Home / Pemuda / Kisah / Apel Haram

Apel Haram

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Cerita ini dari Mesir. Pencerita bilang dia lagi shalat tahiyatul masjid, khusu’nya keganggu oleh bau asep rokok yang kuat banget, setelah salam dia tahu dimana asal bau itu, dari orang yang bibirnya saja item karena rokok. Dia ngomong ke dirinya, “nanti selesai solat gue mao ngomong ama tuh orang.” Tapi ngedadak ada anak kecil sembilan taunan umurnya masuk mesjid, duduk disamping perokok itu. Dan si anak itu mencium bau asap rokok juga, kemudian mereka terdengar ngobrol.
Anak: Assalamu’alaikum paman, paman orang mesir?
Perokok: ya betul aku orang mesir.
Anak    : Paman kenal Syeikh Abdul Hamid Kisyk?
Perokok: ya kenal.
Anak    : Paman juga kenal Syeikh Jaad al-Haq?
Perokok: ya kenal juga.
Anak    : Paman juga kenal Syeikh Muhammad al-Ghazali?
Perokok: ya aku juga kenal.
Anak    : Paman pernah dong mendengar pendapat dan fatwa-fatwa mereka?
Perokok: ya dengar juga.
Anak    : Mereka itu ulama dan syeikh yang berkata bahwa rokok itu haram, kenapa paman menghisapnya??
Perokok: Ngga, rokok ngga haram.
Anak    : Haram paman, bukankah Allah mengharamkannya: وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الخَبَائِثِ  (Allah mengharamkan yang buruk-buruk bagi kalian) apakah paman waktu ngerokok baca bismillah dan baca alhamdulillah waktu selesainya??
Perokok: Ngga, rokok ngga haram, mana ada ayat al-Quran yang berbunyi وَيُحَرِّمُ عَلَيْكُمُ الدُخَانَ  (Allah mengharamkan rokok bagimu).
Anak    : Paman, rokok itu haram seperti haramnya apel!!!
Perokok: (sambil marah) Apel haram!!! Bagaimana kamu bisa menghalalkan dan mengharamkan itu.
Anak    : Coba paman tunjukkan ayat وَيُحِلُّ لَكُمُ التُّفَاحَ  (Allah menghalalkan apel)!
Perokok itu sadar diri dan diam, ngga keluar lagi kata-katanya, seterusnya dia nangis dan waktu solat juga dia nangis. Sehabis solat perokok itu deketin si anak kecil, sang da’i yang nyadarin dirinya, terus janji, “nak, paman berjanji kepada Allah tidak akan ngerokok lagi sampai akhir hidup paman.”

About these ads

Redaktur: Samin Barkah, Lc., ME

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (271 votes, average: 9,17 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Kodar Slamet, SPd
  • Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Menurut saya, cerita ini cukup menarik tapi tidak logis (afwan). Sang perokok dari cerita itu kelihatannya sedikit banyak tahu agama, tapi menghadapi “hujjah” yang keliru dari seorang anak kecil usia 9 tahunan malah mengaku salah.
    Haramnya rokok sangat tidak tepat jika menggunakan dalil analogi “haram”nya apel. Apel halal karena memang “al-ashlu” nya halal, jadi ngak perlu dalil khusus…

    Semoga bisa dipahami.

    Wallahu a’lam.l

    • Elan

      berarrti rokok jg gt dong,,gk perlu dalil khusus keharammannya. yg pasti haram kn.

  • yoga girisagara

    hak menetapkan hukum Halal atau haram adalah haq Allah (Mulkussamawaati wal ardh) dan RasulNya (Pemimpin Daulah Islam). aku dan kalian semua cuma bisa berpendapat, yang perlu aku ketahui dan mungkin kalian adalah argumentasi yang bersih tidak emosional, dan tentunya semata karena ketundukandiri pada Al-Kaliq.

  • maksud dari cerita itu apa ya?

