17:06 - Kamis, 23 Oktober 2014

Gaza akan Mewisuda 12 Ribu Penghafal Al-Qur’an

Rubrik: Berita | Kontributor: dakwatuna.com - 28/06/10 | 17:50 | 17 Rajab 1431 H

dakwatuna.com – Gaza, Hampir 12 ribu penghafal al-Qura di Jalur Gaza, setelah mereka menyelesaikan tahap akhir pemantapan selama 60 hari selama berturut-turut. Mereka tersebar pada ratusan pusat penghafal tahfidz Al-Qur’an di Gaza. Termasuk kamp-kamp pengungsian yang dijadikan halaqah-halaqah hifdzil Qur’an. Mereka menamakan halaqah-halaqah tersebut “Generasi Qur’ani Untuk Al-Aqsha” yang berada di bawah pembiayaan pemerintah Palestina pimpinan Ismael Haneya dan langsung dibawah pengawasan departemen waqaf dan urusan agama Palestina.

Halaqah-halaqah ini mendapat sambutan luar biasa dari warga. Mereka berlomba-lomba mendaftarkan anak-anaknya pada halaqah tersebut, hingga banyak diantara para perserta yang ditolak, karena tempatnya sudah tak menampung lagi.

Sukses Besar

Sementara itu, Dr. Thalib Abu Syaer, menteri waqaf dan urusan agama Palestina mengatakan, kami sedang berupaya mewisuda sejumlah penghafal Al-Qur’an, setelah sebelumnya sukses selama beberapa tahun terakhir dan tentu kami merasa bangga.

Dalam wawancaranya dengan pusat infopalestina, menteri waqaf mengatakan, jauh-jauh hari kami sudah merencanakan dan menyusun perangkat-perangkat yang diperlukan dalam program kamp qur’ani. Ia berharap programnya ini bisa sukses.

Ia menyebutkan, ada sekitar 870 penghafal Al-Qur’an yang tersebar di 272 pusat tahfidz Al-Qur’an di Jalur Gaza (Rafah, Khanyunis, Gaza Tengah, Gaza, Gaza Utara).

Ia mengisyaratkan, pihaknya sedang mempersiapkan perhelatan akbar dan spektakuler untuk memberkan penghargaan pada para penghafal Al-Qur’an. Ia mengungkapkan bangga atas prestasi para penghafal tersebut. ini adalah kebiasaan yang baik yang digalakan pemerintah Palestina melalui menteri waqaf dan urusan agama secara khusus.

Peningkatan kemampuan dalam membaca dan menghafal

Di sisi lain, Dr. Abdullah Abu Jarbu deputi departemen waqaf mengatakan, proyek hifdzil Al-Qur’an yang dilakukan departemen waqaf ini bertujuan secara langsung mencetak para penghafal Al-Qur’an, di samping meningkatkan bacaan mereka.

Dr. Abu Jarbu’ menjelaskan, ada sejumlah mahasiswa yang mempunyai predikat al-hafidz. Pihaknya sangat memperhatikan masalah ini dengan memunculkan bakat dan kemampuan mereka dalam menghafal Al-Qur’an. Mereka dipersiapkan untuk mengikuti kamp musabaqah tilawatil al-Qur’an regional dan internasional yang dapat mengangkat derajat Palestina di dunia internasional.

Proyek Besar

Di pihak lain, Diyab Radhi, seorang warga Palestina di Gaza sangat menghargai langkah yang dilakukan departemen waqaf dan urusan agama. Ia mengucapkan terima kasih pada pemerintah dalam hal ini, yang telah mengadakan program kamp hifdzil Al-Qur’an.

Ia menambahkan, kami telah menunggu dengan shabar musim panas tiba untuk memulai proyek besar ini dan agar kita bisa membentuk anak-anak kita dan selanjutnya kita membantu mereka untuk menghafal al-Qur’an dalam waktu tertentu. (asy/ip/ut)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Keyword: , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (65 orang menilai, rata-rata: 9,66 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • mary ann

    maaf, sy bingung dg artikel ini, katanya 12rb..kok di tengah artikel tertulis 870? 12rb ini al-hafidz?

    • faisal

      wisuda hafalan maksudnya beres setoran 30 juz, sedang “Al Hafidz” merupakan gelar yang diperoleh penghafal 30 juz setelah melalui berbagai macam ujian terlebih dahulu, termasuk pemahaman Al Quran dll. Mungkin yang 870 itu Al Hafidz sebagai pembimbing.

  • risma malang

    Semoga anak-anak muslim di dunia punya motivasi tinggi untuk jadi hafidz seperti di Gaza. Semoga anakku juga… dia sekarang alhamdulillah 9 juz. Semoga dia jadi hafidz…

  • ruly_malang

    Mg qt jg bz jd hafidz/hafidoh. Spy bz ksi recomndin org yq qt cinta u msk surgaNya breng2. Yok, smangt2!!

  • ruly_malang

    Mg qt jg bz jd hafidz/hafidzoh. Spy bz ksi recomndin org yq qt cinta u msk surgaNya breng2. Yok, smangt2!!

  • Rizky Hadi S.

    Subhanallah …
    Yaa Allah, mudahkanlah hamba, istri & anak2 hamba menjadi seorang al hafizh/hafizhah seperti mereka. Aamiin.

  • faisal

    Luar biasa .. di Gaza, Perbandingan Al Hafidz:masyarakat = 870:2jt (1:2.500). Artinya setiap Al Hafidz membina 2.500 warga. di Indonesia..?

  • sri tresny

    semoga…Allah meneguhkan Iman saudara2 kita di sana.

  • ILYAS

    wah subhanallah……………
    begitu IRI dengan hafidz………..
    saudara kita semangat untuk belajar
    INDONESIA….???

  • andar

    kapan y diindonesia ad wisuda penghafal Al-Qur’an ?? mdh2n kecapaian impianku..amin

Iklan negatif? Laporkan!
56 queries in 1,340 seconds.