Home / Berita / Internasional / Eropa / Stephen Hawking: Tuhan Bukan Pencipta Alam Semesta

Stephen Hawking: Tuhan Bukan Pencipta Alam Semesta

Stephen Hawking (Reuters)

dakwatuna.comFisikawan Inggris Stephen Hawking mengeluarkan pernyataan nyeleneh. Dia yakin bahwa keberadaan manusia dan alam semesta bukan hasil ciptaan Tuhan, melainkan muncul dengan sendirinya. Sebab ada hukum gravitasi, alam semesta bisa menciptakan dirinya sendiri.

Dia mengklaim tidak ada kekuatan ilahiyah yang dapat menjelaskan mengapa alam semesta ini terbentuk.

Dalam buku terakhirnya, The Grand Design, dikutip oleh The Times, Hawking menjelaskan “Sebab di sana ada hukum gravitasi, alam semesta dapat dan akan menciptakan dirinya sendiri.”

Pernyataan dia bertentangan dengan buku tulisan dia sendiri sebelumnya yang berjudul A Brief History of Time. Dalam buku ini Prof Hawking tidak menafikkan kemungkinan turut campurnya Tuhan dalam penciptan dunia. Dalam buku yang ditulisnya tahun 1988 ini dia mengatakan, “Jika kita menemukan sebuah teori yang lengkap, maka hal tersebut menjadi kemenangan nalar manusia. Oleh sebab itu, kita akan mengenal Tuhan.”

Tapi Hawking, dalam buku terbarunya, menolak teori Isaac Newton yang menyatakan bahwa terciptanya alam semesta terbentuk tidak secara spontan namun digerakkan oleh Tuhan.

Stephen William Hawking lahir di Oxford, 8 Januari 1942 adalah seorang ahli teori fisika. Ia putra dari seorang guru besar matematika di Universitas Cambridge.

Dalam kiprah keilmuannya, Hawking terkenal karena sumbangannya di bidang fisika kuantum. Di bidang agama, menurut bekas istrinya, Jane, Hawking adalah seorang atheis. Namu Hawking mengaku bahwa ia “tidak religius secara akal sehat” dan ia percaya bahwa “alam semesta diatur oleh hukum ilmu pengetahuan. Hukum tersebut mungkin dibuat oleh Tuhan, tetapi Tuhan tidak melakukan intervensi untuk melanggar hukum.”

Pernyataannya yang menolak campur tangan Tuan dalam penciptaan Alam Semesta ini tentu mengundang kontroversi, terutama untuk kaum beragama yang mengimani bahwa alam semesta ada karena ciptaan Tuhan. Islam sendiri memiliki ajaran bahwa entitas yang ada di langit dan di bumi serta di antara keduanya, seluruhnya diciptakan oleh Allah SWT. (telegraph/wikipedia/choirul/tempointeraktif/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (60 votes, average: 5,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • wahyudi

    menurut sya anda sedang mengigau hawkins dan sakit pikis serta fisik…..dan anda menyalahkan tuhan apa yg telah trjadi dlam hidup anda.

  • yasidin

    Itulah Yang namanya Pinter Keblinger !!!

  • safa

    memang..!!!! tuhan nya bpk.Stephen Hawking ga bisa menciptakan alam semesta ini, klo bisa tuhannya gak mungkin pernah mati..!!!

  • aldy

    trus yg menciptakan gravitasi siapa?

  • Azzam roni zamroni

    Hawkins..anda tdk hanya cacat fisik tp anda jg cacat mental…

  • tifan

    Lalu siapa yang menciptakan hukum gravitasi???. Mr Hawking anda ibarat mengatakan kpd org jawa isinya combro itu keju, padahalal kami disini tahu anda salah?

  • irwan…

    Stephen Hawking……. terbelenggu oleh LOGIKA jadi ga Percaya TUHAN……..