    • emtezet

      Maksud cerita ini jelas: Rokok adalah haram ;-)

  • juns

    to m. syahrul murrajab:
    di era sekarang ini paham materialisme dah menjadi virus yang sudah merusak jaringan ummat tidak terkecuali orang2 yang katanya banyak ilmunya seperti orang yang dalam cerita diatas. paham ini telah membuat ummat hanya percaya kepada dengan yang instan dan langsung bisa dilihat. ketika perokok itu tidak melihat langsung wujud pengharaman rokok maka dia berfikir maka rokok tidak dilarang dan diperbolehkan. tp hidayah tdk dpt dipungkiri bs sj dr seoarang anak kecil.

  • Amir Zainuddin

    Cerita yang bagus. Karena Sang Pereokok meminta dalil Qur’an tentang halanya rokok, maka Sang Anak yang cerdas dan berani itu minta dalil tentang halalnya apel. Sangat logis dan sungguh mengena !

    • itu tidakbisa dijadikan hukum, haram disini tidakbisa disamakan dengan arak. klopun memang haram kenapa tidak ditutup saja pabriknya biar tidak ada yng merokok.*usul

      • dedi wahyudi

        penutupan pabrik rokok sudah menyentuh ranah hukum indonesia yang masih menggunakan thagut :) kecuali negara ini negara islam

  • zildzane salpha agusta

    pada intinya manusia di muka bimi ini saling mengingatkan dalam hal kebaikan…………..sadar atau tidak sifat setan dan malaikat kita miliki,……..maka manusia lebih tinggi derajatnya………tinggal pilih aja mau ikut makhluk yang mana………………coy

  • desfa

    semua kita tau bahwa merokok ini dapat merusak kesehatan dan tidak baik tapi kami juga belum bisa mengatakan merokok itu haram, krn apa bila rokok sudah menjadi kebutuhan bagi seseorang toh itu menjadi obat bagi mereka, kemudia makanan yg kita katakan halal tapi ketika dia menjadi pantangan krn sesuatu penyakit kenapa tdk dikatakan haram, nah dengan begitu boleh rokok dikatakan haram bagi orang-orang yang belum kecanduan rokok

  • yayatto

    coBa kita enungkaN akaN manfaaT dari rokok itu sendiri,,,
    Klo menurut kita Rokok itu B’ manFaaT coBa seButkaN
    N jikaLau tidak,,, BuaT apa diLakukan,,,
    suNgguh syeiTaN teLah memberikaN kaliaN sMua asuMsi yang mengHalaL kan apa’ apa yang syubhat,,
    namuN ketaHuilah meniggaLkan sesuaTu y9 syubhat aDalaH sangat diaNjurKan OLeh NabiULLah MuhaMMad SaW

  • abah mujahid

    Itinya rokok haram,……………

  • syaiful

    wah subhanallah.. layak diacungijempol..pengqiyasannya bagus… membuat analogi yang bisa dipahami… gak semuanya itu harus nyata dengan dalil.. memang sekarang orang hanya melihat instan aja.. padahal otak ini diciptakan untuk berfikir… dan sebenarnya pengharaman rokok itu jelas…

  • rosi

    subhanallah …. sungguh jenius.

  • ika

    subhanallah…..
    bagaimana kalo kita??
    apa yang akan kita lakukan kalo bertemu keadaan yang seperti itu??

  • aan

    klo rokok hram,knpa habib di kompleks kmi msi ngerokok????
    kan habib itu kturunannya nabi,dan se org yg beriman dan slalu berdaqwah….
    jdi intinya habib sehari”berbuat maksiat dong?????

  • Sonny

    Kenapa kita slalu bersibuk2 dgn dalil yg ktanya syubhat wlaupn sbgian jls dgn mngtkn merokok haram yg toh dosanya msh dpat trampuni olh ALLAH S.W.T.
    tpi kita tdk prnah brsha utk mngingatkn,mnjlskan,membhas dosa syirik&kesombongan manusia ataupun dosa mendzholimi orng lain scra lngsung (RIBA/korupsi)yg tlah mndarah daging ditanah air yg tercinta ini

    • kalo riba dan korupsi dah banyak dibahas, orang dah pada tahu, tingginya riba dan korupsi bukan karena orang tidak tahu, tapi karena kejahilan dan tidak takutnya mereka pada Allah. Kenapa anda bersibuk2 dengan selalu mempertanyakan setiap nasihat?

