01:48 - Senin, 21 April 2014

Indonesia Sasaran Penyaluran Zakat Muslim Australia

Rubrik: Berita | Kontributor: dakwatun - 06/09/09 | 22:21 | 16 Ramadhan 1430 H

dakwatuna.com – Brisban. Fakir miskin Indonesia bersama dengan ribuan Muslim kurang beruntung lainnya di 15 negara menjadi sasaran distribusi zakat, infak, dan sedekah (ZIS) umat Islam di Australia.

Selain Indonesia, organisasi sosial keislaman yang berkantor di Sydney dan Melbourne, “Human Appeal International” (HAI), misalnya, juga menyalurkan ZIS umat Islam Australia ke Lebanon, Palestina, Yordania, Irak, Sudan, Eritrea, Somalia, Kashmir, Bangladesh, Afghanistan, Kosovo, Bosnia, dan Sri Lanka.

Informasi yang dihimpun ANTARA di Brisbane, Minggu, menyebutkan, dalam dua Ramadan terakhir, fakir miskin Indonesia dan 15 negara lainnya itu tetap menjadi sasaran penyaluran ZIS HAI Australia.

Dua hari sebelum Ramadan 1430 Hijriah dimulai, HAI sudah menyurati para warga dan keluarga Muslim di berbagai kota di Australia, termasuk Brisbane, agar mendukung gerakan pengumpulkan zakat fitrah, hadiah lebaran bagi yatim, zakat harta, sedekah jariah, dana proyek pembuatan sumur, dan bantuan makanan bagi keluarga miskin.

Pengurus organisasi sosial ini mematok zakat fitrah per orang senilai 10 dolar Australia (setara dengan sekitar Rp83 ribu), bantuan makanan bagi keluarga miskin selama sebulan Ramadan sebesar 300 dolar, dan dana orang tua asuh bagi setiap anak yatim piatu per tahun sebesar 600 dolar.

Bagi donatur Muslim yang ingin memberikan hadiah lebaran kepada anak yatim, HAI Australia mematok nilai hadiah 20 dolar Australia, serta 500 dolar Australia untuk proyek penggalian sumur.

Organisasi sosial keislaman ini memperkirakan lebih dari 250 ribu orang Muslim di seluruh dunia memerlukan bantuan. Mereka itu antara lain berada di 16 negara yang menjadi sasaran program Ramadan HAI, termasuk Indonesia.

Di seluruh Australia, terdapat lebih dari 340 ribu orang Islam. Mereka berasal dari beragam bangsa. (ant)

Redaktur: Hendra

Keyword: , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (4 orang menilai, rata-rata: 7,25 dalam skala 10)
Loading ... Loading ...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • http://bahasacintaferry.blogspot.com ferry

    Assalamualaikum.
    semoga sistem islm segera terwujud di dunia ini,Insya Allah Zakatlah jawaban dari permasalahan kemiskinan sekarang ini.Kalo pemimpin semua negara muslim tegas dalam penerapan Zakat dan penyalurannya kemakmuran bukan impian lagi.Allahu Akbar…

  • http://www.duniafikar.co.cc Fikar

    Mudah2an ukhuwah di dunia semakin terjalin dengan baik

  • mappesangka

    Suatu solusi yg baik dr saudara kita di Australia yg peduli dg saudara-saudaranya yg miskin di negara lain. Hal ini juga sekaligus “teguran keras” buat umat Islam Indonesia agar bisa menghimpun zakat yg semestinya (zakat umat Islam Indonesia bisa melebihi APBN). Perlu kerja keras dan kerja sama yg baik dg semua pihak terkait utk dpt mengentaskan kemiskinan umat di Indonesia. Insya Allah kita bisa. Dan hal itu dimulai dari diri kita dg mengeluarkan zakat kita.

Iklan negatif? Laporkan!
52 queries in 0,930 seconds.