07:37 - Sabtu, 25 Oktober 2014

Koperasi Masjid Cibubur Jadi Percontohan Koperasi Syariah

Rubrik: Nasional | Kontributor: dakwatuna.com - 17/12/09 | 02:11 | 28 Dhul-Hijjah 1430 H

dakwatuna.com – Jakarta. Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Baitul Mal Wat Tamwil Darussalam Madani (BMT-DM) Kota Wisata, Cibubur, akan menjadi proyek percontohan koperasi syariah yang sukses.

Koperasi BMT-DM itu didirikan pada 9 September 2007 yang diprakarsai Badan Pengelola Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur dengan modal awal sekitar Rp 185 juta. Anggotanya adalah pengurus masjid dan pegadang di Fresh Market Cibubur.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Agus Muharram di Jakarta, Rabu (16/12) mengatakan, Kemenkop akan mendorong KJK BMT DM ini menjadi percontohan dan diarahkan untuk mendapatkan bantuan permodalan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)-KUMKM.

“KJK BMT-DM berkembang pesat sebagai salah satu koperasi berbasis syariah di Indonesia, di mana hanya dalam waktu dua tahun mampu mengembangkan asetnya hingga Rp 2,28 miliar,” katanya.

Dijelaskan, dalam waktu dua tahun, koperasi itu mampu menghimpun anggota hingga 500 orang, dan mampu membeli gedung di kawasan itu sebagai kantornya.

Selain itu, BMT DM juga telah menggunakan standar operasi secara on-line terkomputerisasi sehingga seluruh anggotanya terintegrasi dengan kartu anggota yang on-line, layaknya kartu ATM perbankan.

Dengan fakta seperti itu, menurut Agus, koperasi tersebut dinilai sangat layak menjadi proyek percontohan koperasi syariah, apalagi lagi koperasi itu memiliki tingkat kredit macet (Non-Performing Loan/NPL) yang hampir nol persen.

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus BMT DM, Imam Prakoso, mengatakan, pihaknya ingin memperkenalkan niat dan upaya untuk memberdayakan kaum dhuafa, usaha kecil dan menengah (UKM), dan seluruh pemangku kepentingan melalui Koperasi Jasa Keuangan Syariah yang berbasiskan Masjid.

Imam mengungkapkan bahwa aktivitas utama usaha koperasinya didasarkan pada prinsip syariah, yaitu setiap transaksi menggunakan akad-akad syariah yang disahkan oleh DSN-MUI atau minimal oleh ulama/ustadz setempat.

BMT DM, katanya, melakukan sejumlah aktivitas, yakni penghimpunan dana melalui tabungan dan simpanan jangka panjang dengan prinsip wadiah (titipan) dan mudharabah (hasil usaha), penyaluran dana pembiayaan, jual beli, kerja sama dalam pemberian modal kerja usaha dan sewa.

Juga kegiatan menempatkan dana pada lembaga sejenis atau bank, serta pengelolaan pembayaran listrik, telepon, PAM, dan pembayaran gaji guru.

Koperasi itu memberikan kesempatan akses pembiayaan mulai dari Rp 500.000-Rp 20 juta dengan jangka waktu pembiayaan 1-24 bulan melalui sistem bayar angsuran harian, mingguan, dan bulanan. (T.Dw/ysoel/kominfo)

Redaktur: Hendra

Keyword: , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (14 orang menilai, rata-rata: 8,36 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • http://azzamudin.wordpress.com wadiyo

    Semoga bisa di tiru oleh komponen umat Islam yang lain,Mari kita tingkatkan kualitas umat Islam sehingga menjadi modal dalam rangka menegakkan agama Alloh.

    • Wahyuto sardono

      yg penting berjalan dgn baik dan ditangani oleh orang2 yg amanah

  • eko

    Subhanallah…kami sgt tertarik dan ingin belajar banyak ttg bmt dm…kalo diperkenankan kami ingin kunjungan kerja…spy kmi dpt mengambil ilmu d menerapkan di sumatera u mengurangi yg ribawi

  • nur edy

    Subhanaallah… inilah harapan pembangun peradaban, kami ingin belajar mengelola BMT syariah yang ada di cibubur tersebut bisa kontak siapa, kamimemiliki visi yang sama untuk memberdayaan masyarakat khususnya di semarang dan sekitarnya…
    Takmir Masjid kampus Universitas diponegoro.,

  • yono

    Subhanaalloh …patut di tularkan ke daerah-daerah ( tingkat kabupaten) agar masyarakat lebih mandiri hidup lebih baik dari sekarang …amien ya robbal alamin ..

  • pristiana

    saya kira perlu di pertimbangkan lagi BMT percontohannya, modal 185jt dalam dua tahun perkembangan asset nya cuma 2,28 milyar.dengan 500 anggota baru.
    saya pernah dengar ada BMT di daerah Wlingi Blitar Jatim didirikan januari 2009 dg modal awal cuma 18jt kini assetnya per november 2009 sudah 500 jt lebih dengan 400 anggota baru. NPL cuma 0,2 %. coba dicek bos ke dinas koperasinya..

  • fitri Ariyani

    saya sangat bangga dan salut atas prestasi yang anda raih karena hanya dengan modal sedikit dalam waktu singkat anda dapat mengembangkan usaha tersebut dengan prestasi yang luar biasa sungguh sangat fantastis. suport for koperasi syariah maju terus. mohon berbagi ilmunya. thanks

  • http://www.facebook.com/people/Fauzi-Dt-Pardano/100001227433095 Fauzi Dt Pardano

    inilah salah satu koperasi syariah percontohon

Iklan negatif? Laporkan!
58 queries in 1,236 seconds.