Home / Berita / Nasional / Busyro Muqoddas Dan Bambang Widjojanto Terpilih Jadi Calon Pimpinan KPK

Busyro Muqoddas Dan Bambang Widjojanto Terpilih Jadi Calon Pimpinan KPK

Bambang Widjojanto & Busyro Muqoddas

dakwatuna.com – Jakarta. Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) telah berhasil memilih dua nama calon komisioner KPK, yakni Bambang Widjajanto dan Busyro Muqoddas.

Ketua Pansel KPK Patrialis Akbar dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (27/8) mengungkapkan dua nama terpilih itu setelah Pansel melakukan rapat pleno pada Kamis (26/8) petang usai teswawancara dilaksanakan terhadap tujuh calon.

Dua calon itu dinilai pantas untuk menggantikan posisi Antasari Azhar, keduanya memiliki kemampuan, cara berpikir baik, konsisten, tidak takut menghadapi masalah besar, juga rekam jejaknya yang bagus, katanya.

Patrialis menjelaskan, dari hasil wawancara, Bambang dan Busyro dinilai mampu untuk menyalurkan gagasannya, juga memiliki ide baru dalam pemberantasan korupsi.

Dari hasil wawancara diketahui bahwa Bambang ingin membuat divisi baru yakni pengembalian uang negara, sedangkan Busyro juga mengusulkan pimpinan KPK yang kolektif tidak harus tergantung dan kolektivitasnya lebih banyak ditentukan dari bawah.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansel Abdul Hakim Ritonga, menambahkan bahwa dua calon yang terpilih itu sangat istimewa.

Sebelumnya pada seleksi tahap wawancara diikuti tujuh calon. Mereka adalah mantan Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Sutan Bagindo Fahmi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, Irjen Pol. (purn) Chaerul Rasjid, advokat Melli Darsa, Ketua Komisi Yudisial Busyro Muqoddas, Ketua Kaukus Antikorupsi DPDRI I Wayan Sudirta, dan advokat Bambang Widjojanto.

Ketujuh calon itu sudah mengikuti proses seleksi selama 3,5bulan. Mereka juga harus mengikuti proses pembuatan makalah, assessment tes, rekam jejak, dan wawancara. (t.Ut/toeb/kominfo)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 5,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Smoga ketua KPK yang baru lebih bagus untuk menjalankan tugasnya.

Lihat Juga

Ada Seni Melayani dalam Kepemimpinan