Home / Berita / Kompetisi Roket Indonesia Dikagumi Dunia

Kompetisi Roket Indonesia Dikagumi Dunia

roket
ilustrasi peluncuran roket (detik)

dakwatuna.com – Yogyakarta, Perhelatan Kompetisi Roket Indonesia (Korindo) telah diadakan dua kali yang mengambil tempat di pantai Pandansimo, Bantul, DI. Yogyakarta. Tak disangka, ajang tersebut meraih perhatian dunia internasional, bahkan mengundang kekaguman.

“Kompetisi roket antar mahasiswa seperti ini merupakan satu-satunya di area Asia Pasifik. Jadi banyak negara yang ingin tahu dan memperhatikan even ini,” klaim Handoko, Kepala Pusat Teknologi Dirgantara Terapan Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).

Bahkan Handoko mengaku Lapan diundang untuk melakukan demo even tersebut ke beberapa negara seperti Thailand. Tak hanya itu, beberapa negara bahkan siap menjadi tuan rumah kompetisi roket antar mahasiswa dengan mengambil contoh perhelatan Korindo.

“Namun karena prosesnya ruwet, kami masih menolaknya,” tambah Handoko pada jumpa pers di Bantul, Jumat (14/8/2009).

Sedangkan pada perhelatan Korindo tahun 2009 ini, ada pula beberapa negara yang hendak mengirim perwakilan sebagai peninjau.

Menumbuhkan Cinta Dirgantara

Dengan perhelatan semacam Korindo ini, Lapan memang hendak menumbuhkan rasa cinta dirgantara pada masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda. Ini karena teknologi kedirgantaraan dinilai sangat penting artinya.

Misalnya untuk rekayasa cuaca. Negara-negara seperti China misalnya, dikatakan sudah maksimal menerapkankannya. Selain itu juga untuk keperluan militer. Namun Handoko enggan membeberkan sejauh mana pemanfaatan teknologi roket Indonesia untuk kepentingan militer.

“Pokoknya teknologi roket untuk militer ini ditujukan untuk damai dan tidak untuk ofensif,” tukasnya. (fyk/faw/detik)

Advertisements

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (23 votes, average: 9,48 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • toing

    Anak bangsa sebetulnya banyak yg berprestasi dan mampu membuat hal2 yg baru kreatif dan iniofatif namun sayangnya pemerintah tidak mengakomodasi dan diberikan fasilitas agar penemuan baru itu berkembang, jangan heran negara lain itu nantinya akan memberikan beasiswa kepada para pemuda yg menemukan roket untuk di kembangkan di negaranya, salah siapa….?

  • joko

    indonesia harus belajar sama china jagonya bikin roket dan rudal ,jangan sama bule setan yg membodohi indonesia

  • adi

    terus berkarya orang2 indonesia…..mari kita tegap kepala kita kepada dunia luar….jangan menyerah sebelum bertanding..

  • Hebat bangsaku ini Indonesia, dukung terus kemajuan teknologi roket ini…
    Salam Persahabatan sesama rocketeer…
    Sahwawi136@rocketmail.Com

Lihat Juga

Filipina Beri Lampu Hijau Indonesia dan Malaysia Perangi Bajak Laut di Perairannya

Figure
Organization