Home / Berita / Mahasiswa IPB Temukan Mikroba Penyubur Tanah

Mahasiswa IPB Temukan Mikroba Penyubur Tanah

dakwatuna.com – Bogor, Ali Zum Mashar, seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), berhasil menemukan mikroba yang dapat mengembalikan kondisi kesuburan tanah. Berkat penemuannya tersebut, Mahasiswa S3 program studi Ekonomi Sumber Daya Lingkungan ini memperoleh penghargaan Hak kekayaan Intelektual Luar Biasa tahun 2009.

Mikroba yang diberi nama BIOP 2000Z ini, kata Ali, mempunyai prinsip kerja yang cukup unik. “Mikroba ini dapat mencari dan menemukan potensi tersembunyi yang ada di dalam tanah. Jadi kayak google (mesin pencari situs di internet, red) gitu,” ucapnya kepada wartawan, Kamis malam (29/10).

Dengan memberdayakan mikroba ini, ujar Ali, tanah yang berpasir pun dapat disuburkan. “Segala jenis tanah dapat disuburkan kembali. Meskipun tanah itu tanah bekas tambang, tanah berpasir, atau tanah gambut,” katanya.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi tanah-tanah tersebut pun, ujar Ali, terbilang cukup singkat. Jika dengan menggunakan metode konvensional, sebidang tanah bekas tambang membutuhkan waktu tak kurang 30 tahun untuk subur kembali, tak demikian jika menggunakan mikroba ‘google’ ini. “Untuk tanah bekas tambang, hanya butuh 3 tahun untuk mengembalikan kondisi tanah menjadi subur kembali,” jelasnya.

Hal ini, kata Ali, sudah pernah diujicobakan di daerah Kerengpangi, Kalimantan Tengah. Dengan menggunakan 3 liter mikroba untuk tiap hektarnya, Kerengpangi yang merupakan tempat penambangan emas dapat disuburkan kembali. Sedangkan untuk tanah berpasir, membutuhkan waktu yang lebih singkat. Dengan menggunakan mikroba sebanyak 8 liter per hektarnya, untuk mengembalikan kesuburan tanah hanya butuh waktu 3 sampai 4 bulan. ”Dengan pemakaian mikroba ini, juga dapat menghemat pemakaian pupuk,” cetus Ali.

Lebih jauh Ali menuturkan, setiap tanah pasti mempunyai keunggulan masing-masing. “Pasti ada, tak mungkin tidak,” kata dia. Ditambah lagi, kondisi iklim tropis di Indonesia. Dengan adanya iklim tropis, semakin menambah potensi kesuburan tanah yang ada di Indonesia.

Ali mengatakan, penemuan mikroba ‘google’ ini terjadi pada tahun 2000 di lahan gambut di Kalimantan. Ali yang juga pernah bertransmigrasi ke Kalimantan ini mengatakan, mengenai efek samping dari pemakaian mikroba ini, hanya meningkatkan kesuburan tanah. ”Tidak ada efek negatif dari pemakaian mikroba ‘google’ ini,” jelasnya.

Tak hanya menyuburkan tanah, ujar Ali, beberapa pengujian telah membuktikan terdapat peningkatan produktivitas tanaman pertanian. Alumni S1 pertanian Unsoed Purwokerta Jawa Tengah, ini mengatakan mikroba tersebut telah diuji di beberapa tanaman, antara lain adalah kedelai dan jagung.

Saat ini, ungkap Ali, mikroba ini telah berhasil merambah pasaran dalam negeri dan luar negeri. “Petani di Jawa Timur dan Jawa Tengah telah banyak yang menggunakan mikroba ini,” katanya. Tak hanya itu, Malaysia dan Australia turut mengimpor mikroba ‘google’. Saat ini, mikroba ‘google’ ini dipasarkan oleh PT Alam Lestari sebagai fabrikator induk.

