Home / Berita / MUI: Shalat Sekali Sehari, Baha’i Sesat

MUI: Shalat Sekali Sehari, Baha’i Sesat

dakwatuna.com – Jakarta. Majelis Ulama Indonesia menegaskan jika ada satu kelompok yang mengaku Islam kemudian meyakini bahwa shalat itu tidak perlu lima kali dalam sehari, maka aliran itu sesat dan harus dibubarkan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Fatwa MUI Ma’ruf Amin saat dikonfirmasi okezone, Senin (26/10/2009) terkait munculnya aliran Baha’i di Tulungagung, Jawa Timur.

“Sikap MUI jelas jika dia mengaku Islam kemudian melakukan praktik ibadah keluar dari yang ditentukan Islam, maka itu aliran sesat,” katanya.

Dia menjelaskan MUI telah menetapkan 10 kriteria yang menyebut satu kelompok dianggap sesat, di antaranya menyimpang dalam shalat lima waktu, tidak mengakui Muhammad SAW sebagai nabi, dan penyimpangan ibadah puasa.

Sementara aliran Baha’i meyakini bahwa shalat cukup sekali dalam sehari, itu pun tidak menghadap Kakbah, namun sebuah gunung di Israel bernama Caramel. Dalam praktik puasa Ramadan mereka hanya puasa 17 kali dalam sebulan. Selain itu, mereka juga memiliki surat nikah dan KTP sendiri.

Aliran Baha’i sudah berkembang cukup lama, khususnya di daerah Tulungagung. Kini aliran yang meyakini bahwa Muhammad Husain Ali sebagai nabi mereka itu telah memiliki sekira 150 pengikut. (ton/oz)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • APA ITU BAHA’I MEMBUAT PENASARAN UMMAT, KELOMPOK SATU SAJA BELUM SELESAI MENCUL YANG BARU LAGI JANGAN-JANGAN ?

  • nur indah

    Masya Allah shalat koQ cuma 1 kali, gmana ini???/

  • Nilam Kuswanti

    sholat cuma sekali? hmm… gimana dg yg gak pernah shalat?

  • siti aminah

    Na’udzubillahi min dzalik,semoga Allah senantiasa membimbing kita dalam jalan yang benar dan mengindarkan kita dari kesesatan..amiin..

  • aziz

    ya iyalah..enak banget sholat cuma sekali mang nenek moyang lo yang bikin aturan.yang lima kali sehari aja belum tentu masuk syurga langsung ape lagi yang cuma sekali.

Lihat Juga

Ketua Umum MUI Kiai Ma'ruf Amin bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (liputan6.com)

Idul Fitri 1437 H Dinilai Sebagai Momentum Perkuat Ukhuwah Islamiyah