  • Dodi

    semua hukum fisika adlah ketetapan2 atau konstanta yg telah ditetapkanNya supaya alam semesta ini ada dan terjaga keteraturannya.”Ilmu pengetahuan adalah Agama bagi alam semesta,sementara Agama adalah ilmu pengetahuan bagi manusia”supaya keduanya hidup teratur dan haormonis,

  • Sudah diperingatkan Allah dgn dibuatNya cacat fisik tapi nih orang masih aja menentang Allah. Ckckck. Calon penghuni neraka jahannam kekal.

  • tasnim

    ini tampaknya seperti orang pinta tapi jadi seperti orang gila beneran asli bukan gila gilaan sudah menjungkirbalikan kebenaran dengan logikanya sendiri yang keliru fatal dan kacau balau coba tanya dia dirinya siapa yanag menciptaklan tanya ama ibunya coba tanya, dasar seperti orang komunis………………………

  • tasnim

    Assalamualaikum wAROHMATULLOHI WABAROKATUH.
    dakwatuna yang terhormat SAYA KOK JARANG DIKIRIMI EAMIL BERITA LAGI KENAPA ? TERIMA KASIH ATAS PENJELASANNYA.

  • Bang Soker

    DASAR PELAWAK!

  • Sri Lestari

    Makanya ane netral aja, kalo terlalu pinter ya gini.

  • Edi Purnomo

    makanya Alloh kasih tuh penyakit sama dia…. supaya dia berpikir siapa yang kasih penyakit itu.

  • laros

    pertanyaanya kalau karena adanya gaya grafitasi alam ini tercipta siiiiiiiapaa…yg menciptakan hukum grafitasi pak profesorrrr stepheeennn…..??????

  • bambang supriatna

    klo bukan tuhan yg menciptakan alam semesta berarti otak dia terbuat dari bahan kimia dong,trus yg menciptakan diri anda siapa, bapak sama mama anda???? pinter keblinger makhluk satu ini

  • REanir Taufik Hidayat

    Lantak kau la…

  • Ardian Paspal

    HP itu ciptaan ada penciptanya dan ada tujuan kenapa HP diciptakan

  • Riyan Widiyanto

    Atheis, sakit jiwa dia :D, dialah seburuk-buruknya orang karena panjang umurnya, buruk perbuatan amalnya.

  • Dwi Andika Anggoro

    sekarang kita lihat kondisinya aja sudah banyak yang kurang,..gimana mau bisa berkata benar,beruntunglah dia tidak diberikan azab yg lebih pedih dari sekarang,dan disinlah orang2 yg tidak mempunyai pemikiran yang cerdas,.kalo mengeluarkan pernyataan tidak berdasarkan akal sehatnya,..gimana bisa benar secara phisik nya aja sudah ga sehat…

  • Dwi Andika Anggoro

    dia lah orang yang pantas memimpin autis,….karena dia juga autis sejati bukan atheis,.

    • Mohammad Hasanudin

      Jangan merendahkan autis bro. Autis juga ada yg memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Autis hanya terlahir kurang sempurna, tapi masih ada yg memiliki kelebihan diatas orang normal. Melihat komen Lo yg sebelumnya dimana Loe suka menghina fisik, pikiran Lo macam bocah. Apa emang Lo bocah SD tong?

    • Mohammad Hasanudin

      Kasian anak2 autis bila dipimpin oleh orang tak berlogika seperti stephen

  • Muhammad Nadhil Syarif

    hanya karna hukum gravitasi, dengan mudahnya mengeluarkan pernyataan. didunia ini ada hal yg tidak bisa dijelaskan dengan logika!!
    lain kali, cari teori yang lebih mantep lagi pak :p

  • Fajar Anggraeni

    LOL ……. HIII STUPID CREATURES

  • wan

    sebijak apa pun otak kita..Allah yang cipta..ingatlah,ilmu yang kita dapat terlalu sedikit Allah berikan..

  • bill nhuda

    Ini pernyataan orang Atheis yang pura-pura mengaku adanya Tuhan tetapi tdk mengakui Kekuasan Tuhan atas Alam Semesta. Manusia munafik yang dilaknat Allah.

