Home / Berita / Nasional / YLBHI: Menteri Agama Digugat Jika Bubarkan Ahmadiyah

YLBHI: Menteri Agama Digugat Jika Bubarkan Ahmadiyah

Logo YLBHI (wikipedia)

dakwatuna.com -Jakarta. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) akan melakukan gugatan hukum terhadap negara, khususnya Menteri Agama, jika membubarkan Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI).

Ketua Badan Pengurus YLBHI Erna Ratnaningsih di Jakarta, Rabu menyatakan Jamaah Ahmadiyah adalah organisasi keagamaan yang sah secara hukum sehingga mereka berhak untuk menjalankan kegiatannya, salah satunya yaitu menjalankan keyakinan dan beribadah menurut keyakinannya.

“Apabila Menteri Agama melakukan tindakan pembubaran Jamaah Ahmadiyah maka YLBHI akan melakukan upaya-upaya hukum untuk menggugat negara khususnya Menteri Agama,” kata Erna.

Menurut Erna, YLBHI tidak melakukan pembelaan terhadap aqidah dari kelompok tertentu, namun berkomitmen melakukan pembelaan terhadap korban kekerasan atas nama agama.

Pada kesempatan itu YLBHI juga mendesak Menteri Agama Suryadharma Ali mencabut kembali penyataannya yang akan membubarkan Ahmadiyah karena hal tersebut dinilai di luar kewenangannya.

“Sikap ini mencerminkan negara, dalam hal ini Menteri Agama, telah melakukan diskriminasi kepada warganya dan melanggar hak konstitusional warga negara untuk dapat beribadah sesuai dengan kepercayaannya,” kata Erna.

Sebelumnya Menteri Agama menyatakan Jamaah Ahmadiyah harus segera dibubarkan karena bertentangan dengan Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri.

Menurut YLBHI, mengacu pada UU No. 8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), pemerintah hanya dapat membekukan pengurus atau pengurus pusat suatu ormas apabila ormas tersebut melakukan kegiatan yang mengganggu keamanan dan ketertiban umum.

“Dalam hal ini, Jamaah Ahmadiyah tidak pernah melakukan kegiatan yang mengganggu keamanan dan ketertiban umum. Sebaliknya mereka justru menjadi korban ormas-ormas yang mengatasnamakan agama atau kedaerahan,” kata Erna (S024/Z003/ant)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (21 votes, average: 3,52 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Ali S

    Oooo…laaaahhhh…..

    kenapa sih di negeri ini mns nya dah kebalik2.
    katanya pinter2, tapi kok githuuu….
    coba Anda ahamadiyah nyadar bila anda benar2 ingin menyelesaikan masalah secara baik, ganti lah kepercayaan anda menjadi agama ahamadiyah, bukan agama Islam. selesai masalah.

    githu aja kok repot…..

    tapi bila anda kekeh dengan nama yang sekarang (Islam fersi ahmadiyah)…
    ada apakah sebenarnya di balik hati dan diri anda ini……………??????????

    terima kasih.

    • Basuki Ahmad

      Assalamu’alaikum, Sdr. Ali! Menentukan agama seseorang itu hak pribadi dia dengan Tuhannya. Bukan kewenangan sampeyan atau Menag sekalipun! Kalau Ahmadiyah tetap menyatakan sebagai Islam, sampeyan mau apa? Mau kekerasan? Itukah orang yang ngaku Islam?

      • Shadiq

        Assalamu’alaikum saudara Basuki, saya cuma mau bertanya…apakah anda tidak marah apabila Al-Qur’an diacak-2 isinya?…coba lihat dulu apa yg jadi kitab suci oleh Ahmadiyah…jadi anda bisa lebih paham, dan saya yakin apabila anda muslim maka anda akan sangat marah apabila kitab suci Al-Qur’an dibuat lain isinya…..Wassalam….

