Home / Pemuda / Kisah / Ketika Rasulullah SAW Memberikan Syafaat Kepada Ummatnya di Hari Kiamat

Ketika Rasulullah SAW Memberikan Syafaat Kepada Ummatnya di Hari Kiamat

biru-muhammaddakwatuna.com – Ini adalah sekelumit “kisah masa depan”, ketika seluruh manusia berkumpul di hari kiamat. Kisah ini disampaikan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya. Dalam kisah itu diceritakan bahwa Allah mengumpulkan seluruh manusia dari yang pertama hingga yang terakhir dalam satu daratan. Pada hari itu matahari mendekat kepada mereka, dan manusia ditimpa kesusahan dan penderitaan yang mereka tidak kuasa menahannya.

Lalu di antara mereka ada yang berkata, “Tidakkah kalian lihat apa yang telah menimpa kita, tidakkah kalian mencari orang yang bisa memberikan syafa’at kepada Rabb kalian?”

Yang lainnya lalu menimpali, “Bapak kalian adalah Adam AS.”

Akhirnya mereka mendatangi Adam lalu berkata, “Wahai Adam, Anda bapak manusia, Allah menciptakanmu dengan tangan-Nya, dan meniupkan ruh kepadamu, dan memerintahkan para malaikat untuk bersujud kepadamu, dan menempatkanmu di surga. Tidakkah engkau syafa’ti kami kepada Rabb-mu? Apakah tidak kau saksikan apa yang menimpa kami?”

Maka Adam berkata, “Sesungguhnya Rabbku pada hari ini sedang marah yang tidak pernah marah seperti ini sebelumnya, dan tidak akan marah seperti ini sesudahnya, dan sesungguhnya Dia telah melarangku untuk mendekati pohon (khuldi) tapi aku langgar. Nafsi nafsi (aku mengurusi diriku sendiri), pergilah kalian kepada selainku, pergilah kepada Nuh AS.”

Lalu mereka segera pergi menemui Nuh AS dan berkata, “Wahai Nuh, engkau adalah Rasul pertama yang diutus ke bumi, dan Allah telah memberikan nama kepadamu seorang hamba yang bersyukur (abdan syakuro), tidakkah engkau saksikan apa yang menimpa kami, tidakkah engkau lihat apa yang terjadi pada kami? Tidakkah engkau beri kami syafa’at menghadap Rabb-mu?”

Maka Nuh berkata, “Sesungguhnya Rabbku pada hari ini marah dengan kemarahan yang tidak pernah marah seperti ini sebelumnya, dan tidak akan marah seperti ini sesudahnya. Sesungguhnya aku punya doa, yang telah aku gunakan untuk mendoakan (celaka) atas kaumku. Nafsi nafsi, pergilah kepada selainku, pergilah kepada Ibrahim AS!”

Lalu mereka segera menemui Ibrahim dan berkata, “Wahai Ibrahim, engkau adalah Nabi dan kekasih Allah dari penduduk bumi, syafa’atilah kami kepada Rabb-mu! Tidakkah kau lihat apa yang menimpa kami?”

Maka Ibrahim berkata, “Sesungguhnya Rabb-ku pada hari ini marah dengan kemarahan yang tidak pernah marah seperti ini sebelumnya, dan tidak akan marah seperti ini sesudahnya, dan sesungguhnya aku telah berbohong tiga kali. Nafsi nafsi, pergilah kalian kepada selainku, pergilah kalian kepada Musa AS!”

Lalu mereka segera pergi ke Musa, dan berkata, “Wahai Musa, engkau adalah utusan Allah. Allah telah memberikan kelebihan kepadamu dengan risalah dan kalam-Nya atas sekalian manusia. Syafa’atilah kami kepada Rabb-mu! Tidakkah kau lihat apa yang kami alami?”

Lalu Musa berkata, “Sesungguhnya Rabb-ku pada hari ini sedang marah dengan kemarahan yang tidak pernah marah seperti ini sebelumnya, dan tidak akan pernah marah seperti ini sesudahnya. Dan sesungguhnya aku telah membunuh seseorang yang aku tidak diperintahkan untuk membunuhnya. Nafsi nafsi, pergilah kalian kepada selainku, pergilah kalian kepada Isa AS!”