  • Dodie Sufiadi

    itu sih terserah dia. Toh Allah Pencipta Alam ga akan terpengaruh.. hehehe

  • Nugraha

    engga penting. manusia bisa masuk neraka karna kepintarannya. apa lagi yg tdk mau pintar. kita yang percaya tuhan yang menciptakan segala-galanya. pertebal saja iman kita kepada Allah swt. ga usah di hiraukan org sperti itu. toh kita udah punya keyakinan..

  • dehasapan

    kita doakan saja si hawkin semoga mendapatkan hidayah dari Allah Swt, agar beliau tabah dan sabar dalam melalui kehidupannya sehari hari dengan berbagai kekurangannya, dan biar beliau juga suatu hari kelak dapat menjadi seorang yg merasakan kehadiran tuhan dalam hati dan pikirannya. dan beriman dijalan tuhan sebelum sakratul maut…. IsnyaAllah.

  • juita

    apa sih yang dicari dibumi ini, dah ada di al,quran yang baru- baru ditemukan pun, udah ada. apa tu lom cukup bukti???

  • Rizal Mauladin

    klo dia mikir lebih jauh…
    Gravitasi itu darimana asalnya? yg mendasari adanya gravitasi itu apa?mengapa gravitasi muncul klo tidak ada yang menciptakan? seperti pulpen yang diciptakan manusia…

  • mono

    ya begitulah klo merasa pintar, apa yg ada gak dianggap

  • anonymous

    untuk yang berkomentar, jangan terburu-buru men-judge, apakah beliau ini itu ini itu. sadar diri, kalian hanya mengetahui output-nya, bukankah kalian tidak mengetahui proses selama keberjalannya? menurutku, Allah itu Maha Adil, Dia Maha Mengetahui mana yg pantas untuk dipikul setiap manusia atas perbuatannya di dunia. jika memang sumbangsihnya terhadap ilmu pengetahuan besar, apakah dia tidak pantas untuk dihormati dan dihargai? hargai beliau, hormati beliau karena jasanya. jangan jadi judging atas apa yg kalian tidak ketahui atau karena kebencian kalian kepada sesuatu. Allah-lah sebaik-baik hakim bukan?

    • joe

      betul gan…
      yang berhak menghakimi kebeneran seseorang cukuplah Allah saja..
      terlalu indah rahasia dibalik rahasia untuk dibuka

  • Beny Irawan

    Sabar, mungkin si Prof. S. Hawking lagi kehilangan Nurani… sbg Manusia. Allah memberikan kebebasan kpd manusia untuk menggambarNya seperti apapun… Allah tidak pernah mempermasalahkan umatnya… tapi kelak dikemudian hari akan kita ketahui… sesungguhnya kita adalah manusia yg dalam keadaan merugi… Naudzubilahimindzaliq.

  • Guess

    Allah memberi petunjuk bagi siapa yang dikehendaki, dan “membutakan” siapa yang dikehendakiNya, termasuk seorang super genius sekalipun

  • farid oke remember

    maklumi saja dia karna memang lagi sekarat jadi ngak perlu di hiraukan. memang dia seorang profesor waktu lalu tp sekarang dia karena kebosanannya sudah lumpuh akhirnya omongannya ngaco

  • Yus

    Apapun yang terjadi di alam semesta ini atas ijin Allah SWT, bahkan tidak ada satu daunpun yang gugur tanpa diketahui oleh Allah SWT. Maka juragan Hawking ngomong begitu juga pasti Allah ngijinin, soalnya kalau gak, pasti kita gak pernah denger berita itu.

    Maka pasti ada “sesuatu” maksud Allah SWT, kenapa Dia ngijinin juragan Hawking ngomong begitu dan kenapa kita baca berita itu.

  • [email protected]

    Hukum ALLAH hanya ada 2 yaitu hukum alam (sunatullah) dan ayat2 yang tertulis dalam Al-Qur’an, gravitasi adalah salah satu hukum alam/ketentuan Allah (sunatullah), siapa saja yang menentang ketentuan Allah akan hancur sendiri, perlu bukti: api adalah panas (sunatullah) mau menentang silahkan jarimu taruh di api lilin yang kecil itu 10 menit saja maka jari akan hancur.

    si Prof. S. Hawking hanya mengandalkan otaknya dia sendiri yang lagi limbung dan linglung karena tidak punya iman kepada ALLAH, bisa jadi sebentar lagi dia gila. KASIHAN.

