Topic
Home / Berita / DDII Lakukan Kaderisasi Dai

DDII Lakukan Kaderisasi Dai

dakwatuna.com – Jakarta, Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII) terus melakukan kaderisasi dai yang nantinya disebar ke seluruh Indonesia. Selain itu, DDII juga terus melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas dai. Ini ditegaskan oleh Adian Husaini, Ketua DDII dalam perbincangan dengan Republika di Jakarta, Jumat (13/11).

”Tantangan ke depan yang kita hadapi akan semakin berat, terutama menghadapi arus globalisasi,” tandas Adian. Untuk itu menurutnya perlu peran dai-dai yang mumpuni untuk memberikan pembelajaran dana pendidikan keagamaan pada umat Islam di Indonesia. Karenanya, DDII memberikan sejumlah pembekalan kemampuan pada para dai dalam masa kaderisasi dan pendidikan da’i. ”Antara lain kami memberikan penidikan agar mereka mampu untuk berorasi, menulis, berorganisasi serta berkemampuan tinggi dalam hal pemikiran-pemikiran keagamaan,” tambahnya.

Salah satu program kaderisasi ini adalah melalui pendidikan S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Muhammad Natsir. ”Setiap angkatan ada sekitar 30 hingga 40 mahasiswa dan ini berlangsung terus berkelanjutan tiap tahun,” katanya.

Selain itu menurut Adian, sejumlah dai juga disekolahkan S2 dan S3. ”Kami bekerjasama dengan Baznas. Jadi mahasiswa sama sekali tidak mengeluarkan biaya kuliahnya. Kami juga bekerjasama dengan Universitas Muhammadyah,” papar Adian. Saat ini dari DDII sudah ada sekitar 150 dai berpendidikan S2 yang sudah tersebar di seluruh Indonesia dan 30 dai bergelar doktor.

Dikatakan Adian, DDII juga enggelar kegiatan pendidikan atau kursus kader dakwah dengan masa pendidikan sekitar tiga hingga empat bulan. ”Setiap angkatan dari program ini diikuti sekitar 60 kader dan juga diselenggarakan setiap tahun,” ungkapnya. osa/taq/RoL

Redaktur: Samin Barkah, Lc. M.E

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kaderisasi Pemuda: Investasi Tegaknya Agama

Figure
Organization