Home / Berita / Sekjen PBB Akan Kunjungi Gaza

Sekjen PBB Akan Kunjungi Gaza

dakwatuna.com – Al-Quds, Pemerintah Israel memberikan izin kepada dua pejabat internasional mengunjungi Jalur Gaza melalui gerbang Bethanon “Eirz” (yang memisahkan antara wilayah Jalur Gaza dan wilayah Palestina jajahan tahun 1948). Namun Israel tetap melarang kunjungan seperti ini melalui perlintasan-perlintasannya karena dikhawatirkan itu ditafsirkan sebagai pengakuan Israel atas pemerintah Hamas.

Kementerian Luar Negeri Israel dalam keterangannya kemarin Selasa (9/3) menegaskan, pihaknya memutuskan untuk memberi izin bagi Sekjen PBB Ban Ki-Mon dan delegasi urusan Luar Negeri Uni Eropa, Katrin Aston untuk mengunjungi Jalur Gaza melalui perlintasan Bethanon “Eirz” untuk pertama kalinya pasca agresi Israel ke Jalur Gaza. Itu karena keduanya meminta izin secara khusus kepada Israel untuk tujuan melihat kondisi kemanusiaan di Jalur Gaza.

Izin ini diberikan meski sebelumnya Israel tidak mengizinkan pejabat atau tokoh penting mengungunjungi Jalur Gaza melalui perlintasan-perlintasan Jalur Gaza. Karena itu akan dianggap sebagai ungkapan atas kemenangan Hamas dan melegalisasi Hamas.

Namun Israel tidak mengmumumkan jadwal kunjungan kedua pejabat itu. Namun kementrian luar negeri Israel menegaskan bahwa Aston akan masuk Jalur Gaza pada pekan depan sementara Ban Ki-Mon dijadwalkan akan mengungjungi Jalur Gaza pada beberapa pekan lagi. (bn-bsyr/ip)

About these ads

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Nampak asap dari serangan artileri Israel ke perbatasan Jalur Gaza. (aa.tr.com)

Artileri Israel Serang Perbatasan Jalur Gaza