  • pejuang kritis

    Yaa masa pada bingung, beul sekali jawabannya sthepan karena tuhannya kan manusia bukan Allah SWT ,,,,berfikir yang lebih jernih,.,.,:):):)

  • tomi lee

    ALLLAH TIDAK RUGI…DI BILANG BEGITU..EMANG DIA SIAPA…SEKARANG AJA DIA SUDAH HIDUP TERSIKSA..TINGGAL TUNGGU AZHAB ALLAH YANG AMAT PEDIH

  • latang

    sekarang ini yg menjadi Tuhan banyak orang adalah IPTEK, persis spt zaman nabi Ibrahim mencari Tuhannya semoga ada saat dmn beliau sampe pd Tuhan sejatinya.Amin

  • ylmxab34np

    dia sedang tersesat, semoga Allah SWT memberikan dia hidayatullah dan di tunjuki jalan yg benar, amin

  • azriza

    Orang ini dikasi pinter malah jadi keblinger!

  • Adx

    yahudi

    • pongki

      kalo gak paham mending gak usah komen ya bos

  • Dirganusantara

    Penganut Atheis ga pantes dikomentari dalam hal agama, orang dia ga percaya tuhan….

  • nurma

    SUngguh kasihan sekali ini orang….

  • Dia memang ATHEIST sejak muda, dan Allah (swt) sudah memberi peringatan yaitu dengan melumpuhkan seluruh tubuhnya, tetapi kejeniusan otaknya tidak diimbangi dengan kecerdasan spiritual sehingga dia tetap bersikukuh dengan pemahaman “Anti-Tuhan”-nya.

  • Mustafa Haji Alwy

    Nama-nama populer dalam dunia sains seperti Albert Einstein, Stephen Hawking, Baruch Spinoza ada dalam artikel/makalah saya yang cukup panjang sekitar 14 halaman, yang berjudul: “Konsistensi Alquran dengan Sains dalam Misteri Zat Allah, Cahaya, Ruh, Kematian, Kiamat, Kehidupan Akhirat”. Itulah puncak hasil pemikiran saya setelah puluhan artikel serta buku yang saya tulis, baik dari telaah empirik (observasi), analisis data, maupun logika. Kajian itu saya tulis akhir tahun 2013, sebagai pembuktian konsistensi ayat-ayat Allah dengan sains yang berkenaan dengan misteri kehidupan yang sepanjang sejarah umat manusia selalu menjadi pertanyaan. Nampaknya belum pernah ada yang melakukan kajian itu, baik dari orang-orang yang menggeluti ilmu agama maupun sains. Salah-satu kesimpulan tulisan saya tersebut bahwa Albert Einstein salah ketika tidak konsisten dengan kesimpulan-kesimpulan dalam dunia sains yang berkaitan dengan zat, energi. Baruch Spinoza, filosof-saintis yang mempengaruhi teologi Einstein, salah ketika meyakini Tuhan identik dengan alam semesta, karena alam semesta akan mengalami kiamat. Stephen Hawking salah dalam mengambill asumsi untuk membuktikan keyakinannya bahwa tidak ada Tuhan yang mencipta. Mustafa Haji Alwy 2014

  • dfriendly

    namanya pulpen aja ada yg nyiptain,, apalagi alam jagad raya prof…? belajar dimana lu?

  • budi ono

    Offside…mr.hawkin,lakum dinukuum waliyyaddin..hihihi, oo atheist?

  • syahruddin

    keyakinan dan ilmu pengetahuan kadang kala tidak bisa dipertemukan, oleh karena ilmu pengetahuan sangat terbatas bagi manusia apalagi jika keyakinannya melenceng, maka ilmu pengetahunnya akan menyesatkan dia

Lihat Juga

Ilustrasi. (7-themes.com)

Futur, Maafkan Kami yang Sekarang Yaa Allah