        • Basuki Ahmad

          Wa’alaikum slm, Sdr. Shadiq! Apa benar Al-Quran bisa diacak2? Bukannya ada jaminan Al-Quran senantiasa terjaga dan terpelihara? Sebaiknya anda cek langsung ke Ahmadiyah apa benar kitab sucinya bukan Al-Quran. Jangan cuma katanya! Di pengantar Al-Quran Terjemah Depag RI ternyata ada bukti jasa2 Ahmadiyah menterjemahkan Al-Quran ke berbagai bhs dunia sehingga menarik banyak orang masuk Islam. Jangan mudah dihasut dengan menelan mentah2 berita fitnah, kritislah! Hanya orang bodoh yang mau…

          • Shadiq

            Mohon ma’af sekali lagi..sya bisa bilang begitu karena memang sudah melihat dan ikut membacanya…bukan katanya!….sepertinya anda yg harusnya belajar mengenai Islam yg sesungguhnya…karena Ahmadiyah secara jelas menyatakan bahwa Mirzam Ghulam Ahmad adalah nabi…Anda setju dengan itu?….dan sebaiknya anda harus melihat isi dari kitab suci mereka secara langsung, agar anda dapat secara jelas mengetahui bahwa mereka mengubah isi Al-Qur’an!…..jadi sebaiknya tolong anda yang cek ke…

      • zen

        Khotamallahu ‘ala qulubihim wa ‘ala sam’ihim wa’ala abshoorihim ghisyawatu walahum ‘adzaabun adhiim…
        Sunmumbukmun ‘umyunfaahum laa yarji’uun..

        Ahmadiyah sesat dan menyesatkan…! Segera di basmi dari muka bumi…..

      • Seira

        menentukan keyakinan memang hak pribadi orang,Tp yg perlu diketahui Islam itu satu, hanya Nabi Muhammad,SAW adalah Rosul terakhir.Bukalah isi Al Qur’an kalau anda ingin paham Islam yg sesungguhnya.Maka jgn menyatakan Ahmadiyah sbg Islam.

      • Dudung Sam

        Agama memang hak seseorang, bukan keyakinan saja termasuk berperilaku….tapi jika dalam berperikalu ada yang tidak sesuai dengan yang berlaku sesuai aturan tentunya harus ditegur, jika teguran tidak diabaikan, apa yang harus dilakukan? semisal di lingkungan saudara ada aturan tidak boleh berzinah kemudian ada mendapatkan ada tetangga berzinah apakah saudara biarkan? tentu di tegur, jika cuek tentu akan saudara usirkan? apalagi ini akidah……

  • Mujahid

    Menurut saya (YLBHI) perlu paham tentang hukum, bahwa hukum teritinggi adalah hukum Allah SWT. Apa yang dilarang sama Allah, jangan dibela-belain atas nama bantuan hukum, karena itu menyesatkan, Bisa jadi seleamt di dunia, tapi justru menjerumuskan umat ke Neraka. khan lebih parah lagi.

    • Basuki Ahmad

      Sdr. Mujahid! Sudah lebih dari 100 tahun yang lalu ada saja pihak yang ingin membubarkan Ahmadiyah. Tapi sayang tidak pernah berhasil, malahan tambah maju! Coba kalau memang anda berhukum kepada hukum Allah SWT. berdoalah minta Ahmadiyah dibubarkan!

      • Dudung Sam

        Di Negara asalnya sudah dilarang Mas

    • Bukhari

      Bagisiapa saja yg beranggapan bahwasanya masih ada Nabi setelah nabi Muhammad, maka ini adalah suatu kesesatan yg nyata yg telah menyimpang dari ajaran islam.

  • ratno

    YLBHI telah mematikan fungsinya dengan melihat permasalhan ahmadiyah secara parsial. YLBHI tidak melihat inti masalah dan mengapa tidak membela umat Islam pada umumnya yang di”injak-injak” Hak Asasinya dalam meyakini kebenaran Islam, tanya mengapa????mungkin YLBHI perlu banyak belajar dahulu makna hak asasi itu sendiri, berpikirlah!

