Home / Berita / Nasional / Tim Pengamatan Hilal Lakukan Rapat Persiapan Akhir

Tim Pengamatan Hilal Lakukan Rapat Persiapan Akhir

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.comTim Pengamatan Hilal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sabtu (5/9) sore melakukan rapat koordinasi persiapan akhir di Hotel Majesty, Bandung. Rapat yang dipimpin Kepala Pusat Data, Dr. Yan Rianto, M.Eng. selain membicarakan tentang kepastian lokasi pengamatan juga dimaksudkan untuk melakukan konsolidasi terhadap petugas yang akan diterjunkan ke lapangan, baik dari astronom, supporting bidang IT yang akan melakukan streaming, maupun akses jaringan internetnya.

Menurut Dr. Hakim selaku Ketua Tim dari Observatory Bosscha ITB, pengamatan menjelang 1 Syawal akan dilakukan selama dua hari, yaitu hari Rabu (8/10) dan Kamis (9/10). Pada hari Rabu posisi bulan diprediksi rata-rata dengan ketinggian minus 4,0 derajat sampai dengan minus 2,88 derajat di atas permukaan laut sehingga kemungkinan masih sulit terlihat, sehingga pada hari berikutnya Tim kembali akan melakukan pengamatan untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa bulan telah terlihat.

Dr. Hakim meminta kepada para petugas termasuk astronom saat melakukan pengamatan tidak hanya mampu bekerja secara professional, tetapi juga dapat berkomunikasi dengan masyarakat yang menyaksikan di lokasi pengamatan. “Para astronom diharapkan tidak hanya dapat melakukan pengamatan secara professional, tetapi juga dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang hilal”, ujarnya.

Mengenai lokasi pengamatan khususnya di Jawa Timur yang sebelumnya terdapat tiga pilihan lokasi, pada kesempatan tersebut lokasi pengamatan dipastikan bertempat di Menara Mesjid Al-Akbar, Kota Surabaya. Adapun untuk wilayah Nusa Tenggara Barat yang sebelumnya juga muncul tiga pilihan lokasi, ditetapkan berlokasi di Bukit Mangsit, sebelah utara pantai Senggigi, Mataram. (kominfo)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Simulasi konjungsi planet Venus dan Jupiter pada tanggal 17 Juni -1 (17 Juni 2 SM) dengan menggunakan software Stellarium. (

Yesus Lahir Pada Bulan Syawal?