Home / Berita / Nasional / Cermin Retak Pengamalan Ajaran Al-Qur’an

Cermin Retak Pengamalan Ajaran Al-Qur’an

Maruf Amin Ketua MUI (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Umat Islam belum menjadikan Alquran sebagai pedoman secara utuh dalam kehidupan sehari-hari. Padahal Alquran mengandung nilai-nilai luhur dan konsep-konsep tatanan dan pranata masyarakat.

Oleh karena itu, menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma’ruf Amin, diperlukan upaya membumikan Alquran agar keterpurukan umat Islam dapat diatasi. ”Banyak ketimpangan yang harus diperbaiki supaya sesuai dengan tuntunan Alquran,” ujar dia merefleksikan makna Nuzulul Alquran, di Jakarta, Kamis (26/8)

Ma’ruf menjabarkan, usaha memperbaiki kondisi umat Islam dilakukan dengan menggali prinsip dan ajaran-ajaran yang terdapat dalam Alquran. Sasarannya tak terbatas meliputi berbagai aspek yaitu akidah, akhlak, muamalat, dan paradigma. Perbaikan aspek akidah ditempuh dengan meluruskan akidah dan tauhid. Sebab, saat ini terjadi banyak terjadi penyimpangan tauhid. Di aspek akhlak, rehabilitasi akhlak mencakup perbaikan moral bangsa secara umum.

Sedangkan reformasi di bidang muamalat, lanjut Ma’ruf, dibutuhkan perbaikan dan peningkatan ekstra. Mengingat, aspek muamalat mempunyai cakupan luas antara lain ekonomi, sosial, dan politik. Sekalipun manusia diberikan hak mengatur arah muamalat mereka, namun rambu-rambu yang berdasarkan prinsip ilahi mabadi ilahiyyah tetap mesti digariskan. ”Muamalat perlu memadukan antara rekayasa manusia dan prinsip-prinsip ilahi,”jelas dia.

Ma’ruf menambakan, tak kalah penting adalah memperbaiki paradigma dan perspektif agar sejalan dengan visi dan misi Alquran. Cara pandang umat kini telah bergeser dari frame Alquran. Padahal, Alquran menempatkan akal sebagai media mengubah jahiliyah menjadi

Namun, lebih lanjut Ma’ruf menuturkan ikhtiar agung ini tak mudah. Dibutuhkan konsep yang matang. Disamping juga perlu ada gerakan perbaikan massal yang melibatkan seluruh elemen mulai dari masyarakat, ormas, dan tak terkecuali pemerintah. Gerakan tersebut harus disinergikan dan dijalankan secara berkesinambungan yang dipimpin oleh ulama bekerja sama dengan pemerintah. (irf/Nashih/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 6,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Pasar Merespons Positif Aksi Damai Bela Al-Quran 4 November