  • jj

    Pada dasarnya segala sesuatu itu adalah halal terkecuali ada dalil yang mengharamkannya.

  • us

    Para ulama dalam berfatwa tidak main2, bukan asal nyeplos. Tentu fatwa yg dikeluarkan berdasarkan telaah yang mendalam dengan kaidah2 yg syar’I serta melibatkan semua sumber yg ahli dlm bidangnya, seperti ahli fiqh, ahli hadits, tafsir, dokter spesialis, pakar kesehatan, dll… eh dengan enaknya kita membantah tanpa ilmu, sadarkah kalau qt masih jahil thd ilmu din yg begitu luas…?

  • koko

    karena banyak ulama yang merokok maka mereka tidak mau mengharamkan rokok.

    • walahhhhhhhhh ko bisa menuduh begitu… wong hukum bukan punya ulama tohhhhhhhh…

    • Maulana Wahyudi

      Perasaan MUI udah ngasih fatwa haram deh ?

  • Endar

    Apapun yang diharamkan Allah sudah ada dalam Al-Qur’an. Jangan mengharamkan sesuatu yang tidak ada aturan haram dalam Al-Qur’an karena artinya kamu tiada percaya dengan Al-Qur’an.

    • tidak semua yang haram tertulis dalam alqur’an, contoh :
      1. Daging anjing haram, padahal tidak ada satupun ayat yg mengatakan daging anjing itu haram.
      2. Narkoba haram? coba tunjukkan ayat yg mengharamkan narkoba.
      3. Alkohol haram? mana ada ayat yg bilang alkohol haram.
      Begitu pula dengan rokok, tidak harus ada ayatnya yg secara langsung menyebut rokok itu haram, tapi cukup dengan menyebut ciri-cirinya saja, antara lain : mubazir, membahayakan diri sendiri dan orang lain, membunuh diri sendiri / orang lain (secara perlahan-lahan), banyak mudhorotnya dan tidak ada manfaatnya, dll. Itu semua sdh cukup untuk menyatakan bahwa rokok itu HARAM, sama spt haramnya narkoba, alkohol, dsb. Lagipula pada waktu diturunkannya Al-Qur’an, rokok belum ada, jd bagaimana mungkin ada ayat yg secara langsung menyebut tentang rokok? Cara berpikir anda dan orang2 yg meminta ayat tentang pengharaman rokok itu sangat aneh sekali. Kalau ada orang yg tetap bersikeras MENGHALALKAN rokok, konsekwensinya dia juga harus MENGHALALKAN narkoba, alkohol, daging anjing, tikus, kucing, kecoa, lalat, dsb. Semoga anda bisa memahami ajaran Islam yang shahih, bukan berdasarkan pemahaman sendiri atau mengikuti pemahaman orang yg tidak paham dgn ajaran Islam yg sebenarnya, Amin.

  • Fauzan

    SI anak kecil cerdas dan berani. Karena keteguhan hatinya akhirnya bisa menyadarkan orang tua. subhanallah

  • muhammad

    klo rokok haram mk kolesterol juga haram, vetsin haram, naik motor haram krn memudhorotkan org lain dg asap yg lebih parah dr asap rokok,ac haram krn rusak ozon, gorengan haram krn bahaya, lemak haram bisa tinggikan trigliserida…

    • Abah

      kita harus cerdas dalam berfikir, jangan gebyah uyah (pukul rata). Yng halal itu jelas, tetapi kita harus memperhatikan aspek thoyyibah-nya. Klo berlebih-lebihan atas barang halal, tentu membawa mudhorot. Jangan kita mudah meng-generalisir sesuatu itu halal dan haram klo ilmu kita belum memadai.

