Home / Berita / Fatwa MUI: Infotainment Haram

Fatwa MUI: Infotainment Haram

dakwatuna.com – Jakarta. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram untuk infotainment baik bagi yang manayangkan maupun menonton. Fatwa tersebut disahkan dalam pleno MUI dalam Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta, Selasa oleh Ketua Komisi Fatwa MUI, Ma`ruf Amin.

Menurut ketentuan umum fatwa mengenai infotainment, menceritakan aib, kejelekan gosip, dan hal-hal lain terkait pribadi kepada orang lain dan atau khalayak hukumnya haram.

Dalam rumusan fatwa tersebut juga disebutkan upaya membuat berita yang mengorek dan membeberkan aib, kejelekan gosip juga haram.

Begitu juga dengan mengambil keuntungan dari berita yang berisi tentang aib dan gosip dinyatakan hukumnya haram oleh MUI.

Namun MUI memperbolehkan dengan pertimbangan yang dibenarkan secara syar`i untuk kepentingan penegakan hukum, memberantas kemungkaran untuk menayangkan dan menyiarkan serta menonton, membaca dan atau mendengarkan berita yang berisi tentang aib.

Terhadap fatwa ini, MUI merekomendasikan perlu dirumuskan aturan untuk mencegah konten tayangan yang bertentangan dengan norma agama, keadaban, kesusilaan dan nilai luhur kemanusiaan.

Juga direkomendasikan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) diminta untuk meregulasi tayangan infotainment untuk menjamin hak masyarakat memperoleh tayangan bermutu dan melindunginya dari hal-hal negatif.

Lembaga sensor film diminta menjamin langkah proaktif untuk menyensor tayangan infotainment guna menjamin terpenuhinya hak-hak publik dalam menikmati tayangan bermutu.

Menurut Ma`ruf, permasalahan infotainment sebelumnya tidak masuk dalam pembahasan namun karena banyaknya permintaan untuk itu akhirnya diputuskan untuk dibahas.

“Kita memutuskan membahas dan membuat fatwa infotainment karena didasarkan pemberitaan saat ini yang dirasa sudah berlebihan,” kata Ma`ruf.(*) (T.D016/R009/ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (24 votes, average: 9,21 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Anonim

    SETUJU TUH,,

  • Anonim

    setujuuuuuuu….

  • ilham fajar

    tiadakan saja infotainment di indonesia,,,,,, mereka hanya bisa merusak moral umat secara perlahan,,,,,

  • BramSonata

    Pertanyaan Apa akidahnya si pemilik stasiun TV di negeri ini ?? MUI benar dengan fatwanya, mau dipatuhi atau tidak oleh umat Islam, silakan, resiko ditanggung sendiri sendiri kelak.
    Siaran TV yg dimilki oleh pemodal non Islam, nyaris membangkrutkan Iman umat Islam. Sebab apa? mereka : para kufar ini, memang dasarnya tidak menyukai/membenci keberadaan Islam dan umatnya. Mereeka menyuguhkan acara acara yg indah dan menarik, persis apa yg disabdakan Rasulallah SAW, NERAKA dihiasi yg indah indah dan mempersona. sehingga target mereka ini(para kufar) banyak umat yg meninggalkan kewajibannya, yg pada ujungnya MURTAD.

    Inilah sebuah kenyataan PAHIT yg kasat mata, banyak umat yg bangkrut imannya, sementara
    para ustadz.dai/syeihk/kiyai, bertaburan bak cendawan di musim hujan.

Lihat Juga

Ketua Umum MUI Kiai Ma'ruf Amin bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (liputan6.com)

Idul Fitri 1437 H Dinilai Sebagai Momentum Perkuat Ukhuwah Islamiyah