Home / Berita / Indonesia Dicanangkan Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia

Indonesia Dicanangkan Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia

ilustrasi (ANTARA/ Wahyu Putro A)
ilustrasi (ANTARA/ Wahyu Putro A)

dakwatuna.com – Jakarta. Indonesia dicanangkan menjadi kiblat fesyen muslim dunia pada 2020 setara dengan negara kiblat mode dunia lain seperti Prancis maupun Italia.

“Kita harapkan ketika orang mengingat Indonesia maka akan ingat maju muslimnya yang fesyen,” kata Deputi Bidang Koordinasi Industri dan Perdagangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Edy Putra Irawadi, di Jakarta, Jumat, dalam acara Pencanangan Indonesia Menuju Kiblat Fesyen Muslim Dunia.

Pada kesempatan itu digelar Indonesia Islamic Fashion Fair 2010 yang menampilkan 31 perancang busana muslim terkemuka di antaranya Shafira, Anne Rufaidah, dan Dian Pelangi.

Edy mengatakan, akan banyak dampak ikutan dalam mewujudkan Indonesia menjadi kiblat fesyen dunia.

“Dengan menjadi kiblat Islamic Fesyen, kita harapkan kunjungan wisata baju muslim meningkat dan Indonesia akan terkenal nilai-nilai kebaikan melalui pakaiannya,” katanya.

Salah satu langkah nyata mewujudkan Indonesia menjadi kiblat muslim dunia adalah dengan dibentuknya Indonesia Islamic Fashion Consorsium atas prakarsa Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Perindustrian, asosiasi, dan sektor swasta lain.

Edy sangat yakin, produk fesyen Indonesia mampu bersaing di tengah era pasar global (perdagangan bebas ASEAN-China).

“Modal kita besar untuk menghadapi era perdagangan bebas, konsumen yang besar, SDM yang kreatif, dan produk kita selalu mempunyai nilai tambah tersendiri, sehingga berbeda dengan yang lain,” katanya.

Ia menegaskan produk fesyen muslim Indonesia selalu mempunyai karakter kuat karena kekayaan sumber daya alamnya sehingga berbeda dengan “mass production”.

“Mulai saat ini kita akan promosi, memperbaiki mutu produk, dan meningkatkan produksi,” katanya.

Menurut dia, Indonesia memiliki peluang untuk berkembang menjadi pusat mode karena selama ini sudah ternama dalam hal produk bridal dan tenun.

Staf Ahli Bidang Multikultural Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Sri Rahayu B., pada kesempatan yang sama mengatakan, dengan menjadi kiblat fesyen muslim dunia pada 2020 maka diharapkan akan lebih banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

“Ini kita harapkan bisa mendatangkan lebih banyak wisman dari negara-negara muslim tetangga kita,” katanya.(*) (H016/R009/ant)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (15 votes, average: 9,07 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • hassand38

    apakah pakaian sebegini rupa dinamakan pakaian islamic?

  • shila

    alhamdulillah kl indonesia dianggap sbg negara inspirasi fashion kaum muslim & muslimah. sehingga kesempatan pengusaha & pengerajin busana muslim & segala perlengkapannya dapat terangkat hidupnya, amien… ^_^

Lihat Juga

hima-persis

Pernyataan Sikap HIMA PERSIS Terhadap Genosida Muslim Rohingya

Organization