Home / Berita / Menjelang Idul Adha Aktivitas Klinik Hewan Meningkat

Menjelang Idul Adha Aktivitas Klinik Hewan Meningkat

dakwatuna.com – Jayapura. Menjelang Idul Adha 1430 H yang diperkirakan jatuh pada 27 November, aktivitas para petugas pemeriksa kesehatan hewan di Klinik Hewan dan Laboratorium, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Papua mulai meningkat.

Hal itu terlihat dengan dilakukannya pemeriksaan hewan-hewan kurban oleh para petugas Klinik Hewan di sejumlah masjid di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Kepala Balai Klinik Hewan dan Laboratorium Tipe B, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Papua, drh.Benny Pantiadi di Jayapura, Rabu mengatakan hal itu menanggapi program kerja unit pelaksana teknis tersebut terkait kondisi hewan-hewan kurban yang telah dikumpulkan masyarakat dalam rangka Idul Adha, 1430 Hijriah.

“Kami sudah mulai memeriksa kondisi sapi dan kambing untuk hewan kurban di beberapa masjid di Kota Jayapura,” jelasnya.

Menurutnya, pemeriksaan tersebut merupakan agenda rutin klinik hewan menjelang Idul Adha. Selain itu, pihaknya juga menerima permintaan dari panitia penerima hewan kurban yang hampir ada di setiap masjid di Jayapura.

“Sejauh ini belum ada hewan kurban yang sakit atau tidak layak potong. Semuanya dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi,” jelas drh.Benny.

Jika ditemukan hewan kurban dalam kondisi tidak sehat, maka kami memberi rekomendasi untuk tidak dipotong. Oleh sebab itu, waktu pemeriksaan dilakukan jauh hari sebelum pemotongan, supaya ada kesempatan bagi panitia untuk mencari gantinya, imbuhnya.

Dalam pemeriksaan tersebut, klinik hewan yang mulai beroperasi sejak 2003 silam ini didukung empat dokter hewan dan enam mantri hewan.

Drh.Benny mengatakan, klinik hewan menerima permintaan pemeriksaan hewan secara cuma-cuma ke semua daerah yang belum memiliki tenaga medis atau fasilitas laboratorium yang memadai.

“Hal ini penting untuk mendapatkan daging yang ASUH yakni asli, sehat, utuh dan halal,” ujarnya.

Sejumlah masjid di Kota Jayapura mulai membuka penerimaan hewan kurban dari masyarakat menjelang Idul Adha, 10 Dzulhijjah, 1430 Hijriah yang perkiraannya jatuh pada 27 November mendatang. (ant)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Program layanan Infaq Qurban melalui GO-TIX, Kerjasama RZ dan Go-JEK. (bigsmile Indonesia)

RZ Bersama GO-JEK Luncurkan Layanan Infaq Qurban

Organization