Home / Berita / Pemerintah Sediakan Layanan Siaran Langsung Hilal Astronomi melalui Internet

Pemerintah Sediakan Layanan Siaran Langsung Hilal Astronomi melalui Internet

dakwatuna.comUntuk memberikan informasi hilal astronomi secara lebih luas dan terbuka kepada masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Agama bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk., dan Observatorium Bosscha – FMIPA, Institut Teknologi Bandung menyediakan layanan tayangan langsung hilal astronomi melalui situs internet. Halaman situs yang dapat diakses untuk layanan tersebut adalah http://hilal.depkominfo.go.id dan http://bosscha.itb.ac.id/hilal .

Agar dapat memberikan layanan ini, maka ada beberapa pembagian tugas pengamatan. Secara khusus, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menangani pengamatan di Nusa Tenggara Barat, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Karim membantu pengamatan di Pekanbaru Riau, Rukyatul Hilal Indonesia menangani pengamatan di Yogyakarta, Planetarium Jagad Raya menangani pengamatan di Tenggarong dan LAPAN menangani pengamatan di Biak Papua. Melalui tayangan langsung ini diharapkan agar masyarakat luas berkesempatan untuk dapat ikut menyaksikan hilal dan memahami fenomena alam yang terkait.

Hilal merupakan awal masuknya bulan baru pada kalender qomariyah (bulan), termasuk kalender Hijriah. Banyak kegiatan penting ke-Islam-an mengambil dasar posisi Bulan di langit, seperti Tahun Baru Hijriah, awal shaum Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dengan demikian dipandang penting untuk menyebarluaskan informasi awal bulan baru yang ditandai oleh tampakan hilal.

Rencananya, kedua situs tersebut akan memberikan informasi Hilal tahun 2010 berupa Video Streaming, Hilal Ramadhan, dan Syawal dari beberapa titik lokasi pengamatan yang telah ditentukan. Adapun titik titik pengamatan tersebut adalah:

A. Biak Papua
B. Pantai Barat Kupang
C. Mataram
D. Lantai atas MTB Makasar
E. Condrodipo Gresik
F. Bukit Belabelu Yogyakarta
G. Bosscha Bandung
H. Pekanbaru Riau
I. Lok Ngah Aceh

Informasi hilal astronomi yang disampaikan ini kiranya dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan yang diperlukan bagi pengambilan keputusan oleh Badan/Institusi yang berwenang secara kenegaraan. Hal ini sangat penting karena menyangkut hajat umat Islam baik secara nasional maupun regional. (hilal.depkominfo.go.id/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • bi

    mangkin top cer….
    bangkit Negara ku, tunggu apa lagi…
    maju…………….

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Thariq bin Ziyad Tidak Pernah Perintahkan untuk Membakar Kapal