  • ghulam

    biasa….relawan bayaran berkoar-koar. Om Bas, ‘menentukan agama hak pribadi dg tuhannya? Nah..agama yg diklaim itu sesuai syariat yg diturunkan g? jamaahnya si Mirza yg ngaku islam ini emg benar2 beragama islam? g kan? YLBHI,Kontras,LBH, JIL dan antek pluralis liberal itu biasalah…sesuai duit pesanan.

  • Suyatna

    Kepada Basuki Ahmad. Kalau Ahmadiyah tetap menyatakan sebagai Islam, mau apa? Jawaban saya adalah; artinya Ahmadiyah musuh yg nyata-2 menodai Islam. Jika agama Islam dinodai, termasuk oleh Anda, maka wajib bagi setiap muslim untuk mengadakan perlawanan trhdap Ahmadiyah, baik secara dialog maupun dgn cara2 terakhir berupa kekerasan.

  • mahyuzar

    bersatulah hai ummat islam,mari kita sama2 membela agama Allah ini dgn baik .mari kita sama2 hancurkan manusia2 pendukung pluralis,liberalis.mereka mengaku islam tapi sebenarnya mereka hendak menghancurkan islam.

  • Risdiansyah

    To : Basuki Ahmad, Ahmadiyah dan para pendukung Liberalis.

    Anda mengaku Islam…??? Apakah anda mengetahui, bahwa agama Islam mempunyai aqidah dan ajaran yang tidak bisa di ganggu gugat…??? Apakah anda mengetahui, bahwa dalam Islam Nabi terakhir adalah Nabi MUHAMMAD SAW…??? pakah anda mengetahui konsekwensi bila tidak mengakui Beliau sebagai Nabi terakhir…??? Lalu, agama apakah ahmadiyah apabila msh mengakui ada Nabi terakhir selain Nabi MUHAMMAD SAW…? Maaf sebelumnya saya mau tanya,…

  • nn

    .

  • Disan

    Sdr. Basuki skrg gini deh, apa alasan anda membela ahmadiyah…? Apa karena anda org ahmadiyah…?
    Perlu anda ketahui, jika sampai saat ini Ahmadiyah masih ada, alasannya tidak lain karena masih banyak org2 seperti anda yg selalu berusaha membela Ahmadiyah dgn alasan hak asasi manusia. Anda mengaku org beriman tp tdk faham hak asasi manusia sesungguhnya sebagai makhluk ciptaan Allah.

  • yudi brekely

    zaman skarang banyak ahli hukum dunia merasa lbih menguasai hukum agama daripada para alim-ulama, bahkan kadang merasa ‘sgala tahu’. islam adalah agama ciptaan Tuhan jgn d perbandingkan dgn organisasi yg d buat manusia (Astagfirullah hal ‘Adhzim) -_-

  • Moslem Shield

    Disini banyak yang nyusup….kemana Ya Om Basuki nya….????
    Semoga dia diberi Hidayah….amin

    atau dia pergi ke Utan Kayu….menemui suhunya Om Ulil…

    • Abu Zaki Al-Jawy

      Moslem Shield, ane di sini. Insya Allah ane sudah mendapatkan hidayah melalui ajaran dan teladan Baginda Nabi Muhammad Saw. Ulil bukan suhu saya.

  • Abu Zaki Al-Jawy

    Biarlah seluruh negara menyatakan sesat, seluruh ulama memfatwakan sesat, ASAL tidak dalam pandangan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Kenapa anda tidak kembali kepada Al-Quran dan Hadist untuk menilai Ahmadiyah? Cobalah datang ke Ahmadiyah, bertanya dengan hati yang bersih dan obyektif serta istikharah bertanya kepada Allah: Ahmadiyah benar atau salah. Mintalah kepada-Nya untuk menghancurkan Ahmadiyah jika Ahmadiyah salah.

