Home / Berita / Kanselir Jerman Desak Israel Hentikan Pembangunan Permukiman

Kanselir Jerman Desak Israel Hentikan Pembangunan Permukiman

dakwatuna.com – Berlin. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, Kamis, penghentian pembangunan permukiman Israel merupakan langkah sangat penting bagi dimulainya lagi proses perdamaian Timur Tengah dan waktu semakin mendesak.

“Kita harus membuat kemajuan dalam proses perdamaian… dan penghentian (pembangunan) permukiman sangat penting,” kata Merkel pada jumpa pers bersama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Berlin, ibukota Jerman.

“Waktu sangat penting,” tambahnya.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah menyatakan, ia hanya akan memulai lagi perundingan perdamaian dengan Israel jika pembangunan permukiman di Tepi Barat dihentikan.

Israel sejauh ini menolak seruan Presiden AS Barack Obama untuk menghentikan pembangunan permukiman agar perundingan perdamaian bisa dimulai lagi.

Netanyahu, seorang pemimpin sayap kanan yang mulai bertugas pada Maret, telah berjanji tidak membangun permukiman baru namun akan membiarkan apa yang disebutnya “pertumbuhan alami” dari wilayah-wilayah kantung yang sudah ada.

Ia menyatakan lagi bahwa ia terbuka untuk perundingan dengan Palestina.

“Saya berharap dalam satu atau dua bulan ini kami bisa memulai lagi negosiasi,” katanya.

Ia membantah telah ada kesepakatan mengenai penghentian sementara pembangunan permukiman.

Sekitar setengah juta orang Israel tinggal di sejumlah permukiman yang dibangun di Tepi Barat dan Yerusalem Timur di wilayah yang direbut pasukan Israel dalam Perang Timur Tengah 1967. Masyarakat dunia menganggap mereka sebagai penduduk ilegal. (ant/reuters)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 6,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Stadium general di aula Universitas Islam As-Syafiiyah. (aspacpalestine.com)

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General