Topic
Home / Berita / Abbas Tak Bisa Selenggarakan Pemilu Sepihak

Abbas Tak Bisa Selenggarakan Pemilu Sepihak

Musa Abu Marzuq, PhD.dakwatuna.com – Gaza, Dr. Mussa Abu Marzuq, wakil kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Hamas, menegaskan bahwa Mahmud Abbas tidak bisa menyelenggarakan pemilihan umum secara sepihak di Tepi Barat. Semua yang dia katakan mengenai hal ini adalah untuk menekan Hamas.

Hal tersebut disampaikan Abu Marzuq dalam pernyataan yang disiarkan televisi “Al-Arabia”, Selasa (20/10). Dia mengatakan, “Kalau Abu Mazen salah dan penyelenggaraan pemilu maka Hamas akan memiliki pilihan-pilihan yang akan diumumkan pada waktunya.”

Berkenaan dengan proposal Mesir, wakil kepala Biro Politik Hamas  ini menyatakan bahwa proposal Mesir memerlukan dialog lebih lanjut; untuk mengoreksi penghapusan hal-hal yang telah disepakati antara Hamas, Fatah dan mediator Mesir. Dia mengatakan bahwa jika hal-hal yang telah dihapus dikembalikan – seperti yang terjadi sebelumnya – pastilah Hamas akan menandatanganinya sebelum tanggal 25 bulan ini.

Dia mengatakan, “Tidak ada salahnya dilangsungkan dialog tambahan selama beberapa minggu; untuk mencapai kesepahaman seputar apa tidak tercantum dalam proposal rekonsiliasi.” Dia menambahkan bahwa gerakan Hamas tidak menempatkan dirinya sebagai tandingan bagi Mesir. Namun Hamas tidak bisa menyetujui proposal dalam formulanya yang sekarang karena tidak adil.

Dalam konteks yang lain, Abu Marzuq menjelaskan bahwa “Laporan Goldstone” tidak mengecam Hamas telah melakukan kejahatan perang. Tetapi laporan itu menyebut Hamas dalam dua poin: pertama bahwa faksi bersenjata Palestina menembakkan roket, ini menuduh semua faksi, termasuk gerakan Fatah. Dan kedua bahwa Hamas, dituntut melakukan penyelidikan. Dia mengatakan bahwa gerakannya menyatakan telah menanggapinya melalui pembentukan komite penyelidikan. (seto/ip)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 9.67 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization