Home / Berita / Jalur Gaza Dibuka Di Nitikan Yogyakarta

Jalur Gaza Dibuka Di Nitikan Yogyakarta

dakwatuna.com – Yogyakarta. Takmir Masjid Muthohhirin Nitikan Yogyakarta untuk tahun kedua kembali membuka Jalur Gaza, sebuah kegiatan di bulan ramadhan yang ditujukan untuk menyediakan makanan dan jajanan berbuka puasa kepada masyarakat.

“Sama seperti tahun lalu, kegiatan ini akan digelar selama satu bulan penuh. Masyarakat dapat mencari aneka makanan, minuman, lauk pauk dan masakan lainnya di sini,” kata Kepala Bidang Jalur Gaza Masjid Muthohhirin Nitikan Yogyakarta M Akhid Subiyanto di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, kegiatan Jalur Gaza atau jajanan lauk dan sayur gubug ashar zerba pada Ramadhan 1431 Hijriah tersebut diikuti oleh 105 pedagang yang sebagian besar adalah penduduk Nitikan.

“Sisanya, sebesar 40 persen pedagang berasal dari Bausasran dan Kusumanegara, bahkan ada beberapa pedagang yang sengaja datang dari dari Kabupaten Bantul atau mahasiswa yang mencoba mengisi waktu luang,” lanjutnya.

Ia menyebutkan pada pelaksanaan tahun pertama, total omzet yang berhasil diraup sekitar 90 pedagang mencapai Rp91 juta dan diharapkan, pada pelaksanaan Jalur Gaza tahun ini, terjadi peningkatan omzet dari pedagang.

Selain menjual berbagai ragam makanan dan minuman untuk keperluan berbuka puasa, terdapat pula sejumlah stan yang menjual bermacam produk fashion seperti baju-baju muslim, jilbab, keperluan ibadah dan aksesoris lainnya.

Selama Ramadhan, lanjut dia, takmir masjid juga menambah fasilitasi di Masjid Muthohhirin dengan hot spot, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya untuk mengakses internet dengan gratis.

Akhid juga menyatakan, selain ditujukan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar, Jalur Gaza tersebut juga menjadi salah satu sarana untuk menyosialisasikan film Sang Pencerah arahan sutradara asal Yogyakarta Hanung Bramantya. Film tersebut menceritakan kisah perjalanan tokoh pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan.

“Pada Minggu lalu, sudah ada pawai simpatik yang diikuti artis-artis pendukung film Sang Pencerah,” katanya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsudin dijadwalkan memberikan pengajian akbar di Masjid Muthohhirin pada Minggu (22/8) yang juga akan diisi dengan bedah film Sang Pencerah bersama sutradara. (T.E013/P003/ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 6,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tim KNRP melaksanakan program Buka Puasa Bersama dan pemberian bingkisan Idul Fitri untuk pengungsi Palestina di salah satu rumah makan di Kilis, Turki Selatan, Sabtu (2/7/2016). Mereka mengucapkan, "Terima kasih Indonesia". (ist)

Di Ramadhan 1437 H, KNRP Salurkan Rp 12 Miliar untuk Rakyat Palestina