Lalu mereka pergi menemui Isa, dan berkata, “Wahai Isa, engkau adalah utusan Allah dan kalimat-Nya yang dilontarkan kepada Maryam, serta ruh dari-Nya. Dan engkau telah berbicara kepada manusia semasa dalam gendongan. Berilah syafa’at kepada kami kepada Rabb-mu! Tidakkah kau lihat apa yang kami alami?”

Maka Isa berkata, “Sesungguhnya Rabb-ku pada hari ini sedang marah dengan kemarahan yang tidak pernah marah seperti ini sebelumnya, dan tidak akan marah seperti ini sesudahnya. Nafsi nafsi, pergilah kepada selainku, pergilah kepada Muhammad SAW!”

Akhirnya mereka mendatangi Muhammad SAW, dan berkata, “Wahai Muhammad, engkau adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Allah telah mengampuni dosamu yang lalu maupun yang akan datang. Syafa’atilah kami kepada Rabb-mu, tidakkah kau lihat apa yang kami alami?”

Lalu Nabi Muhammad SAW pergi menuju bawah ‘Arsy. Di sana beliau bersujud kepada Rabb, kemudian Allah membukakan kepadanya dari puji-pujian-Nya, dan indahnya pujian atas-Nya, sesuatu yang tidak pernah dibukakan kepada seorangpun sebelum Nabi Muhammad. Kemudian Allah SWT berkata kepada Muhammad, “Wahai Muhammad, angkat kepalamu, mintalah, niscaya kau diberi, dan berilah syafa’at niscaya akan dikabulkan!”

Maka Muhammad SAW mengangkat kepalanya dan berkata, “Ummatku wahai Rabb-ku, ummatku wahai Rabb-ku, ummatku wahai Rabb-ku!”

Lalu disampaikan dari Allah kepadanya, “Wahai Muhammad, masukkan ke surga di antara umatmu yang tanpa hisab dari pintu sebelah kanan dari sekian pintu surga, dan mereka adalah ikut memiliki hak bersama dengan manusia yang lain pada selain pintu tersebut dari pintu-pintu surga.”

***

Di dalam kisah ini, Rasulullah SAW juga menceritakan bahwa lebar jarak antara kedua sisi pintu surga itu, bagaikan jarak Makkah dan Hajar, atau seperti jarah Makkah dan Bushro. Hajar adalah nama kota besar pusat pemerintahan Bahrain. Sedangkan Bushro adalah kota di Syam. Bisa kita bayangkan, betapa tebalnya pintu-pintu surga itu..

Itulah sekelumit kisah masa depan ketika hari kiamat. Pada hari itu, Rasulullah SAW memberi syafa’at kepada ummatnya. Pada hari itu Rasulullah SAW menjadi sayyid (tuan)nya manusia. Shalawat dan salam kepada Rasulullah Muhammad SAW. (hudzaifah)

Maraji’ : Hadits Riwayat Bukhari – Muslim.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (324 votes, average: 9,34 out of 10)
Loading...Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

SMK Islam Terpadu Insan Toda atau yang lebih akrab dikenal dengan “Bogor Entrepreneur School” menyelenggarakan kegiatan Insan Toda Entrepreneurship Expo (ITE2) 2015 se-Bogor, Sabtu-Ahad (21-22/2/2015). (Ramadhan Aziz)

Insan Toda Entrepreneurship Expo (ITE2) 2015, “Meneladani Sisi Lain Kehidupan Rasulullah SAW”

  • s.haryono

    Subhanallah, Maha Suci Ya Allah yang telah mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai utusanNya, Ya Allah betapa kami telah bergelimang dosa di bumi Mu ini, ampunilah kami Ya Allah. Ijinkanlah kami masuk dalam golongan orang-orang yang mendapat syafaat Rasulullah SAW di hari akhir nanti, amin Ya Allah….

  • http://yahoo.com MATAHATI

    Tiada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menzalimi diri sendiri. Ampunilah kami, rahmatilah kami, ridoilah kami, dan masukkan kami ke dalam surga-Mu ya Allah. Amin.

  • Jawoto

    Subhanallah…kami belajar agama dari dakwatuna, smg siapa saja yang menyumbangkan fikiran dan mengambil manfaat dari dakwatuna sll dalam bimbingan, lindungan dan hidayah-Nya, amin. Terimakasih sdr-ku yang di dakwatuna, smg dakwahnya menjadi amal tuk bekal di akhirat nanti, amin.

