04:56 - Rabu, 26 November 2014
Iman Santoso, Lc. MEI.

Hikmah dan Manfaat Puasa

Rubrik: Tazkiyatun Nufus | Oleh: Iman Santoso, Lc. MEI. - 11/08/10 | 11:40 | 02 Ramadhan 1431 H

wordpress.com (fritzinfo)

wordpress.com (fritzinfo)

dakwatuna.com – Puasa memiliki sejumlah hikmah atau manfaat, ditinjau dari aspek kejiwaan, sosial, kesehatan dan aspek-aspek lain. Al-Qur’an dan Hadits menjelaskan secara menyeluruh hikmah dan manfaat puasa tersebut, di antaranya :

Puasa mempunyai kedudukan khusus di sisi Allah:

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

صيام 􀑧 آُلُّ عَمَلِ ا بْنِ آ دَمَ لَهُ، ا لْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إلى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ، يقو لُ ا للهُ عَزَّ وَجَلَّ: إلاَّ ال
دَ 􀑧 ةٌ عِنْ 􀑧 انِ فَرْحَ 􀑧 صَّائِمِ فَرْحَتَ 􀑧 ى، لِل 􀑧 نْ أَجْلِ 􀑧 رَابَهُ مِ 􀑧 هُ وَشَ 􀑧 هْوَتَهُ وَطَعَامَ 􀑧 رَكَ شَ 􀑧 هِ، تَ 􀑧 زِى بِ 􀑧 ا أَجْ 􀑧 فَإنَّهُ لِى وأن
فِطْرِهِ وفرحةٌ عند لِقَاءِ رَبِّهِ، وَلَخُلُوْفُ فَمِّ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عند اللهِ مِنْ رِيْحِ الْمِسك

“Setiap amal yang dilakukan anak Adam adalah untuknya, dan satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipatnya bahkan sampai tujuh ratus kali lipat, – Allah Ta’ala berfirman: “ kecuali puasa, sesungguhnya puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. (Dalam puasa, anak Adam) meninggalkan syahwat, makan dan minumnya karena-Ku.” Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma kasturi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

ال 􀑧 اً يق 􀑧 ة باب 􀑧 وعن سهل بن سعد رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم قال: (إن في الجن
صائمون ؟ 􀑧 ن ال 􀑧 ال : أي 􀑧 رهم، يق 􀑧 د غي 􀑧 ه أح 􀑧 دخل من 􀑧 له الريان يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا ي
فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد) مُتَّفّقٌ عَلَيهِ

Dari Sahl bin Sa’d RA bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang disebut Ar-Royyan. Itulah pintu yang pada hari kiamat dikhususkan bagi orang-orang yang puasa. Tak ada satu pun orang lain masuk dari pintu itu. Ketika itu berkumandang seruan: “Mana orang-orang yang puasa?” Maka mereka pun bangkit (untuk masuk dari pintu itu). Tak ada satu pun orang lain yang menyertai mereka. Apabila mereka sudah masuk, pintu itu ditutup. Jadi tak ada satu pun orang lain yang masuk dari pintu itu. (HR Bukhari dan Muslim).

Orang yang puasa mendapat ampunan:

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيماناً واحْتِسَاباً غُفِرَ لَهُ ما تَقَدّمَ مِنْ ذَنْبِهِ،

Barang siapa melakukan puasa Ramadhan semata-mata karena keimanan dan mencari ganjaran, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim)

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

الصلوات الخمس والجمعة إلى الجمعة ورمضان إلى رمضان مكفرات ما بينهن
إذا اجتنبت الكبائر – رواه مسلم

“Shalat lima waktu, ibadah Jum’at hingga Jum’at berikutnya, ibadah Ramadhan hingga Ramadhan berikutnya adalah penghapus dosa-dosa yang terjadi di antara waktu-waktu itu asalkan dosa-dosa besar dihindari.” (HR Muslim).

Puasa adalah perisai. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

الصَّوْمُ جُنَّةٌ – رواه الترمذي

Puasa adalah perisai (yang melindungi pelakunya dari keburukan)

Iman Santoso, Lc. MEI.

Tentang Iman Santoso, Lc. MEI.

Pengasuh Pesantren Al-Qur’an Hidayatul Islam Jakarta. [Profil Selengkapnya]

Redaktur: Hendra

Keyword: , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (26 orang menilai, rata-rata: 8,88 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • http://alisukorejo.xjgem.com Ali nur mc

    as..wr..wb.. Buat kakak pembina dakwatun.com yg terhormat. Saya punya pertanya’an yg masih ku cari terus hukum dan kebenaranya. saya ramadhan kemarin puasa tapi tidak ful alias mukah tidak kuat menahan lapar. karena saya mondar mandir perjalanan naik sepeda motor. karena waktu itu kakak aku sedang dirawat di rumah sakit kira2 30 km dari tempatku. singkat aja yg pingin aku tanyakan.. aku bulan ramadhan kemarin 7 hari tidak puasa. dan aku aku lunasi puasa 6 hari jadi kurang 1 hari . apa boleh…

    • dani kemal

      masa boleh sih , bahkn kalo 7 hari tersebut belum di tunaikan keburu datang rhomadon lagi maka selain menqodo antum di wjibkan pula untuk berfidyah

  • ALI NUR MC

    Terimakasih buat kak dani kemal. atas infonya, buat kaum muslim dan muslimat anda juga bisa memberikan ulusan tentang : BAGAIMANA HUKUMNYA BILA PUASA TAHUN KEMARIN BELUM FULL, SEMENTARA PUASA TAHUN INI TELAH TIBA. dgn catatan orang itu masih punya niat ingin membayar (nyarutang) puasanya. mohon ulasanya… maturnuwun ws.wr.wb..

Iklan negatif? Laporkan!
104 queries in 1,470 seconds.