Tak membutuhkan lama bagi Ali untuk mematenkan mikroba ‘google’ miliknya ini. Saat ini, mikroba ‘google’ telah mendapatkan empat lisensi paten dari WIPO, sebuah lembaga paten yang berdomisili di Swedia. “Teknologi turunan dari mikroba ini juga akan kami patenkan,” tegasnya. c13/eye/RoL

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (22 votes, average: 9,18 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • wah luar biasa ini, kalau ini sudah terbukti kan bisa mengembalikan kesuburan tanah kita artinya kita tidak akan menjadi miskin lagi,

  • Abu Abdullah

    Assalamu’alaykum, Kami turut bergembira dengan prestasi yang telah dicapai oleh salah satu putra bangsa Indonesia, namun ada pertanyaan sedikit tentang nama dari penemuan di atas, yaitu BIOP 2000Z. Dari links :
    http://www.deptan.go.id/pesantren/bsp/puk_pest/Data/Pupuk/nama_puk.htm

    dengan nomer urut 25, PT alam lestari telah mendaftarkan ke deptan th 2001. Mohon confirmasinya apakah product tsb sama dg yg tercantum di deptan atau kebetulan namanya saja sama?
    Jazakumullah khayr sebelumnya…

  • Subhanallah, Selamat atas penemuan mikroba google yang telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, kiranya hal ini perlu dipertimbangkan untuk dimanfaatkan secara intensif pada program transmigrasi. Semoga dengan penemuan dan pemanfaatan mikroba jenis ini dapat mempercepat kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dan bangsa Indonesia.Terima kasih bapak Ali Zum.
    Salam A. Aziz Rifa’i M.

  • aliy

    kirim dong. aku pengen banget di daerah aku banyak tanah yang tidak berfungsi setelah penggalian batu bara…
    alamat aku:
    Kp. Cimuli
    Desa Mekarmanik
    kecamatan bojongmanik
    kabupaten lebak kota rangkasbitung
    provinsi banten
    negara indonesia
    kode pos : 42363
    no. Hp. 081905481692
    berapa harga perliternya ya?

  • Udin

    Alhamdulillah,…sy praktisi pertanian kota. boleh sy minta bantuan untuk mendapatkan mikroba tersebut gimana caranya…?

  • Koko Thorjo

    AssWrWb, Puji Syukur atas penemuan Mikroba penyubur tersebut. Artinya bumi yang semakin gersang bisa jadi subur dan potensial kembali, ….. terkutuk tuh orang-orang yang merusak bumi kita

  • Abu Hantaz

    Assalamu’alaikum, wr,wb.
    Subhannallah, ini terobosan luar bisa. Redaksi Dakwatuna Bisa tolong Alamat Kontak Person PT.Alam Lestari. Mohon ditanggapi. Jazakumullah atas bantuannya.

    Wassalamu’alaikum wr,wb.

    Abu Hantaz.

  • Alhamdulillah. Semoga bangsa kita kembali berjaya di bidang pertanian. Sehingga, tidak semua produk pertanian varietas unggulan berbunyi “Bangkok” atau “Manila”. Selamat. Dan, sukes!

  • sabdi priyono

    Alhamdulillah,…sy praktisi pertanian kota. boleh sy minta bantuan gimana caranya untuk mendapatkan mikroba tersebut …?

  • meimanto

    Mohon informasi kalau mau membeli dimana ya? dan harga per liter berapa? karena saya akan mengembangkan perkebunan rakyat untuk ditanami pohon fast growing species, saya alamat: di Rukan Manhattan Jl. Alteri Kelapa Dua No. 28 A, Kelapa Dua Sasak, Kebon Jeruk Jakarta Barat

Lihat Juga

Ritual agama Hindu yang diselenggarakan di Emirat Arab. (islammemo.cc)

Diizinkannya Pembangunan Kuil Hindu di Emirat, Apakah Pertanda Berhala Kembali Ke Jazirah Arab?