  • Istanto

    Subhanallah, Maha Suci Ya Allah yang telah mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai utusanNya, Ya Allah betapa kami telah bergelimang dosa di bumi Mu ini, ampunilah kami Ya Allah. Ijinkanlah kami masuk dalam golongan orang-orang yang mendapat syafaat Rasulullah SAW di hari akhir nanti, amin Ya Allah….

  • Kh.Insan

    Subhanallah…Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad. Ya..ALLAH pertemukan hamba dengan Beliau yang paling mulia akhlaqnya, yang kami rindukan syafaatnya. Aamiin.

  • Leni Zuraida

    Subhanallah…rinduku pada RAsululullah karena kerinduanku padaMu ya Rabb.

  • inay

    subhanallah……

  • Amiruddin Ongki

    Subhanallah..smg salam & shalawat selalu terkirim untukmu y Rasulullah (Allahummasalli ala Muhammad wa’ala ali Muhammad). Golongkanlah kami kedalam ummatmu yg mendapat syafaat di Yaumil Akhir nanti.Amin Ya Rabb…

  • hamba mu

    subhanallah

  • Fenny

    Allahuakbar, Maha suci Allah SWT yang telah mengutus rasul Nya Muhammad SAW, yang baik dan sabar atas segala cobaan yang diterima oleh Rasul SAW, tidak mementingkan dirinya sendiri, rela berkorban untuk umatnya dan selalu mendo’akan umatnya yang baik-baik dan selalu mengharapkan kebaikan terhadap umatnya, semoga kita semua termasuk ke dalam golongan umatnya yang selamat di hari akhir nanti, amin.

  • fina

    Alhamdulillahirobbil’Alamiin..yang telah mengutus Rasul-Nya Muhammad SAW kepada umat Akhir Zaman…

  • http://[email protected] hamba Alloh

    aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Alloh,,,,,

  • maranai

    Allahuma Shalli Alaa Sayyidinaa Muhammad Wa Alaa Aalihii Sayyidina Muhammad.,..

  • Hamba Allah

    Rasullulah SAW akan memberi syafaat HANYA kepada orang yang BERIMAN.
    Alhamdulillah semoga kita termasuk dari umatnya yang beriman, namun alangkah bijaknya kita tidak terlalu besar hati dengan syafaat Rasullah SAW pada hari kiamat nanti,..
    ini dikwatirkan kita malah lalai dalam ibadah tetap saja orang yang tidak beriman kepada Allah apalagi menyekutukannya tentu tidak akan mendapatkan syafaat.

  • hidayat

    Rassullah Saw yg akan memberikan syafaatnya kepada kita kelak.
    oleh karna itu mari kita hidupkan & tegakkan sunah Beliau di muka bumi ini.

  • Asung Prass

    Allahu Akbar…. shalawat dan salam kami sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, dan semoga syafa’at beliau menyertai kepada kita sekeluarga diakhirat nanti Amin…..

  • iwan fitriadi

    Detak denyut jantung/termegap mematung/kelu hati terpasung/oleh hingar gemerlap dunia yg menyabung..Tiap detaknya adlh dosa/tiap denyutnya merana/sdang nafasnya kian mronta…Aduhai jiwa yg tnang/kmbalilah pd TUHAN mu/dgn menghrp sll RIDHO -Nya..Inna lillaahi wa inna ilaihi rooji’uun.

    allah huakbar,selawat dan salam kepada junjungan alam nabi muhammad saw

  • sugy

    assalamu’alaikum akhi,,, salam kenal.

    ana minta izin artikel2nya untuk share dan copy agar bermanfaat bagi banyak umat.

  • anto

    Alhmdllh.sungguh bruntng org yg mnjdi umatnya Rasulullah SAW.amin

  • kusnaeni

    Allahuma shalli alaa syaidina Muhammad.

  • SYAIFI

    SUBHANALLAH WALHAMDULILLAH WALA ILAHA ILLALLAHU WALLAHU AKBAR.. ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD.. SEMOGA KITA TERMASUK DALAM GOLONGAN UMAT RASULULLAH SAW DAN MENDAPATKAN SYAFA’AT BELIAU DI YAUMIL AKHIR.. ALLAHU AKBAR..

