Home / Berita / Israel Serang Kapal Kemanusiaan, 10 Syahid, Nasib 12 WNI Belum Jelas

Israel Serang Kapal Kemanusiaan, 10 Syahid, Nasib 12 WNI Belum Jelas

Patroli Polisi Hamas Palestina di Pantai Gaza pada 29 Mei 2010 dalam mempersiapkan kedatangan Freedom Flotilla. (Getty Images)
Patroli Polisi Hamas Palestina di Pantai Gaza pada 29 Mei 2010 dalam mempersiapkan kedatangan Freedom Flotilla. (Getty Images)

dakwatuna.comKorban tewas terus bertambah dalam penyerangan kapal Mavi Marmara dan 5 kapal lain dalam Armada Kebebasan (Freedom Flotilla) yang dilakukan pasukan Israel.

Hingga kini sebanyak 10 orang diyakini telah syahid dalam penyerangan terhadap konvoi enam kapal kemanusiaan di perairan Gaza tersebut.

Demikian menurut organisasi Free Gaza Movement, seperti diberitakan Al Jazeera, Senin (31/5/2010). Free Gaza Movement merupakan kelompok yang mengorganisir keberangkatan armada Freedom Flotilla ini.

Menurut kelompok tersebut, enam kapal yang ikut dalam konvoi kemanusiaan ini saat ini sedang diderek menuju Kota Haifa, Israel dan bukan menuju Kota Ashdod guna menghindari para jurnalis yang telah menanti.

Kapal Mavi Marmara dan 5 kapal lain dalam Armada Kebebasan (Freedom Flotilla) diserang tentara Israel. Kapal tersebut dibawa Israel ke suatu tempat dan nasib 12 WNI di kapal tersebut belum diketahui.

“Kapalnya sekarang dibawa Israel ke tempat yang belum kita ketahui. 12 WNI di kapal itu juga belum ada yang bisa kita telepon,” kata Direktur Operasional Sahabat Al Aqsha, Amirul Iman, Senin (31/5/2010).

Menurut Amirul, seluruh WNI berada di kapal Mavi Marmara. Kapal ini membawa 700 aktivis dari sekitar 50 negara. Armada Kebebasan juga terdiri dari 3 kapal barang dan 2 kapal penumpang kecil.

“Kapal-kapal yang lain juga tidak jelas nasibnya,” katanya.

Sementara itu situs-situs yang memberitakan penyerbuan di lepas pantai Gaza tidak bisa diakses. Sahabat Al Aqsha berkomunikasi dengan IHH (Insani Yardim Fakvi), lembaga kemanusiaan Turki yang menjadi koordinator tim bantuan itu, hanya lewat Twitter dan Facebook IHH.

“Komunikasi kita tinggal lewat Twitter dan Facebook IHH. Karena kita juga tidak bisa menelepon teman-teman kita,” ujar Amirul.

Ada 12 WNI di Mavi Marmara. Mereka terdiri dari wakil tiga lembaga swadaya masyarakat KISPA, MER-C (Medical Emergency Rescue Committee), dan Sahabat Al-Aqsa. Dari 12 orang itu, juga ada lima wartawan, yaitu Aljazeera Indonesia, TV One, Hidayatullah.com, Majalah Alia, dan Sahabat Al Aqsha.

Sementara itu, DPR mengecam serangan Israel tersebut dan meminta PBB turun tangan. Anggota Komisi I DPR Almuzammil Yusuf meminta pemerintah Indonesia segera mengambil tindakan dengan meminta PBB bersikap atas kasus ini.

“Pemerintah kita harus menekan PBB untuk memaksa Israel melakukan diplomasi dengan Palestina dan menempuh jalur perdamaian. Karena tidak ada lagi yang bisa menghentikan Israel kecuali Amerika,” kata Muzammil kepada detikcom, Senin (31/5/2010).

Menurut politisi PKS ini, pertemuan SBY dengan Presidan AS Barrack Obama harus dimanfaatkan juga untuk membahas masalah konflik Israel-Palestina. Apalagi beberapa waktu lalu SBY sudah bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas.

“Pemerintah Indonesia harus menyampaikan semangat perdamaian untuk Palestina langsung ke PBB dan Presiden AS. Pertemuan dengan Obama dalam waktu dekat harus dimanfaatkan pemerintah Indoensia untuk mendesak AS menengahi konflik Israel dan Palestina,” pintanya.

Anggota Komisi I DPR ini menilai penembakan kapal misi kemanusiaan sudah sangat melanggar HAM. Karena itu semua kekuatan negara Islam harus bersatu menghadapi Israel dengan berbagai cara dan daya yang dimiliki.

