Home / Berita / Nasional / DATA Gelar Pembacaan Al-Qur’an

DATA Gelar Pembacaan Al-Qur’an

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Lembaga dakwah Daarut Tarbiyah (DATA) akan menggelar acara “10 Jam, 10 Juz, dan 10 Ribu Pembaca Alquran” di Masjid Agung At-Tin, Jakarta, pada 29 Agustus 2010 mendatang. Menurut Pimpinan Daarut Tarbiyah, Fadlyl Usman Baharun, ini merupakan momen untuk meningkatkan kecintaan kepada Al-Qur’an.

Fadlyl berharap masyarakat kemudian akan semakin dekat dengan Alquran. “Kita ingin mencoba menghadirkan nuansa Alquran, minimal sehari dalam seumur hidup, dengan sama-sama membaca Alquran,” katanya kepada Republika, kemarin. Di acara tersebut, masyarakat membaca 10 juz Alquran dalam waktu 10 jam.

Pembacaan Alquran mulai dari pukul 08.00 sampai 18.30 WIB. Para peserta membaca sendiri-sendiri, seperti Yasinan. Namun, acara ini dipandu seorang pimpinan yang kemudian seluruh peserta diminta mengikuti bacaannya. Fadlyl mengatakan, mereka yang masih terbata dalam membaca Alquran tak perlu khawatir.

Peserta dengan kondisi demikian, tetap bisa mengikuti acara ini tentu dengan membaca Alquran sesuai dengan kemampuannya. Fadlyl menjelaskan, biasanya seseorang yang membaca Alquran dengan lancar, membutuhkan waktu 40 menit untuk menghabiskan bacaan satu juz Alquran.

Kalau agak lambat, mungkin membutuhkan waktu satu jam untuk satu juz. Selain membaca Alquran secara massal, acara ini juga diselingi dengan ceramah oleh sejumlah ustaz, yaitu Ahmad Sahal, Ali Akhmadi Al-Hafidzh, dan tazkiyatun nafs oleh Ustaz Ibnu Jarir. Acara ditutup dengan buka puasa bersama.

Daarut Tarbiyah menyelenggarakan acara serupa di Balikpapan dan Samarinda pada 15 Agsutus, Mataram 21 Agustus dengan menghadirkan 300 orang, dan Palembang pada 22 Agustus 2010. “Di Palembang acara dipusatkan di Masjid Al-Aqobah yang dihadiri 1.000 lebih pencinta Alquran,” kata Fadlyl.

Ia menyatakan, setelah di Masjid Agung At-Tin, hal serupa akan diadakan di Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia, pada 5 September 2010. Daarut Tarbiyah yang terkenal melalui kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT), kini juga mendirikan Rumah Alquran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Rumah Alquran ini memfokuskan para peserta untuk menghafal Alquran 30 juz. Saat ini sudah berjalan dua tahun dan peserta terus bertambah dari semula empat orang membengkak menjadi 40 orang. Di antara peserta Rumah Alquran yang berasal dari seluruh Nusantara, ada yang dalam waktu delapan bulan sudah menyetorkan hafalan sebanyak 30 juz. (ferry kisihandi/Republika)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 8,43 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi-Alquran (inet)

Khutbah Jum’at: Di Bawah Naungan Al-Quran