    • Mas Apriadi

      Emang susah ninggalin yg haram, walaupun jelas jelas berbahaya bagi diri sendiri dan menzhalimi org lain dg asapnya

    • ketika kita makan yg ada kolesterolnya, berarti kita bukan makan kolesterolnya, tapi ada sesuatu yang bermanfaat di dalamnya, semisal daging kambing, Dalam daging kambing ada hal-hal yang dibutuhkan manusia, seperti proteinnya, begitu juga dengan makanan lain. Maka ini tidak bisa di ujug2 menjadi haram karena ada kolesterolnya. Begitu juga dg qiyas naik motor, memangnya naik motor itu dalam rumah atau di restoran, nggak kan? di jalan. Rokok itu salah satu keharamannya, karena bisa jadi orang tidak ridho terkena asapnya, dan bahaya yang ditimbulkan oleh asapnya, serta tidak ada manfaat sama sekali di dalamnya.

    • Nisa

      dalam makanan berkolesterol ada juga zat lain yg masih akan diambil oleh tubuh, dan kolesterol tidak selamanya tidak baik lo. dalam fisiologi manusia juga dibutuhkan, hanya pada orang usia atau penyakit tertentu harus dibatasi. karena makanan sekarang mengandung banyak kolesterol (banyak menggunakan minyak goreng, padahal setahu saya makanan lebih baik direbus), maka jaman sekarang yg digaris bawahi pun juga kolesterol, sehingga terkesan kolesterol selalu jahat. Apalagi lemak, lemak itu punya banyak macam, termasuk kolesterol, dan banyak lagi. Kalau tidak ada lemak manusia dan hewan bisa mati, karena tidak ada lipoprotein yang mampu mengikat protein, kelenjar minyak tidak dapat mengeluarkan minyak sehingga kulit kering, untuk energi, dan sebagainya. Banyak sekali lo manfaat lemak asal tidak berlebih, seperti dalam Islam. Nabi pun menyukai susu dan kambing, yang pastinya terdapat lemak termasuk kolesterol kan.

      Berbeda dengan rokok yang mengandung banyak zat berbahaya. Yang jika dinyalakan tidak hanya merusak tubuh penghisapnya tapi juga orang di sekitarnya. Zat berbahayanya tidak hanya satu kalau Anda mau mencari infonya, ada banyak. Dan masing-masing zat berbahaya itu tidak hanya memiliki satu keburukan. Selain itu juga tidak bermanfaat, selain alasan “menghilangkan stress” yang tidak kuat (penghilang stres banyak, tidak harus dengan sesuatu yg berbahaya untuk diri dan orang lain). Apalagi untuk sesuatu yang tidak bermanfaat seperti itu kita harus mengeluarkan uang.

      Jujur kalau vetsin saya masih kurang tau dan belum mencari tau sehingga tidak bisa berkomentar.

      Kendaraan menurut saya masih jelas kegunaannya. Meskipun jujur saya pun sangat lebih memilih negara kita dan dunia menggunakan kendaraan non motor atau jalan kaki, terutama untuk bepergian dengan jarak yang tidak jauh.

      Dan menurut saya, daripada mengharamkan AC karena merusak ozon, lebih baik mengharamkan buang sampah sembarangan.

      Maaf apabila ada salah kata dan informasi.

      • Nisa

        Dan saya tambahkan.
        Bahkan trigliserida yang Bapak cantumkan pada komentar Bapak pun punya peranan penting terhadap keseimbangan tubuh. Jika kurang bisa terjadi ketidakseimbangan juga. Apalagi jika tidak ada sama sekali. Sepertinya tidak mungkin. Allah sudah menciptakan komponen2 itu ada dalam tubuh kita, termasuk kolesterol dan trigliserida. Sehingga kita tidak dapat mengharamkan sesuatu karena adanya komponen2 itu.

