Home / Berita / Internasional / Yogyakarta Jadi Tuan Rumah World Zakat Forum

Yogyakarta Jadi Tuan Rumah World Zakat Forum

April Purwanto (facebook)

dakwatuna.com – Yogyakarta. Yogyakarta akan menjadi tuan rumah World Zakat Forum, yang rencananya akan digelar 28 September-2 Oktober 2010, di Hotel Ina Garuda. Presiden SBY diharapkan akan hadir membuka kegiatan ini.

Event ini akan diikuti wakil-wakil dari lembaga-lembaga zakat dunia, di antaranya, dari Malaysia, Kuwait, Qatar, Turki, Inggris, Bahrain, Yordania, Sudan, dan Arab Saudi. Dari Indonesia, akan hadir wakil-wakil dari lembaga pengelola zakat, seperti Dompet Duafa Republika, PKPU, Rumah Zakat, Baznas, IMZ, dan Rumah Zakat.

”Event ini akan diikuti sekitar 200 peserta, dan lebih dari 120 orang diantaranya sudah menyatakan akan hadir,” kata Ketua Pelaksana World Zakat Forum, April Purwanto, di Yogyakarta.

Ia menjelaskan, pada event ini peserta akan fokus membicarakan usaha-usaha untuk mengentaskan kemiskinan melalui program-program pemberdayaan masyarakat dengan dana zakat. ”Kesadaran ini timbul setelah diketahui bahwa program-program karitatif tersebut ternyata tidak serta merta bisa memecahkan persoalan kemiskinan yang tejadi di sekitar kita,” tuturnya.

Dijelaskan, persoalan kemiskinan yang terjadi di negara-ngara Asia dan Afrika akan mendapatkan perhatian serius. Untuk itu, dalam pertemuan ini akan dibahas untuk usaha-usaha bersama dalam pengelolaan dana zakat secara profesional dan akuntabel dalam progam-program pengentasan kemiskinan.

Ahmad Fauzi, seorang panitia lainnya, mengatakan potensi dana zakat umat Islam dunia mencapai 6 miliar dolar AS per tahun, potensi zakat umat Islam Indonesia mencapai Rp 42 triliun per tahun, sedang potensi zakat umat Islam di Di Yogyakarta sekitar Rp 12 miliar per tahun.

Ia mengatakan, dari potensi Rp 12 miliar di Yogyakarta itu yang terkelola oleh organisasi-organisasi pengelola zakat telah mencapai Rp 2 miliar per tahun. Dan hampir 75 persen dari dana zakat itu disalurkan melalui program-program karitatif (bantuan). (Budi Raharjo/Yoebal Ganesha/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Peduli Muslim Aleppo, Mahasiswa dan Ormas Islam Yogyakarta Gelar Tabligh Akbar serta Aksi Penggalangan Dana