14:07 - Jumat, 25 April 2014
DR. Amir Faishol Fath

Cara Berdakwah dengan Non-Muslim

Rubrik: Konsultasi Agama | Oleh: DR. Amir Faishol Fath - 07/05/09 | 22:22 | 13 Jumada al-Ula 1430 H

DakwahPertanyaan:

Pak Ustadz, saya ingin bertanya. Bagaimana cara berdakwah yang baik dengan non muslim. Dan saya sempat mempelajari ilmu kristologi untuk beritahu mereka, bahwa kitab suci mereka mengandung banyak kesalahan. Apa itu boleh menurut Islam? Terima kasih Pak ustadz.

Soenirman, Jakarta

Jawaban:

Allah SWT berfirman, ada tiga cara dalam berdakwah kepada siapa saja, yaitu: dengan hikmah, dengan mawidzah hasanah, atau dengan dialog (ditopang alasan yang lebih baik dan lebih kuat).

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. An Nahl: 125)

Jika tidak bisa (seperti di atas), (nanti) jadi akan mengesankan negatif terhadap Islam itu sendiri. Jika demikian, ajak mereka menggunakan akalnya secara sehat. Misalnya, bahwa bila sebuah kitab suci banyak yang tidak asli, secara akal kita tidak bisa merasa aman untuk berpegang teguh kepadanya, dan seterusnya..

DR. Amir Faishol Fath

Tentang DR. Amir Faishol Fath

Lahir di Madura,15 Februari 1967. Setelah tamat Pondok Pesantren Al Amien, belajar di International Islamic University Islamabad IIUI dari S1 sampai S3 jurusan Tafsir Al Qur’an. Pernah beberapa tahun menjadi… [Profil Selengkapnya]

Redaktur: Hendra

Keyword: , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (100 orang menilai, rata-rata: 8,73 dalam skala 10)
Loading ... Loading ...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • IBRAHIM ALMAGRIBI

    Assalamua alikum wr wb. Modal dakwah ilmu aldinul islam memadai mendalami dengan sebenar-benarnya.kita hendaknya disamping berilmu, bijak penuh kasih sayang dan ramahtamah terhadap siapa saja dalam penyampaiannya juga tepat mengenai sasaran. Dan janganlupa fitrah manusia serta sejarah islam sangat mendukung penyampaian dakwah kita kepada sesama moslim utamanya, non muslim pada umumnya.Contoh fitrah manusia “nikah itu halal ..bgmn dg pastur kok tdk kwin tp kawin. dll

  • IBRAHIM ALMAGRIBI

    Ada kejanggalan lagi “sekedar diketahui : peringatan natal itu kan desember ,padahal saad lahir nabi kita Isa a.s. pada musim korma muda itu bukan di bulan desember. Ini sekedar contoh yang jelas diketahui banyak orang. karena ketidaktauan dan ketaqlidan yang buta menjadikan manusia lupa fitrah sucinya.

  • IBRAHIM ALMAGRIBI

    Maaf ,ada ralat .. masa nabi Isa lahir di musim korma muda (rutob) . Dan ad sedikit pengalaman saat orang kepercaan bertanya disebabkan fanatis yang tidak didasari ilmu apalagi hidayah .Pertanyaan mereka :kenapa yang kentut itunya dan yang dibasuh wudhu kok wajahnya ? jawabannya : sebagai contoh seorang sakit mata. yang disuntik apa matanya…bukankah begitu. lantas mereka bingung juga. Adakalanya dikasih yang masuk akal kadang pula dikasih yang tidak masuk akal /gaib.

  • Islamic Center Almuhtadin

    Subhanallah, betapa indahnya Islam. Islam mengajak pemeluknya untuk berdakwah bahkan kepada non muslim sekalipun.

  • Assyifa Nur Izzah

    Wah, aku bangga nich dengan islam subhanallah…. dalam surah AL-KAFIRUN berkata Untukmu agamamu dan untukmu agamaku… Amiennnnn

  • http://dakwatuna.com Agus M Usman

    Sangat luar biasa agama islam membolehkan berdakwah kepada non muslim
    Kita harus lemah lembut dan mempunyai pengetahuan agama yang luas.

  • http://www.facebook.com/akhuki Akhi Suki

    cerminkan diri seorang muslim sejati, …..

Iklan negatif? Laporkan!
92 queries in 0,998 seconds.