Home / Berita / 1000 Pohon Wahana Wisata Rohani DIY

1000 Pohon Wahana Wisata Rohani DIY

dakwatuna.com – Yogyakarta, Sebanyak 1.000 bibit pohon akan ditanam di sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), seperti diungkapkan manajer pelaksana penghijauan dan penanaman pohon Agus Madzid Purnomo, Jumat (13/11).

“Penanaman bibit pohon itu secara simbolis akan diawali di Ponpes Tradisional Roudlotul Fatihah di Kampung Santri, kawasan kaki barat Bukit Sentono, Tambalan, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul pada 17 November 2009,” katanya di Yogyakarta.

Ia mengatakan kegiatan itu sebagai upaya penghijauan di lingkungan ponpes serta wahana pencerahan jiwa dan rohani berikut elemen-elemennya yang berada di kaki bukit berikut atmosfer hijau alam pedesaan.

“Konsep wahana ini adalah sebuah kawasan bagi siapa saja bisa berkunjung dan singgah guna menghirup pencerahan jiwa dan ruhani,” katanya.

Menurut dia, kawasan wisata rohani tersebut juga berkomitmen untuk menebar manfaat bagi masyarakat dengan fitur program bermaslahat. Program yang menantang komitmen dan penting saat ini adalah penanaman bibit pohon di wahana resort wisata rohani itu, yang di sebelahnya akan dibuka jalur jalan lingkar (ring road) Bantul pada 2010.

“Penanaman pepohonan juga mendesak diprogramkan di kawasan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang berada di sisi timur Bukit Sentono,” katanya.

Ia mengatakan karakter resort dan kawasan wisata rohani tersebut didesain oleh praktisi berbagai disiplin yakni ilmu agama, arsitektur, desain interior, event organizer, dan komunikasi.

Wahana itu, menurut dia memang berbasis pesantren, namun tidak otomatis berarti primordial dan mempersempit minat pengunjung. Sesuai konsepnya resort merupakan kawasan wisata rohani yang terbuka bagi siapa saja.

“Wahana wisata rohani itu juga kami lengkapi dengan paket unik ‘momento mori’ (ingat akan mati) dengan sebuah prototipe taman makam yang nyaman kunjungan dan mencerahkan manusia dalam mengatasi beban hidup,” katanya.

Penanaman 1.000 bibit pohon tersebut merupakan kerja sama Balai Besar Bio Teknologi Departemen Kehutanan dengan komunitas Ponpes Tradisional Roudlotul Fatihah. ant/taq/RoL

About these ads

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tampilan Sistem Manajemen Aset Pesantren (Simasetpes) yang dikembangkan oleh Pesantren Virtual. (dakwatuna.com/hdn)

Pesantren Virtual Kembangkan Sistem Manajemen Aset Pesantren