Home / Berita / Harga Emas Naik, Dinar Makin Berkibar

Harga Emas Naik, Dinar Makin Berkibar

dakwatuna.com – TOKYO, Harga emas makin kinclong. Logam mulia kembali membukukan rekor harga tertingginya dalam tahun ini. Tercatat, harga emas mencapai 1.050 dolar AS per ounce (31 gram) di pasar spot.

Harga emas di pasar berjangka, untuk pengiriman Desember 2009 sudah naik satu persen, mencapai 1.054 dolar AS per ounce. Investor di pasar komoditas terus memburu emas. Mereka mengalihkan investasinya setelah melihat peluang meraih untung di pasar mata uang dolar AS masih buram.

Selama sembilan bulan terakhir, harga emas sudah naik 20 persen. Sementara beberapa pekan terakhir dolar AS terus merosot dibanding produk investasi lainnya.

Ancaman inflasi tinggi, akibat stimulus ekonomi, juga mendorong investor memborong emas. ”Investor terus membeli emas karena belum ada perbaikan nilai dolar AS. Emas mereka jadikan alat lindung nilai,” kata Adrian Koh, analis dari Phillip Futures Singapura.

Selanjutnya, pergerakan harga emas yang di atas angin akan diuji oleh pengumuman tingkat bunga di bank sentral eropa. ”Investor sedang menunggu dan mencermati betul pergerakan suku bunga,” kata Koh.

Uniknya, meski harga emas sedang tinggi-tingginya, pengamatan di pasar riil emas belum menunjukkan kenaikan. Ronald Leung, direktur Lee Cheong Gold Dealers Hong Kong, mengklaim belum ada lonjakan penjualan emas.

”Masyarakat belum mau menjual emas mereka di harga ini. Mereka masih menunggu pergerakan harga yang lebih tinggi,” kata dia.

Informasi yang beredar di investor, harga emas memang bisa kian mengilap. Bila sekarang masih di level 1.050 dolar AS, bisa melejit sampai 1.600 dolar AS per ounce.

Pergerakan harga emas juga dipengaruhi permintaan India. Para pialang komoditas Singapura dan Hong Kong melihat lekat-lekat permintaan pasar India dengan penduduk nomor dua terbesar di dunia itu.

ndia saat ini memegang rekor untuk permintaan emas terbesar di dunia. Sebesar 20 persen permintaan internasional emas datang dari negara Hindu itu. Ada momen-momen tertentu seperti festival keagamaan yang mendorong masyarakat India memborong emas

”Emas akan kembali cetak rekor, jadi investor ambil sikap hati-hati,” kata seorang pialang emas. Jika emas harganya kian naik, maka uang dinar pun akan berkibar dengan sendirinya. Kapan Dinar Emas bisa menjadi mata uang dunia kembali? (reuters/evy/itz/rep)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 8,13 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Elin

    Semoga Dinar segera berlaku untuk mata uang dunia, kemerosotan dollar akan membawa hikmah bagi penggunaan Dinar.

Lihat Juga

sigit parung eksterior tahap 2 VIEW 5

Ingin Renovasi Rumah Tapi Takut Biayanya Membesar, Bagaimana Solusinya?