Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Stephen Hawking: Tuhan Bukan Pencipta Alam Semesta

Stephen Hawking: Tuhan Bukan Pencipta Alam Semesta

Stephen Hawking (Reuters)

dakwatuna.com – Fisikawan Inggris Stephen Hawking mengeluarkan pernyataan nyeleneh. Dia yakin bahwa keberadaan manusia dan alam semesta bukan hasil ciptaan Tuhan, melainkan muncul dengan sendirinya. Sebab ada hukum gravitasi, alam semesta bisa menciptakan dirinya sendiri.

Dia mengklaim tidak ada kekuatan ilahiyah yang dapat menjelaskan mengapa alam semesta ini terbentuk.

Dalam buku terakhirnya, The Grand Design, dikutip oleh The Times, Hawking menjelaskan “Sebab di sana ada hukum gravitasi, alam semesta dapat dan akan menciptakan dirinya sendiri.”

Pernyataan dia bertentangan dengan buku tulisan dia sendiri sebelumnya yang berjudul A Brief History of Time. Dalam buku ini Prof Hawking tidak menafikkan kemungkinan turut campurnya Tuhan dalam penciptan dunia. Dalam buku yang ditulisnya tahun 1988 ini dia mengatakan, “Jika kita menemukan sebuah teori yang lengkap, maka hal tersebut menjadi kemenangan nalar manusia. Oleh sebab itu, kita akan mengenal Tuhan.”

Tapi Hawking, dalam buku terbarunya, menolak teori Isaac Newton yang menyatakan bahwa terciptanya alam semesta terbentuk tidak secara spontan namun digerakkan oleh Tuhan.

Stephen William Hawking lahir di Oxford, 8 Januari 1942 adalah seorang ahli teori fisika. Ia putra dari seorang guru besar matematika di Universitas Cambridge.

Dalam kiprah keilmuannya, Hawking terkenal karena sumbangannya di bidang fisika kuantum. Di bidang agama, menurut bekas istrinya, Jane, Hawking adalah seorang atheis. Namu Hawking mengaku bahwa ia “tidak religius secara akal sehat” dan ia percaya bahwa “alam semesta diatur oleh hukum ilmu pengetahuan. Hukum tersebut mungkin dibuat oleh Tuhan, tetapi Tuhan tidak melakukan intervensi untuk melanggar hukum.”

Pernyataannya yang menolak campur tangan Tuan dalam penciptaan Alam Semesta ini tentu mengundang kontroversi, terutama untuk kaum beragama yang mengimani bahwa alam semesta ada karena ciptaan Tuhan. Islam sendiri memiliki ajaran bahwa entitas yang ada di langit dan di bumi serta di antara keduanya, seluruhnya diciptakan oleh Allah SWT. (telegraph/wikipedia/choirul/tempointeraktif/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (60 votes, average: 5.67 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sebuah Nasihat Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Figure
Organization