  • Opi

    ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD.. ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD.. ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD.. Menetes air mataku membaca artikel diatas… Sungguh tambah jatuh cinta kepada Rasulullah…

  • nama Q said

    subhanallah… Rinduku tuk MU ya kekasih allah..

  • Ezha Luphly

    SUBHANALLLAH

  • http://facebook.com.hk Nickyta

    Allahumma sholi ‘ala Muhammad!
    Ya baginda rasul berilah kami safa’atmu kelak di hari akhir… Segala puji bagi-Mu ya Allah

  • Ahmad Eko

    Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammad wa ala ali Muhammad Innaka Hammidum Majid

  • Abdul Kadir

    SUBHANALLAH. SEMOGA KITA MENJADI UMAT YANG MENDAPATKAN SYAFAAT DARI BELIAU..
    AMIIIN YA RABB

  • http://www.freeupdown.com Angga

    subhanallah… semoga kita semua mendapat syafaat Baginda Muhammad SAW di hari pembalasan kelak… amienn..

  • m.cholil

    Syafaat hanya milik Allah, tidak dimiliki oleh siapapun  ¢ 
    39/44.  Katakanlah: ”Kepunyaan Allah syafaat
    (pertolongan itu) semuanya. Kepunyaan-NYA Kerajaan Samawat dan Bumi, kemudian
    kepada-NYA kamu dikembalikan”. 

    2/136. Katakanlah: “aku beriman pada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami (yaitu Alqur’an) dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim dan ismail dan ishak dan yakub dan Asbath dan apa yang didatangkan kepada Musa dan Isa dan apa yang didatangkan kepada Nabi-Nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak memisahkan (membedakan) diantara seorangpun dari mereka dan kami Muslim untuk-NYA”.10/108.  Katakanlah: “Hai manusia, Sesungguhnya
    teIah datang kepadamu kebenaran (Al Quran) dari Tuhanmu, sebab itu barangsiapa
    yang mendapat petunjuk Maka Sesungguhnya (petunjuk itu) untuk kebaikan dirinya
    sendiri. dan barangsiapa yang sesat, Maka Sesungguhnya kesesatannya itu
    mencelakakan dirinya sendiri. dan Aku bukanlah seorang Penjaga/wakil terhadap
    dirimu”.
      default5887 {“method”:”validate”,”params”:[],”id”:2,”jsonrpc”:”2.0″}

  • Lukmanulhakim84

    allahumma sholli ala sayidina muhammad waalla aly sayidina muhammad kama sholaita ala sayidina ibrohim waala aly sayidina ibrohim.wabarik ala sayidina muhamad waala aly sayidina muhammad kama barokta ala sayidina ibrohim waala aly sayidina ibrohim fil alamiana innaka hamidum majiid,,,,,,,

  • Abu KamiL

    Shollallaahu ‘ala Muhammad..

  • ugun munawar

    allohuma sholi alasayidina muhamad

  • A-sarifuddin Mubarok

    اللهم صلى على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه اجمعين

  • Tika

    allohuma sholi alasayidina muhamad

  • galih

    allohuma sholi alasayidina muhamad

  • restu lazuardi

    Allahumma sholli ‘ala sayyidinaa Muhammad wa ‘ala ali muhammad…………..

  • Abi Nya Zahra

    yaa rasul…

  • muhammad fajar heryansah

    allah huakbar

  • Hendriyanto

    Ya Allah jangan palingkan aku dari jalan Mu dan jalan RosulMu , engkau penentu dari yang maha menentukan, masukkanlah aku dan hamba – hambamu yang lain kedalam golongan orang – orang yang akan mendapatkan syafaat dari RosulMu Amiin Ya Robbal Alamin……

  • Saleh Bin Yusuf

    Subhanallah….

  • Fikrullah Satrio Dewandaru

    “Bisa kita bayangkan, betapa tebalnya pintu-pintu surga itu..”

    Apakah maksutnya lebar pintu Syurga ? Karena tebal dengan lebar adalah berbeda.

  • yani

    Subhanallah, semoga kami semua mendapatkan syafaatnya Rasulullah SAW, diberikan kesejukan pada saat dibangkitkan dan bertemu di padang Masyar dipayungi oleh Allah SWT, Aamiin Allahumma Aamiin,…