        • Bambang Haryanto

          Inilah beberapa manfaat dari merokok yang tanpa sengaja saya temukan:

          Menurut Woodrow Wyatt, peneliti dari Inggris dalam artikel yang di muat di The Times (Juli 1994), orang merokok di Glasgow tidak lebih banyak dari mereka yang ada di Bournemouth (kota sebelah selatan Glasgow). Tapi ternyata angka penderita penyakit jantung di Glasgow lebih banyak dari pada di Bournemouth.

          Orang Yunani yang mendapat subsidi tembakau dari Uni Eropa, merupakan perokok terberat di dunia, namun angka rata-rata penderita kanker wanita terendah dan terendah kedua bagi pria. Demikian pula untuk penyakit jantung dan pernafasan, sangat sedikit. Hal ini di sebabkan orang Yunani banyak mengkonsumsi ikan dan minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh ganda.

          Seorang ahli THT ternama di AS mengatakan, bahwa ia menyarankan pada mantan perokok yang terserang batuk, untuk menghisap dua batang rokok sehari, dan hal itu menyembuhkan mereka.

          Dr. James Le Fanu di AS menulis: “Perokok mempunyai resiko 50% lebih sedikit terkena penyakitalzheimer (pikun), dan banyak perokok yang mempunyai perlindungan lebih banyak dari penyakit ini.” The New England Journal of Medicine tahun 1985 menulis, para perokok yang terkena kanker endometrik kandungan 50% lebih sedikit daripada nonperokok.

          Menurut artikel di Journal of The American Medical Association, penyakit kanker usus dan ulcerative, 30-50% lebih besar berpotensi menyerang nonperokok.

          The American Government’s Health and Nutrition Examination Survey, menemukan kemungkinan osteoarthritis menyerang perokok berat 5 kali lebih kecil daripada nonperokok.

          Menurut Prof. Petrus Budi Santoso, rokok bisa menolong manusia dari terkaman parkinson (sindrom yang membuat organ tubuh bergetar liar dan susah di kontrol). Sebab, dalam rokok terdapat nikotin yang dapat menghambat berkurangnya sel-sel di otak, yang mengakibatkan gangguan pada saraf. Ahli penyakit saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga itu mengaku pernah meneliti dampak nikotin terhadap parkinson pada tahun 1987. Ia meneliti 100 pria perokok dan 100 pria tak merokok, yang semuanya penderita parkinson. Mereka rata-rata berusia di atas 50 tahun. “Ternyata mereka yang perokok tidak cepat parah penyakitnya,” katanya.

          Di Inggris, pada akhir perang dunia ke dua, penderita jantung mengalami penurunan secara drastis padahal jumlah perokok waktu itu sangat tinggi.

          Selama ini rokok di cap sebagai biang kerok dari berbagai jenis penyakit horor. Para ahli kedokteran pun tidak berani membuktikan kemungkinan doktrin itu salah. Sejauh ini memang di perlukan satu studi yang seimbang dan objektif mengenai apa yang menyebabkan sakit, termasuk keuntungan dan kerugian merokok.

  • nurhasanah

    terkdang manusia membthkan rasionalitsasi u/dpt menerima sebuah larngan.

  • Luv_dipta

    bukankah semua hal adalah halal, kecuali ada ayat/ dalil yang menyatakanya lain..berarti cerita diatas gag sesuai dengan itu no….

  • M_muklis83

    haram…. perokok itu mubazir dah tau asap kok di isap-isap dan sudah tau ada tulisan merokokdapat menyebakan kangker,serangan jantung, impotensi, dan kelainan janin. memang yg di nrasakan tidak sekarang tapi parlahan-lahan… sadarlah wahai para perokok..!!!

