Home / Berita / Nasional / MUI: Vaksin Meningitis GSK Bisa Berubah Halal

MUI: Vaksin Meningitis GSK Bisa Berubah Halal

Ma'ruf Amin Ketua MUI (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan hukum haram vaksin meningitis jenis Mancevax ACW135 Y, produksi Glaxo Smith Kline (GSK), Beecham Pharmaceutical, Belgia, bisa berubah halal. Dengan catatan, pihak GSK mengubah formula dan proses pembuatan.

Demikian Ketua MUI Ma’ruf Amin, sebagaimana yang tertuang dalam fatwa MUI NO 06 Tahun 2010. Fatwa tersebut menyatakan hukum vaksin GSK haram. Sebab, proses pembuatan vaksin GSK pernah bersentuhan dengan bahan yang tercemar babi. ”Sampai saat ini belum ada permintaan pengkajian ulang dari GSK,” jelasnya kepada Republika di Jakarta, Rabu (1/9)

Ma’ruf mengatakan, ketentuan hukum yang digunakan MUI ialah mikrobial yang menggunakan unsur babi dalam pertumbuhannya mutlak haram. Baik bisa dicuci ataupun tidak. Ketentuan tersebut didasari prinsip kehati-hatian al ahwath dan menghindari kontroversi dan selisih pandang mura’at al khilafdi tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, sebelum mengeluarkan fatwa tersebut MUI melibatkan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) guna memverivikasi secara ilmiah.

Sedangkan dua vaksin meningitis lainnya, lanjut Ma’ruf, yaitu Manveo Meningococcal A, C, W135 and Y Conyugate Vaccine produksi Novartis Vaccine and Diagnostics S.r.i dan Meningococcal Vaccine produksi Zheijiang Tianyuan Bior Pharmaceutical Co. Ltd dinyatakan halal. Sebab, proses produksi tidak bersentuhan dengan babi atau bahan yang tercemar babi. Meskipun, kedua vaksin tersebut pernah bersinggunan dengan najis selain babi. ”Pencucian keduanya dipandang telah memenuhi ketentuan pencucian secara syar’i,” jelas dia. (Budi Raharjo/Nashih Nashrullah/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 6,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (change.org)

SNH: Lamban Tangani Kasus Penistaan, Polisi Diujung Tanduk

Organization