Home / Berita / Bank Syari’ah Baru Akan Berdiri

Bank Syari’ah Baru Akan Berdiri

dakwatuna.com – Jakarta, Saat sejumlah bank mengumumkan akan membentuk bank syariah di tahun lalu diperkirakan bank-bank syariah baru tersebut akan dapat beroperasi di tahun ini. Namun hingga saat ini Bank Indonesia belum mengeluarkan izin bagi bank syariah.

Menurut Ketua II Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Sofyan Syafri Harahap, keterlambatan tersebut terjadi karena adanya pergantian pucuk pimpinan Bank Indonesia setelah Gubernur BI sebelumnya, Boediono terpilih menjadi wakil presiden. “Karena adanya pergantian pucuk pimpinan itu maka akhirnya juga terpengaruh terhadap keputusan internal di BI, sehingga berdampak pula terhadap industri perbankan syariah,” kata Syafri kepada Republika, Kamis (8/10).

Padahal, tambahnya, pelaku perbankan tampak sudah antusias menyiapkan pendirian bank syariah. Sofyan mengungkapkan pasar perbankan syariah yang tumbuh cukup baik serta populasi penduduk Indonesia yang mayoritas muslim menjadi pemicu bagi pelaku perbankan untuk mengembangkan industri keuangan syariah.

Saat krisis ekonomi global, kata guru besar Fakultas Ekonomi Trisakti ini, industri perbankan syariah mencuat. Apalagi saat kasus Bank Century terjadi hal itu juga menjadi momentum bagi bank syariah untuk terus maju. “Saya yakin hal seperti Bank Century tidak terjadi di bank syariah karena perbankan syariah benar-benar berhati-hati dan asal BI juga benar-benar dalam pengawasannya,” ujar Sofyan.

Sebelumnya diperkirakan dengan hadirnya bank-bank syariah baru di tahun ini pangsa pasar dapat mencapai sekitar tiga persen. Namun karena sejumlah BUS baru ditargetkan akan muncul di awal 2010, Sofyan menuturkan pangsa pasar perbankan syariah maksimal mencapai 2,5 persen tahun ini. Sebelumnya di 2008 industri perbankan syariah ditargetkan dapat mencapai pangsa pasar lima persen dari industri perbankan konvensional. gie/kpo/rep

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 8,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (financialounge.com)

Bank Syariah Harus Optimalkan Fintech