Home / Berita / Mahasiswa Aceh Tolak Pemilihan Putri Indonesia

Mahasiswa Aceh Tolak Pemilihan Putri Indonesia

dakwatuna.com – Banda Aceh. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), melakukan aksi menetang terpilihnya Qary Sandioriva, wakil dari Provinsi Aceh, sebagai Putri Indonesia 2009.

“Aksi ini bentuk keprihatinan kita sebagai mahasiswi muslim, bahwa keikutsertaan Qory tidak sesuai dengan nilai-nilai islami yang dijunjung tinggi di daerah Aceh,” kata Koordinator aksi, Shinta Nelsa, Minggu.

Dalam aksinya KAMMI meminta gubernur Provinsi Aceh, Irwandi Yusuf, mencabut restu keikutsertaan Qory Sandioriva yang mewakili provinsi paling barat di pulau Sumatera itu dalam ajang pemilihan Putri Indonesia 2009.

“Kita minta kepada Gubernur untuk menarik kembali izin serta restunya atas perwakilan Aceh dalam ajang pemilihan itu,” katanya.

Sebagai provinsi yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, KAMMI menilai Qory justru telah menodai kaidah Islam yang selama ini telah mengakar di provinsi yang berjulukan Serammbi Mekah itu.

“Ini dapat melunturkan citra povinsi Aceh yang menerapkan syariat Islam,” katanya.

Qary Sandioriva, perwakilan dari Provinsi Aceh akhirnya dinobatkan sebagai Putri Indonesia 2009. Ia menyisihkan 38 finalis lain dari 33 provinsi.Untuk pertama kalinya, wakil dari Provinsi Aceh terpilih sebagai Putri Indonesia.

Qary lahir di Jakarta 18 tahun silam. Ia masih duduk di semester satu Sastra Perancis Universitas Indonesia. Qary merupakan putri kedua dari Fariawati, mantan calon anggota legislatif Aceh dari Partai Golkar.

Dalam ajang yang diselenggarakan di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Jumat (9/10) malam, Qary memikat hari para juri dan mampu mengalahkan dua pesaing yang masuk tiga besar. Dia berhasil menyisihkan Zukhriatul Hafizah dari Sumatera Barat (Runner-up I), dan Isti Ayu Pratiwi dari Maluku Utara (Runner-up II). (ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (10 votes, average: 8,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • nurul

    gubernur nya disuruh Taubat.., kok bisa kecolongan gitu…,
    di khawatirkan dengan keberanian Qory tuk mengikuti ajang tsbt dan mrasa bersykur atas perjuangannya MELEPAS JILBAB…, akan berdampak bruk bagi ACEH.., dmpk Utama.., Datangnya Murka ALLAH

  • anas

    Mestinya kebijakan pemberian ijin atau restu kepada Qory itu dikaji ulang lagi. Padahal propinsi NAD menerapkan hukum islam di sana wanita diwajibkan memakai jilbab. kenapa justru diberikan ijin wanita mengikuti ajang pamer aurat. Pejabatnya suruh mempelajari peraturan daerahnya lagi. toh selama ini putri-putrian itu tidak dapat menyelesaikan permasalahan dalam atau luar negeri.

  • dani

    Astaghfirullohhal’adzim….murka Alloh akan datang untuk orang2 yang mendurhakaiNYA. Jilbab bkn hny masalah kewajiban, tp jg harga diri bg seorg wanita …..

  • li2

    Astagfirlloh………….. mudah2an Qori baca pesan kami. Sbg wanita Indonesia dan MUSLIMAH INDONESIA, Hanya mengingatkan, coba deh dilihat lagi surat AN-NISA. Sungguh Alloh SWT telah memuliakan seorang wanita, hingga Dia membuat surat khusus untuk kaum perempuan

  • Risma

    Muslimah aceh ga mungkin kayak qory,dia mah cuma ngaku2 aja orang aceh,ngaku orang aceh kok ga ngerti tentang adat dan budaya aceh,yg jelas2 menggunakan undang2 syariat islam..

  • Karim

    Setuju dengan Risma, sudah tahu ga th tentang kebudayaan dan jg undang2 Aceh, tapi ko bisa menang ya….ANEH

  • Annaufa

    Sesungguhnya Allah tidak tidur…
    Jangan sampai murka Allah diturunkan hanya karna kesalahan satu atau beberapa orang saja. Mudah-mudahan kita tidak hanya bisa berkomentar dan menjelek-jelekkan saja tapi juga mendoakan akan seluruh Muslim dan Muslimah di Indonesia bisa sadar dan berubah.

  • sunaryo

    sebetulnya buka hanya pesertanya saja yang dilarang larang tetapi semua perbuatan maksiat dinegeri ini harus diberantas habis sampai keakar-akarnya semoga Alloh meridhoi perjuangan orang-orang beriman yang ikhlas dan berani amin

  • sunaryo

    marilah kita berbuat yang maslahat, manfaat jangan yang sia-sia dan bodoh pakai ikut putri-putrian yang tidak jelas kegunaannya bagi perjuangan Islam kalu bisa lomba putri soleha yang berbakti pada Alloh orang tua dan bisa memberi solusi kepada masyarakat atau lomba putra dan putri solusi untuk kebaikan manusia ingat kita punya tanggung jawab untuk memberi contoh yang baik dan teladan yang berguna jangan yang sis-sia semoga Alloh memberi rahmat kepada yang membaca ini dan saya diampuni kesalah

  • sunaryo

    wahai puteri-puteri yang disayangi Alloh dan kedua orang tua berbuaaaaaaatlah yang dapat membanggakan Islam dan kedua orang tuamu jangan yang membinasakan kamu semoga aaaaaamin

Lihat Juga

Ketua Harian KNRP, Caca Cahayaningrat dalam acara penutupan Safari Ramadhan. )KNRPMedia)

Safari Ramadhan KNRP, Wujud Dukungan Rakyat Indonesia untuk Palestina

Organization