    • haram dalam artian tidak bagus untuk kesehatan bisa masuk akal, cuma klo haram seperti arak kenapa tidak ditutup aja pabriknya??? biar seperti saya ini tidak bisa merokok

      • dedi wahyudi

        toh pabrik arak pun tidak ditutup tidak menjadikan arak itu halal :D

  • Azmi_ppdriauy

    Merokok itu menzalimi meracun orang lain, kl mau merokok merokoklah sendirian dikamar mandi atau toilet

  • klo kita dagang warung kecil dan kita menjual rokok apakah saya sebagai penjual rokok dosa? mohon penjelasannya. tks

  • wah gitu yah… aku masih suka ngeroko nih…, bingung juga… disaudi yang jual rokok ampir di setiap warung. ko ga dilarang sama polisi*mubahis* malah ada yang adu pendapat antara orang saudi sama orangsaudi juga, katanya makruh, itu orang yang tidak merokok yng bilang… apa kata anda???

    • Ahmed Rusadi

      haraaaaaaaaaaaaaaaaaaam, kalau ada orang di samping anda dan terbetik jengkel di hatinya ketika terhirup asap dari anda, maka seketika itu juga dosa mengalir pada anda.

  • DHANI WU

    selalu sj bantah-membantah. emang apa sih enaknya merokok?

  • Sayangnya para pecandu rokok brusaha mencari pembenaran agar rokok itu tidak haram..sungguh disayangkan..padahal mudharatnya sudah sgt jelas..tertulis di kotak rokok, di iklan rokok, juga setiap puskesmas & rumah sakit. & korban terbanyak justru perokok pasif (yg menghisap asap rokok)..ini dikarnakan racun dr rokok itu sudah mempengaruhi akal sehat si perokok..sampai2 membuat alasan..kalo gak ada yg merokok kasian petani tembakau..kerja apa mreka..harap diketahui..keuntungan dr bisnis tembakau 90% di nikmati oleh yg punya pabrik rokok…pekerja hanya 10%..itupun terbagi2…& juga bos salah satu perusahaan rokok pernah bilang..”saya jual rokok hanya kepada org YG BUTA HURUF ( krn si pemilik perusahaan rokok justru tidak merokok)…jadi apakah anda juga BUTA HURUF???

  • Linggo Purnomo

    sebenarnya sudah ada kejelasan antara yang hak dan yang batil ada garis lurus diantara keduanya..,dan semua komentar yang da memahami keuntungan dan kerugiannya.

  • bayu ariff

    ??????????????????????????????????…….!!!!

  • Ipey Bir Ali

    banyak omong.. masing2 AJAH

  • boim

    merokok bisa menyebabkan kita tenang

  • zz

    asap mu itu bisa mengganggu orang lain, salah satu dosa yang tidak di
    ampuni Allah SWT adalah dosa kepada sesama manusia, bayangkan jika orang
    yg terkena asap sokok pasti jengkel, nah bisa saja karena rokok
    sembarang tempat dengan alasan itu bisa juga masuk neraka

  • Mochamad Divin Ramadhan

    maksudnya apel haram itu apa yah ? saya tidak mengerti, tolong di jelaskan bagi yang mengerti.
    terima kasih sebelum nya

    • Yuni

      Maksudnya anak itu meng-analogi-kan dengan apel.. si perokok minta pembuktian haram halalnya sesuatu di Al-Quran, rokok di fatwa haram oleh ulama, tidak tercantum di Al-Quran. Sama hal nya dengan apel, tidak ada ayat Qur’an yang menyatakan apel halal, apakah berarti haram? Kan tidak, karena fungsinya menyehatkan tubuh, sedangkan rokok merusak tubuh, karena itu di fatwa haram. Si anak juga ikut2an memancing mengatakan apel haram, pdhl apel adalah halal, tapi juga tidak diatur didalam Al-quran halal atau haram. Sama halnya rokok.

      • Mochamad Divin Ramadhan

        oh begitu, terimakasih pencerahannya :D

  • Bagus Arya Senoaji

    semoga yg masih merokok (termasuk saya) mendapatkan hidayah dari ALLAH SWT untuk dapat segera berhenti dan tidak akan pernah kembali. Aamiin

Lihat Juga

Demonstrasi kecil terjadi menjelasang aksi besar tanggal 11/11/2016. (egyptwindownet)

Jelang Tanggal 11/11, Isu Demonstrasi Anti As-Sisi Menyeruak Di Mesir

Organization