  • Helmy Bagaskara

    Bikin aja Agama baru untuk Ahmadiyah dg nama Islam perjuangan kesesatan.

  • Sastra

    AGAMA AHMADIYAH AJA !!!!! / alirah ahmad qodiyan !!!!!

  • Dimas

    Wahai Saudaraku sekalian
    knapa pada meributkan hal2 yg ga penting kaya gitu!
    Smakin anda berdebat
    ngomong ngalor ngidul
    saling mengkafirkan
    maka provokator n setanlah yg semakin senang!
    Mending kita perbaiki ibadah kita masing masing

  • Dimas

    Wahai Saudaraku sekalian
    knapa pada meributkan hal2 yg ga penting kaya gitu!
    Smakin anda berdebat
    ngomong ngalor ngidul
    saling mengkafirkan
    maka provokator n setanlah yg semakin senang!
    Mending kita perbaiki ibadah kita masing masing
    sesuai pengetahuan dan kemampuan kita

  • Sunarno

    Yang tidak paham , jangan ikut ikutkan , Bertanyalah pada ahlinya , Jika belum bertanya langsung pada ahlinya dan kejelasan tentang yang dijadikan masalah . jangan langsung menuduh. Islam seperti sekarang ini karena pada ingin menang sendiri , pada ingin benar sendiri. Cobalah intropeksi diri masing masing apakah kita telah benar mengikuti semua ajaran Islam yang telah dicontohkan Rasullulloh.

  • Ymalis

    buat basuki dan erna. pertanyaan baliknya buat kalian..bagaimana dengan hak kami yang yakin Tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. bagaimana dengan hak kami yang tidak mau ada yang ngaku ISLAM tapi punya nabi lagi setelah Muhammad..? kalo ngomong yang seimbang.kalo mau Ahmadiyah di akui bagian dari ISLAM cabut pernyataan Mirza tu nabi barunya.

  • Edo

    “Muhammad itu bukanlah Bapak dari seseorang diantara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” (QS. Al-Ahzab : 40)

  • Dudung Sam

    Seluruh umat Islam di Indonesia …..voting apakah ahmadiyah dibubarkan atau tidak…..berani nggak YLBHI? yang jelas semua yang mengakui Nabi Muhammad saw adalah nabi terakhir, dan tidak ada lagi nabi setelah itu…akan menghendaki Ahmadiyah bubar

  • ivan6601

    kalau bisa YLBHI juga dibubarkan saja daripada bikin rusuh. Anda jangan sombong mbak erna, atau anda sendiri juga ahmadiyah. kalau memang anda ahmadiyah, jangan ngaku islam. ahmadiyah sudah jelas2 menghina islam dengan mengaku MIRZA sebagai Nabi terakhir. otak lu gak ada.

  • Oliviahajjah Hasibuan

    Bak Erna seperti kambing yg menyetir mobil.Selain itu tdk layak baginya dan tidak mengerti samasekali.Namun tetap saja bak Erna punya hak untuk menyetirnya atas nama sesama makhluk tuhan.

  • abah kasim

    Keberanian Menteri Agama adalah keberanian umat islam seluruh Indonesia. Dalam menegakkan syariat harus tegas. Karena itu secara pribadi saya dukung, jika menag akan membubarkan ahmadiyah. Karena sudah sangat jelas bahwa ahmadiyah tidak mengakui Nabi terakhir adalah Muhammad SAW. Terkecuali seluruh umat ahmadiyah bertobat dan mengucapkan 2 kalimat syahadat dengan serius dan ikhlas. Kalau tidak diakukan berarti ahmadiyah telah menodai agama islam. Karena itu orang atau sekelompok orang yang telah menodai agama lain, harus dihukum berat degan cara dibubarkan.

Lihat Juga

Pernyataan Sikap PP IKADI Tentang Aksi Damai Mengawal Pendapat Dan Sikap Keagamaan MUI