Home / Dasar-Dasar Islam / Tazkiyatun Nufus / Menutup Aurat (Bagian ke-1)

Menutup Aurat (Bagian ke-1)

Ilustrasi: ibu memakaikan kerudung ke anak (blogspot.com - serambidakwah)

Aurat dan Pakaian

dakwatuna.comKeberhasilan pertama kali yang diperoleh iblis dalam menggoda manusia setelah ia mendapat vonis diusir dari surga adalah dengan melucuti pakaian Adam dan Hawa sehingga terbuka auratnya.

Allah berfirman:

فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْآتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِن وَرَقِ الْجَنَّةِ ۖ ﴿٢٢﴾

Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga… (QS. 7/Al A’raf: 22)

Dan ketika aurat telah terbuka maka dampak maksiat yang muncul kemudian sebagai akibat logisnya tidak dapat dihindarkan lagi. Di samping telah runtuhnya kehormatan dan kemuliaan seseorang dengan aurat yang terbuka itu. Maka Allah swt memperingatkan manusia agar berhati-hati menjaga auratnya dari godaan setan yang senantiasa mengintainya.

Allah berfirman:

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ ﴿٢٦﴾ يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُم مِّنَ الْجَنَّةِ يَنزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا ۗ إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ ۗ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ ﴿٢٧﴾

“Hai anak Adam sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah mudahan mereka selalu ingat. Hai anak Adam janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihatmu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah jadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. QS. 7/Al A’raf: 26-27

Makna Aurat

Kata “aurat” menurut bahasa berarti an naqshu (kekurangan). Dan dalam istilah syar’iy (agama), kata aurat berarti: sesuatu yang wajib di tutup dan haram dilihat. Dan para ulama telah bersepakat tentang kewajiban menutup aurat baik dalam shalat maupun di luar shalat. [1]

Menjaga aurat adalah konsekuensi logis dari konsep menundukkan pandangan, atau sering pula disebut sebagai langkah kedua dalam mengendalikan keinginan dan membangun kesadaran, setelah konsep menundukkan pandangan. Dari itulah dua hal ini diletakkan dalam satu rangkaian ayat yang mengisyaratkan adanya hubungan sebab akibat, atau keduanya sebagai dua langkah strategis yang saling mendukung.

Hakikat menutup Aurat

Hakikat pakaian menurut Islam ialah untuk menutup aurat, yaitu menutup bagian anggota tubuh yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Syariat Islam mengatur hendaknya pakaian tersebut tidak terlalu sempit atau ketat, tidak terlalu tipis atau menerawang, warna bahannya pun tidak boleh terlalu mencolok, dan model pakaian wanita dilarang menyerupai pakaian laki-laki. Selanjutnya, baik kaum laki-laki maupun perempuan dilarang mengenakan pakaian yang mendatangkan rasa berbangga-bangga, bermegah-megahan, takabur dan menonjolkan kemewahan yang melampaui batas.

— Bersambung

(hdn)


Catatan Kaki:

[1] Az Zuhaili, Al Fiqh Al Islami wa adillatuh, op  cit. Juz I h. 579

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (68 votes, average: 9,76 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Lembaga Kajian Manhaj Tarbiyah (LKMT) adalah wadah para aktivis dan pemerhati pendidikan Islam yang memiliki perhatian besar terhadap proses tarbiyah islamiyah di Indonesia. Para penggagas lembaga ini meyakini bahwa ajaran Islam yang lengkap dan sempurna ini adalah satu-satunya solusi bagi kebahagiaan hidup manusia di dunia dan akhirat. Al-Quran dan Sunnah Rasulullah saw adalah sumber ajaran Islam yang dijamin orisinalitasnya oleh Allah Taala. Yang harus dilakukan oleh para murabbi (pendidik) adalah bagaimana memahamkan Al-Quran dan Sunnah Rasulullah saw dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mutarabbi (peserta didik) dan dengan menggunakan sarana-sarana modern yang sesuai dengan tuntutan zaman.
  • andinoeg

    sunggu wanita itu adalah mahluk yang dimuliakan Alloh. Sayang sekali jika harus ternoda karena mengumbar aurat…

  • Jito

    Syukron sobat,moga dberi kmudahan sama Allaah untk mengingat dan mengamalkannya

  • Heri

    Akhir2 ini byk jg yg tlh menutup aurat tp tingkahny telanjang aurat.

    • yanto

      Nah ini pernyataan yang berbahaya. Sekarang di masyarakat sudah beredar anggapan bahwa “toh yang menutup aurat itu belum tentu juga tingkah lakunya baik”. Kalau pernyataan2 seperti ini sering disampaikan maka munculah kondisi pesimis umat islam kepada umat islam itu sendiri. Sesuatu yang memang sudah dirancang oleh para musuh-musuh islam. Bagaiman mereka meinginkan umat islam menjadi orang yang pertama menyebar fitnah kepada ajarannya sendiri. Salah satunya dengan ungkapan2 seperti ini.

  • astri imaniyati

    barrokallahu fik.

  • yun

    pakaian wanita terhormat adalah yang menutupi aurotnya..

  • guminasay

    skrg mah yg sering dimainkan orang2 itu batasan auratnya. banyak orang yg liberal menyebutkan klo asalkan sopan itu sudah cukup, ada juga yg bilang asal udah pake jilbab itu sudah menutup aurat walaupun jilbabnya ketat dan kelihatan lekuk2 nya. jadi mungkin perjuangannya adalah bagaimana membenarkan konsep aurat itu batasnya seperti apa. cz orang2 yg liberal suka melontarkan pemikiran2 yang dianggap orang awam memudahkan dalam beragama (yg asal2 tadi) padahal itu bukan sesuatu yg benar.cmiiw

  • akasa

    assalamu’alaikum ikhwatifillah. ana hanya ingin komentar ttg Q.S AlAraf: 26 27. Surat ini seharusnya dari dulu sudah memacu umat kita dapat maju dalam bidang ekonomi khusunya dalam subbidang FASHION. sehingga release lah pakaian-pakaian dengan prioritas 1) menutup aurat 2) (yang kedua mungkin berbeda dengan lain) sesuai dengan irama/nada warna 3) enak dipakai 4) dst terserah Anda…
    poin 2 dst diusahakan mengikuti selera pasar. bukankah Allah menyukai hal-hal yang indah dan rapi? n_n

  • munifmd

    Ass wr wb,salam kenal,mas kira2 saya ikut menampilkan artikel disini ke blog saya boleh apa tidak?terima kasih
    Ass wr wb

  • Noles Ko

    Hahahahaha, Adam dan Hawa diciptakan telanjang dan masih telanjang ketika belum berdosa karena saat dosa belum ada, telanjang adalah sebuah hal yg normal….

Lihat Juga

Lokasi serangan teror di Istambul. (aljazeera)

Telah Terbit Buku Panduan Melakukan Serangan Teror