكينة Sikkinah
Piring طبـــــق Tafa’
Mengkok سلطانية Sultaniah
Teko شفشــأ Syafsya’
Gelas كبــــاية Kubbayah
Centong sayur مغرفـــة Maghrafah
Sendok Nasi مغــرفة رز Maghrafet Ruz
Sendok Sop مغرفة شوربة Maghrafet Syurbah
Nampan صنيــــة Shaniyyah
Cangkir فنجـــان Finjaan
Saringan مصفــــاة Masfa
Toples برطمـان Bartam
Tabung Gas أنبوبة بوتاجاز Anbuubat butagaaz

Elektronik
Tv تلفيزيون Tilifizyuun
Lampu Senter كشّـاف Kasysyaaf
Para bola دش Disy
Kukas ثلاجــــة Tallagah
Batu Baterai حجر/ بطارية Hagar Battariah
Mesin cuci غسالة Gassaalah
Pemanas ruangan دفـــاية Daffaayah
Komputer كومبيوتر Kombyuter
Disk ديسك Disk
Hard disk هادر Hard
Mouse ماوس Maus
Flasydisk فلاشة Felasyah
Carger شاحن Syahen
Keyboard كيبورد Kibord
AC تكييف Takyiif
Kamera كمرة Kamerah
Kipas angina مروحة Marwahah
Kabel سلك/ كابل Silk / Kabl
Tespen مفك تست Mafak Test
Kabel sambungan وصلة سلك Waslet Silk
Vacum cleaner مكنسة كهربا Maknaset Kahraba
Lampu لمــبة Lambah
Remot ريموت Rimuut
Microwave ماكرويف Makruwef
Rice cooker لايوجد
Saklar بريزة Barizah
Jek فيشــة Fisyah
Sertika مكوة Makwah
Tape تسجيل Tasgiil
Kaset كاسيت Kasit
Penyakit
Sakit gigi وجع في السنان/ سناني بتوجعني Waga3 fissinan/Sinani bitewga3ni
Sakit perut وجع في البطن/ بطني بتوجعني Waga3 filbatn/ Batni bitewga3ni
Sakit mata وجع في العين/ عيني بتوجعني Waga3 fil3ein/3enaiyya bitewga3ni
Sakit jantung مرض القلب /قلبي بيوجعني Maradh el’alb/ Albi biyewga3ni
Sakit paru-paruمرض في الرئة/ صدري بيوجعني Maradh firri’ah/ Sidri biyewga3ni
Sakit kanker سرطان Saraton
Sakit tipes تيفود Taifuud
Sakit kutil نفرة Nafrah
Demam حمى 7ummaa

Kamar Mandi
Sabun batang صابون Shabuun
Sabun cair صابون سايل Shabuun Sayil
Keran حنفية 7anafiyah
Westaple حوض 7aud / 7ood
Closet كبنيه kabanih
Shower دش Dusy
Kaca kamar mandi مراية حمام Merayet 7ammam
Shampo شامبو Sayambu
Sikat gigi فرشة سنان Fursyet sinan
Silet موس Muus
Alat cukur kumis موس حلاقة Muus 7ila’ah
Odol معجون Ma3guun
Bak mandi بانيو Banyo
Gayung لايوجد/ مغرفة Maghrafah
Handuk فوطة Fuuthah
Hordeng kamar mandi ستارة حمام Sitaret 7ammam
Tisu منديل/ كلينكس Manadiil/ keliniks

Kendaraan
Bis أتوبيس Utubiis
Tramko ميكروباص Mikrobaash
Bis ¾ ميني باص Minibaash
Motor موتوسيكل Mutusikl
Sepeda عجـــلة 3agalah
Pesawat طيارة Thayyarah
Kapal مركب/ باخرة Markeb / Bakhrah
Kereta api قطر Atr
Kreta bawah tanah مترو الأنفاق/ المترو Mertul’anfa’/ Elmetru
Bajay توك توك Tuk Tuk
Delman حنطور 7anthuur
Mobil bak عربية نص نقل 3rabiyet Nush Na’l
Tronton عربية نقل 3rabiyet Na’l
Kontener تراكتور Teraktur
Buldozer بلدوزر Beldozer

Alat tulis/kantor
Pensil قلم رصاص Alam Rashaash
Pulpen قلم جاف Alam gaaf
Penggaris مسطرة Mastharah
Setip أستيكة Astiikah
Spidol قلم فلوماستر Alam felumaster
Lem kertas صمغ Shamgh
Buku tulis tipis كراسة Kurraasah
Buku tulis tebal كشكول Kasykuul
Tipe-x كوركتور Kurrektur
Kater كتر Katar
Isi kater سلاح الكتر Sela7 elkatar
Solasi سولوتب sulutib
Papan tulis سبورة sabburah
Kapur طباشير thabasyiir
Staples دباسة dabbasah
Isi Staples دبابيس بتاعت الدباسة dababiis bita3et eddabash
Gunting مقص ma’ash
Tinta printer حبر برنتر 7ibr printer
Stempel خـــتم khitm
Printer برنتر printer
Paku payung دبوس ضغط dabbus daght
Plastik laminating بلاستيك تغليف belastik taghliif
Kalender نتيجة natiigah