“Israel sudah terlalu sering melakukan kejahatan kemanusiaan. Jangankan kapal misi kemanusiaan, rumah sakit dan sekolah saja mereka bom. Kejahatan Israel terus-terusan sekalipun ganti Perdana Menteri. Negara Arab seharusnya bisa memaksa Israel,” jelasnya. (fay/asy/yid/ita/dtc)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (68 votes, average: 9,10 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • esti upik

    Bersabarlah wahai saudaraku se iman di Palestina,….pertolongan Allah akan menyentuh dengan kebaikanNya untuk dunia n akhirat anda.
    Besabarlah, dan yakinlah akan datang sa’atnya, yahudi dimana mana dikejar n dibunuh, sampai pohon dan batu pun berbicara utk memberitahu persembunyian mereka.
    Bergembiralah wahai para syuhada,…Allah tdk menyia nyiakan jihad anda n keluarga yg anda tinggalkan.
    “Salaamun alaykum bima sabartum”……
    Alahu Akbar……..Allahu Akbar…….Allahu Akbar…….

  • aam

    Sebagai umat Islam turut prihatin juga, kenapa sih para negara2 muslim tdk bersatu lalu memberikan pelajaran kpd Israel ini…..hayo saatnya bersatu menumpas .

  • Chiko_say

    Duhai sodaraku palestina.. Doakami untuk kalian para mujahid2 yg dirindu surga..
    Akan tiba masanya israel terkutuk hancur lebur berkeping2
    Pembalasan itu akan datang,..
    Alloh maha Besar,Alloh Maha Kuasa…

  • suparman

    kita hanya bisa prihatin dan sedih atas musibah yg menimpa sesama umat muslim yang memiliki niat yg suci untuk membantu saudara2 muslim lainnya…akan tetapi semua itu kembali kepada niatan saudara2 kita yang akan ditolong sejauhmana saudara2 terdekatnya asyik dgn kepentingannya masing2(negara2 arab)ada yg pro scr terselubung utk mencari aman dan yg memang benar2 peduli dgn nasib saudaranya…tapi kita harus yakin bahwa ALLOH SWT akan selalu bersama para pejuang yang benar2 ingin menolong…….

  • lik

    Saudaraku Palestina.. tetaplah teguh iman kepada Allah..
    sudah saatnya negara2 Islam bersatu.. Hancurkan Israel dan sekutunya!!!
    Allahu akbar!

  • saadah

    ya Allah…, kuatkanlah mereka,,

  • Abdullah

    Semoga ALLAH menolong Anda wahai para mujahid.

  • yuyud

    bangsat israel…………………….

  • minggus

    israel….. hancur lah negaramu secepatnya

  • Peppy

    kapan yaa aku bisa ke Palestina?? klo keadaanya udah kaya’ gini, sumpah gw bakal nge-lawan si Israel bejat itu..

  • chup chery

    seandainya bangsa2 arab timur tengah brsatu,mrka psti bsa mmbebaskn plastina dr israel terkutuk!!

  • masalwireg

    kenapa orang yg mau menuju kabaikan dunia akhirat…hanya kalah sama orang2 israel…heran juga aku…?!!!, kok orang2 islam seluruh dunia ini kok cuma diem aja..!!!, coba bersatu…!!!!, pasti hancur itu si israel…!!!!, tinggal kita mau gak…!? tinggal kita nunggu hari pembalasn dari Alloh SWT…,kiamat…..pasti datang..!, dunia akan dihancurkan…gunung2 diterbangkan lautan akan dibelah…, bumi akan diangkat dan dibalik…, hanay 1 saja katanya Islam Iman…!!!!! wassalam

  • arachman

    semoga pertolongan Alloh SWT segera datang untuk menghancurkan musuh-2Nya. Amien

  • muhammad ermi

    saya sanggat mengecam israel yang telah menyerang kapal kemanusiaan..
    sungguh biadap aksinya dan saya menyarankan agar parateroris yang menggaku mereka orang islam dan benar-benar ingin membela islam cobalah bantu soudara kita di falestina yang di serang israel bukan malah menyerang soudara sendiri……..

  • HAMBA ALLAH

    sudah saatnya kita satukan kata satukan niat satukan tekat untuk melawan israel penjahar perang

Lihat Juga

Jazuli Juwaini, Anggota Komisi I DPR RI.

DPR: Indonesia Memiliki Modal Kuat untuk Selesaikan Konflik Rohingya

Organization