Home / Berita / KPU Palestina: Pemilu Diundur

KPU Palestina: Pemilu Diundur

dakwatuna.com – Ramallah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palestina mengumumkan pelaksanaan pemilu yang rencananya dilaksanakan pada Januari tahun mendatang diundur waktunya.

Hanna Naser, Ketua KPU dalam konfrensi pers kemarin, Kamis (12/11) mengatakan;”Komisi akan rapat hari ini (Kamis) dan memutuskan akan menyampaikan kepada Mahmud Abbas yang menyerukan pelaksanaan pemilu bahwa komisi tidak bias menjalankan pelaksanaan pesta demokrasi itu sesuai waktu yang ditentukan oleh Abbas.”

Sebelumnya, Reuters menukil ucapan salah satu petinggi Fatah yang mengatakan bahwa KPU Palestina akan merekomendasikan penundaan pemilu yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2010. Para pengamat politik memprediksi bahwa pemerintah Otoritas Palestina (OP) akan menerima rekomendasi itu dan menunda pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden secara bersamaan.

Kantor berita Inggris itu menyebutkan bahwa petinggi Fatah yang tidak mau disebutkan namanya tersebut menegaskan bahwa “KPU akan merekomendasi penundaan pemilu karena Hamas menolak pelaksanaannya di Jalur Gaza.”

Petinggi Fatah itu menambahkan bahwa rekomendasi itu telah disampaikan kepada Abbas yang di dalam banyak kesempatan menyampaikan kesiapannya menunda pemilu jika Hamas merubah sikapnya dan setujui dengan kesepakatan rekonsiliasi.

Sebelumnya diberitakan bahwa Mahmud Abbas, Kepala OP yang berakhir masa jabatannya, telah menentukan tanggal 24 Januari 2010 adalah tanggal pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden setelah Hamas menunda menandatangani draf rekonsiliasi yang disodorkan oleh Mesir. Sementara itu Ketua Parlemen Palestina, DR. Aziz Duweik Rabu (13/11) mengatakan bahwa Hamas akan menandatangani draf Mesir itu di akhir bulan November ini. (Assiramani/ip)

About these ads

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Bersama ASPAC, UIN Syarif Hidayatullah Gelar Seminar 69 Tahun Pembagian Palestina