Home / Berita / PBB Bentuk Tim Penyelidikan Kasus Flotilla

PBB Bentuk Tim Penyelidikan Kasus Flotilla

dakwatuna.com – Geneva, Dewan HAM PBB menyetujui dengan suara mayoritas keputusan pembentukan komisi penyelidikan internasional kasus penyerangan kapak freedom flotilla oleh tentara Israel, 31Mei lalu.

Pihak Eropa campaign salah satu organisasi yang tergabung dalam kapal Freedom Flotilla mengatakan, Dewan HAM PBB, Senin (21/6) kemarin berhasil menunjuk sejumlah orang untuk menjadi tim penyelidikan untuk membongkar pelanggaran Zionis terhadap undang-undang internasional, berupa penyerangan terhadap kapal kemanusiaan.

Dalam pernyataanya secara tertulis, Eropa Campaign menyebutkan, draft keputusan sudah diajukan delegasi Pakistan (kelompok Arab), sesuai dengan permintaan dari pihak Turki yang menjadi korban pembantaian dimana Sembilan warganya meninggal syahid. Susunan anggota TPF akan selesai hari ini, lengkap dengan nama-namanya.

Ia mengisyaratkan sejumlah nama seperrti, Dino Criciotbs pengacara internasional dari Zimbabwe dan sekarang bekerja di hukum internasional publik di University of Nottingham untuk bidang hukum, Ms Singh, mantan anggota Komite Diskriminasi Perempuan dari India, Dmitry Rafik mantan anggota Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia di Serbia, Anaguiborg Sólrún Zdzisladottir mantan Menteri Luar Negeri Islandia dan perwira senior yang sebelumnya di Pengadilan Pidana Internasional di Kanada.

Keputusan juga menyangkut pentingnya laporan yang lengkap dan sempurna tentang pelanggaran Israel yang akan dipresentasikan pada sidang bulan Septemebr depan. (asy/ip)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 8,78 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Wakil ketua MIUMI dan ketua ikatan dai dan ulama Asean, Ustadz Zaitun pada Forum Doha, Qatar. (wahdah)

Di “Forum Doha” Qatar, Ustadz Zaitun Kritisi Peran PBB