Home / Berita / 16 Orang di Kapal Mavi Marmara Syahid

16 Orang di Kapal Mavi Marmara Syahid

Bendera Palestina dikibarkan pada pelabuhan kota Gaza untuk menyambut Freedom Flotilla. (Getty Images)
Bendera Palestina dikibarkan pada pelabuhan kota Gaza untuk menyambut Freedom Flotilla. (Getty Images)

dakwatuna.comKorban tewas akibat serangan Israel terhadap kapal kemanusiaan Mavi Marmara terus bertambah. IHH (Insani Yardim Fakvi), lembaga kemanusiaan Turki yang menjadi koordinator kapal bantuan, melaporkan sudah 16 korban yang syahid.

“Menurut IHH, 16 orang dilaporkan telah terbunuh,” demikian kata Direktur Operasional Sahabat Al Aqsha, Amirul Iman, Senin (31/5/2010). Data yang sama juga dipublikasikan Al Jazeera.

Menurut Amirul, sementara jumlah korban luka juga masih menunggu data terbaru. Data terakhir 50 orang luka-luka akibat serbuan Israel terhadap rombongan Armada Kebebasan (Freedom Flotilla).

“Dan sampai sekarang kami masih belum bisa menelepon satu pun dari 12 WNI yang ikut dalam rombongan,” jelasnya.

12 WNI yang berada di kapal Mavi Marmara terdiri dari wakil tiga lembaga swadaya masyarakat KISPA, MER-C (Medical Emergency Rescue Committee), dan Sahabat Al-Aqsa. Dari 12 orang itu, juga ada lima wartawan, yaitu Aljazeera Indonesia, TV One, Hidayatullah.com, Majalah Alia, dan Sahabat Al Aqsha.

Amirul meminta masyarakat Indonesia bersama-sama mendoakan keselamatan mereka. “Kita di sini usai salat Dzuhur membaca qunut nazilah dan salat gaib untuk mereka yang meninggal,” kata Amirul.

Serangan terhadap kapal kemanusiaan ‘Mavi Marmara’ oleh Israel diyakini akan menyulut protes internasional. Sebabnya, banyak perwakilan organisasi dari puluhan negara bergabung dalam misi bantuan untuk Palestina itu.
“Kita terkejut untuk sebuah aksi damai yang melibatkan 40 negara lebih, diserang oleh Israel. Bahkan itu masih dalam perairan internasional. Ini bisa mendorong timbulnya tuntutan dunia internasional,” ujar anggota Komisi I DPR FPKS, Al Muzammil Yusuf kepada detikcom, Senin (31/5/2010).

Menurut Muzzamil, tidak hanya Israel yang akan mendapatkan tekanan. Namun Amerika Serikat, yang selama ini membela Israel juga akan mendapat tekanan dari seluruh dunia.

“Ini akan menjadi tekanan serius kepada Amerika yang selama ini mendukung Israel. Saya kira akan menjadi isu internasional,” terang politisi asal Lampung ini.

Muzammil mengatakan, DPR akan terus mengikuti perkembangan yang terjadi, dan dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Deplu terkait nasib WNI yang ada dalam kapal tersebut. Muzammil menambahkan, peristiwa ini tidak akan menyurutkan DPR untuk terus menggalang bantuan untuk rakyat Palestina.

“Akhir Juni kita akan bertemu Parlemen Mesir untuk membicarakan terkait bantauan untuk Palestina,” tegasnya. (ddt/fay/asy/dtc/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (68 votes, average: 9,66 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • catur novianto

    salamun ‘alaikum … sy trut prihatin atas kejadin ini,sy brdoa unt korban mati syahit mndapatkan surga ALLAH SWT.amin. shrusnya pemrintah mendengar itu dan bertindak.apakah kita diam saja mlihat saudara kita di aniaya/dzhalimi.bkankah satu umat itu saudara.bila satu saudara kita di zhalimi kita pun merasakan apa yg saudara kita rasakan. pemerinth hrs bertindak pemerinth adl pmimpin umat.

  • Heri

    Jangan cuma menuntut tapi segera kirim pasukan muslim kesana untuk melindungi warga palestina…Yahudi sudah ngga bisa diajak kompromi……hayo Indonesia …hayo…SBY pelopori negara2 muslim di dunia utk segera mengirim pasukan kesana …lindungi saudara kita

  • A.Surjana

    tu lh yg bikin saya sedih..mna Islam kita yg menjunjung tinggi agama,knp takut mati demi Islam n djihat ???

  • Titin Lestari

    ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR smoga mereka yg shahid diterima amalannya oleh ALLAH SWT, ditempatkan di surga terindah-NYA. Amiiinnn…. semoga ALLAH SWT mengirim bala’ kepada Israel Laknatullah… Amiiiiinn…

  • yasifun

    Innalillaahi wainna ilahi rooji’uun. Semoga ikhwan yang syahid diterima amalan2nya oleh Allah Yang Maha Kuasa dan dilanjutkan perjuangannya oleh generasi berikutnya. Gugur satu bangkit seribu. ISY KARIMAH AU MUT SYAHIDAH. Semoga Allah segera menghancurkan bangsa ISRAEL LAKNATULLAH, MANUSIA YANG TERKUTUK Yang menghalalkan segala cara untuk menghancurkan ummat Islam.

  • said

    tak berprikemanusiaan israel..

  • Abu Yandri

    Innalillahi wainna ilaihi roji’un.
    Ya Allah berikan kepada kami kekuatan lahir dan bathin untuk menghancurkan Israel/Yahudi.
    Ya Allah gerakkan hati dan tindakan pemimpin kami untuk berbuat nyata melawan musuh-Mu yang terlaknat.
    Amin Ya Robbal Alamin.

  • alfakkir btn

    innalillahi wainna illahirojiun benar2 sudah keterlaluan tindakan israel biadab . negara2 didunia jangan tinggal diam atas tindakan tersebut. terutama amerika yg selalu melindungi dan memfasilitasi . hancur kan israel dari muka bumi

  • ucup

    ALLAHU AKBAR…!!!
    ALLAHU AKBAR…!!!
    ALLAHU AKBAR…!!!
    MOGA2 ISRAEL MNDAPATKAN AZAB YG SUANGAAAAAAT PUEDDIHH…
    ATW METEOR SGEDE JAKARTA JATOH D ISRAEL..
    AMIIIN…

  • sunaryo

    memang orang kafir yahudi israel itu sudah menjadi bangsa yang

  • anak SD

    semoga orang Indonesia yang pergi menolong Palestina (tapi dihalangi Israel) selamat! AMIIIN ..!

  • ucu rahmat taufik Rohman

    allohumma sallimnaa wal muslimiin, wa’afinaa walmuslimin, wagfina waiyyahum sarromasooi fiddunya waddin….. allohumma ahlikil kafarota walmusrikin……… allohumma ahlikil kafarota walmusrikin……………… allohumma ahlikil kafarota walmusrikin………….. allohumma ahlikil kafarota walmusrikin………….. allohumma ahlikil kafarota walmusrikin…………. Amiin ya alloh yaa muziibassaa iliin….

Lihat Juga

Aksi Solidaritas Palestina oleh LDK SSP STEI SEBI yang berlokasi di Car Free Day, Jakarta. Ahad (27/11/2016).  (Ahmad Jundi Taqiyuddin/LDK SSP STEI SEBI)

Aksi Solidaritas Untuk Palestina di Car Free Day Jakarta