Home / Berita / Warga Muslim New York Tuntut Libur Idul Fitri dan Idul Adha

Warga Muslim New York Tuntut Libur Idul Fitri dan Idul Adha

Warga muslim di New York saat melakukan shalat Idul Fitri di Masjid Baitul MaMur di Brooklyn, New York, 20 September 2009. Di kota New York diperkirakan terdapat kurang lebih 600.000 warga muslim.  (AFP)
Warga muslim di New York saat melakukan shalat Idul Fitri di Masjid Baitul MaMur di Brooklyn, New York, 20 September 2009. Di kota New York diperkirakan terdapat kurang lebih 600.000 warga muslim. (AFP)

dakwatuna.comTidak seperti di Indonesia, di Amerika, pemerintah daerah menentukan hari libur sekolah di wilayahnya. Tuntutan warga Muslim kota New York ditujukan pada pemerintah kota New York, tempat bermukim sekitar 600.000 warga Muslim.

Hingga kini, Natal adalah satu-satunya hari libur keagamaan yang diakui sebagai hari libur resmi nasional di Amerika Serikat. Murid yang beragama Islam terpaksa bolos saat Idul Fitri dan mengaku kewalahan saat masuk sekolah keesokan harinya karena ketinggalan pelajaran.

Beberapa kota lain di Amerika seperti Dearborn, di negara bagian Michigan dan empat kota di negara bagian New Jersey telah meloloskan undang-undang menjadikan Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari libur sekolah. Anggota dewan kota New York yang beragama Islam, Robert Jackson, yakin perundangan ini bisa lolos di kota New York.

Permohonan ini sudah diproses namun belum mendapat persetujuan Walikota New York Michael Bloomberg. Menurut Bloomberg, populasi Muslim kota New York tidak cukup untuk meloloskan kebijakan baru ini. Banyak warga dan pejabat kota yang positif kalau kebijakan untuk menjadikan hari Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari libur sekolah akan terwujud.

Selain mendapat dukungan dari pejabat kota, perjuangan warga Muslim di kota New York ini juga didukung oleh tokoh-tokoh agama Kristen dan Yahudi. Sekitar 12 persen dari 8 juta warga kota New York, atau sekitar 960.000, beragama Yahudi. (Krisman Purwoko/voa/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (10 votes, average: 9,60 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Reskiwati Amelia

    Mga Islam menjadi agama sluruh Negara.Amin! N keep istiqomah.

  • Reskiwati Amelia

    Keep struggle 4 Islam

  • masni

    semoga HAM berlaku di negeri- negeri non muslim seperti apa yang di dengung- dengungkan selama ini, jangan hanya menuruti mayoritas, tapi untuk kemaslahatan kita bersama mari hargai kaum minoritas. Don’t give up our family at there…. ! semoga cepat ditindak lanjuti permohonan itu.

Lihat Juga

hima-persis

Pernyataan Sikap HIMA PERSIS Terhadap Genosida Muslim Rohingya