Material
Paku مسمار Mismaar
Alat bor شنيور Syinyoor
Palu kecil شاكوش syakuusy
Palu besar مطرق matra’ah
Tang زرادية zarradiah
Tambang حبــل 7abl
Semen أسمنت Asmant
Semen putih أسمنت أبيض Asmant Abyad
Batu bata طوب أحمر thuub a7mar
Kunci inggris مفتاح إنجليزي mifta7 Inggelizi
Pasir رمل Raml
Karung pasir/semen شكارة رمل / أسمنت Syikaret raml/ asmant
Kuas فرشة Fursyah
Obeng مفك Mafak
Skop جاروف gaaruuf
Tiner تينر Tiner
Paralon ماسورة بلاستك Masuuret balastik
Selang خرطوم khartuum
Cat minyak بوية لاكيه buyet lakieh
Cat pelastik بوية بلاستيك buyet balastik
Lem غرا ghira
Gergaji منشار Minsyaar
Triplek أبلكاش ablakaasy
Tang زرّاديـة Zarradiah

Sayur-sayuran
Tomat قوطة Uuthah
Seledri كرافس Karafs
Timun خيار Khiraar
Bayem سبانخ Sabaanikh
Wortel جزر Gazar
Kol كرومب krumb
Cabe merah فلفل أحمر Filfil a7mar
Paprik فلفل أخضر filfil akhdar
Kentang بطاطس bataates
Oyong apa itu??
Daun bawang بصل أخضر bashal akhdar
Buncis فاصوليا خضرا faashulya khadra
Daun kol ورق كرومب wara’ krumb
Brokoli قرنبيط Arnabiiith
Daun anggur ورق عنب wara’ 3nab
Ubi بطاطا bathatha
Talas belom di tanam di mesir

Bumbu-bumbu/athoroh
Jahe زنجبيل zanggabiil
Kunyit كركم kurkum
Merica فلفل أسود filfil eswid
Ketumbar كزبرة kuzbarah
Lengkuas هولونجان hulunggaan
Pala جوز الطيب guwze thiib
Kelapa جوز هندي guwz hidi
Kedelai فول صويا Fuul shoya
Kuaci لب Lib
Kacang فول سوداني Fuul sudaani

Buah-buahan
Anggur عنب 3inab
Pisang موز Mouz
Semagka بطيخ batthikh
Jeruk برتقان burtu’aan
Lemon لمون Lamuun
Melon كانتالوب/ شمام kantalub/ syammaam
Jambu جوافة Gawwafah
Bengkuang لفت lift
Buah Bit بنجر banngar
Delima رمان rummaan
Nanas أناناس ananaas
Mangga مانجا mangga
Pepaya ببايا
Apel تفاح tuffaa7

Sembako
Beras رز Ruz
Telor بيض Biedh
Minyak زيت ziet
Teh شاي syai
Gula سكر sukkar
Mie مكرونة makaroonah
Kopi قهوة ahwah
Saos صلصة shalshah
Ketchup Hainz كاتشب katsyab
Keju جبنة gibnah
Manisan حلويات 7alawiyyat
Sarden ساردين sardiin
Indomie شعرية إندومي syi3riyyah Indomi
Garam ملح Mal7
Terigu دقيق دئيئ

Lain-lain
Sapu مقشة ma’asyah
Tong sampah صفيحة زبالة safihet zibaalah
Asbak طفاية taffaayah
Benang خيط / فتلة khait / fatlah
Jarum إبرة Ibrah
Karpet موكيت mukit
Selusin دستة Dastah
Hambel سجاد
Seleretan سوستة Sustah
Asbak طفـاية Taffaayah
Tas pelastik شنطة/كيس Syantah/Kiis
Koper شنطــــة Syantah
Dompet محفظــة Mahfazah
Celakaan حادثــــة 7adtsah

Kamus untuk abjad chatting atau amiyah:

ع3
غgh , 3′ , 8 2
ح7
خkh , 5 , 7′
صs , 9 2
ضd , 9′ 2
طt , 6 2
ظz , 6′ 2
ق2 — ‘ , q 4 , k 4 , 8 2 , 9 2
اa
بb
دd
ذd , z , dh 4
فf
هh, -a(h), -e(h)
ة-at, -et
جg — j 3, 4
كk
لl
مm
نn
رr
سs
شsh — ch
تt
ثs , t , th 4
وw , o , u , ou , oo
يy , i , ee , e, ay, ei, ai
زz

ء      SDS2, ‘

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 8,13 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Muhammad Syauqi Hafiz

Lahir di kota Bogor 13 Maret 1995 dan dibesarkan di kota yang sama. Sekarang (tahun 2010) masih berstatus santri di Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan kelas 10 MA. Mempunyai ketertarikan dengan ilmu Tafaqquh Fid Din dan mempunyai angan-angan "agar kiranya Allah ridha padaku"..

???? ?? ???? ???? ???

Mencoba untuk menggeluti bahasa Ibrani dan produksi film editing dan dokumenter. Tertarik untuk mengamati perbandingan agama dan ideologi serta menelisik tangan-tangan invisible di balik layar institusi negara.
  • Hasbi

    Kok ammiyah diajarin sih??

    • pandu

      Hasbi
      Kok ammiyah diajarin sih??

      Tu kan orang kalo gak suka belajar ngomongnya aja salah..bukan ammiyah tapi ‘amiyyah..makanya belajar jangan memprotes orang belajar mengajar..gak ada salahnya orang mengetahui sesuatu..soal memakainya kan sesuai keperluan

  • Mariam Fauziah

    izin unduh ya ustad, untuk tugas, sumbernya akan saya sertakan…

  • Abdul Latief Harahap

    Mantap Ustadz,,, semoga bermanfaat buat semuanya,,,,

  • Aji Mustopa

    Semuanya ada berapa bagian? Apa hanya sampai bagian ke-7

Lihat Juga

Sidang dewan kerja sama negara-negara Teluk. (raialyoum.com)

Negara-negara Teluk Sepakati Strategi Hadapi Iran

Figure