Home / Konsultasi / Konsultasi Agama / Cara Berdakwah dengan Non-Muslim

Cara Berdakwah dengan Non-Muslim

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

DakwahPertanyaan:

Pak Ustadz, saya ingin bertanya. Bagaimana cara berdakwah yang baik dengan non muslim. Dan saya sempat mempelajari ilmu kristologi untuk beritahu mereka, bahwa kitab suci mereka mengandung banyak kesalahan. Apa itu boleh menurut Islam? Terima kasih Pak ustadz.

Soenirman, Jakarta

Jawaban:

Allah SWT berfirman, ada tiga cara dalam berdakwah kepada siapa saja, yaitu: dengan hikmah, dengan mawidzah hasanah, atau dengan dialog (ditopang alasan yang lebih baik dan lebih kuat).

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. An Nahl: 125)

Jika tidak bisa (seperti di atas), (nanti) jadi akan mengesankan negatif terhadap Islam itu sendiri. Jika demikian, ajak mereka menggunakan akalnya secara sehat. Misalnya, bahwa bila sebuah kitab suci banyak yang tidak asli, secara akal kita tidak bisa merasa aman untuk berpegang teguh kepadanya, dan seterusnya..

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (101 votes, average: 8,73 out of 10)
Loading...Loading...
DR. Amir Faishol Fath
Lahir di Madura,15 Februari 1967. Setelah tamat Pondok Pesantren Al Amien, belajar di International Islamic University Islamabad IIUI dari S1 sampai S3 jurusan Tafsir Al Qur’an. Pernah beberapa tahun menjadi dosen tafsir di IIUI. Juga pernah menjadi dosen pasca sarjana bidang tafsir Al Qur’an di Fatimah Jinah Women University Rawalpindi Pakistan. Akhir-akhir ini sekembalinya ke Indonesia, menjadi dosen sastra Arab di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah Jakarta. Lalu menjadi dosen Tafsir sampai sekarang di Sekolah Tinggi Al Hikmah Jakarta. Selebihnya beberapa kali di undang untuk mengisi Seminar, konfrensi dan ceramah di tengah komunitas muslim di beberapa kota besar Amerika Utara (Washington, New York, Houston, Los Angles, Chicago, Denver). Beberapa kajian tafisir rutin yang diasuh di perkantoran Jakarta antara laian di: Indosat, Conoco Philips, Elnusa, Indonesian Power, PLN Gambir. Agenda Kajian Tafsir Dzuhur:Senin (setiap pekan ) : Masjid Baitul Hikmah Elnusa Selasa 1 : Masjid Bank Syariah Manidiri Pusat Selasa 2&4: Masjid Indosat Pusat Selasa 3 : Masjid Hotel Sultan Rabu 1 : Masjid Indonesian Power Pusat Rabu 3 : Masjid PLN Gambir Kamis (setiap pekan) : Masjid Miftahul Jannah Ratu Prabu 2 (Conoco Philiphs)Agenda Pengajian Tafsir Dan Hadits lainnya:Sabtu 1&2 (Sesudah Subuh) : Masjid Az Zahra Gudang Peluru Ahad 2 (Sesudah Subuh) : Masjid An Nur (Perdatam) Senin ( Jam 14:30-20.00) :Sekolah Tinggi Al Hikmah Jakarta Selasa (Jam 14:00-15:30 : Majlis Ta’lim Amanah Dault (Kedian Menpora Adiaksa Dault, Belakang STEKPI, Kalibata). Rabu: 1&2 (Setelah Maghrib) : Masjid Az Zahra Gudang Peluru Kamis (Setiap Pekan, setelah Maghrib) : Masjid Bailtul Hakim, Diskum Kebon Nanas.

Lihat Juga

(konsultasisyariah.com)

Kitab Hindu Kuno Menyebutkan Ciri-Ciri Nabi Muhammad

  • meidiana

    BERSILAHTURAHIM LAH NANTI ANDA TAHU BAGAIMANA CARA BERDAKWAH YANG TEPAT DAN TEPAT. SELAMAT DAN BERKAH

  • Acu Saepudin

    Terimaksih banyak telah di ingatkan tentang ayat yang berhubungan dengan tatacara dakwah yang baik menurut Qur’an smoga berhasil dakwahnya smoga juga termasu golongan orang-orang yang berjuang dijalan Allh….

    TAKBIR….!!!!3X

  • yanti

    assalamualaikum…..
    menurut saya berdakwah kepada orang non muslim harus pelan2…. dan sangat hati-hati….
    sepertihalnya pernyataan2 diatas…
    langkah pertama yang harus disiapkan menurut saya adalah iman, kemudian niat yang sungguh2, yang terpenting adalah ilmu pengetahuan tentang islam yang luas. dan lebih baik jika kita juga bisa mengetahui adat kebiasaan non-i tersbut.

    • yanto

      ya memang harus hati2, karena kalau tidak hati2 dan niat yang sungguh2 bisa mengerti kebenaran orang non muslim sehingga bisa mengikuti iman mereka.. dan itu sudah banyak kejadiannya.

  • http://www.ijasmin.blogspot.com ijasmin

    Terima kasih atas materi2nya semoga saya bisa memanfaatkan ilmu yang disampaikan.
    “Teladan itulah yang bisa memotivasi orang untuk mengikuti ajakan/dakwah kita. semoga, amin

  • Abu Salsabila

    Assalamualaikum Wr. Wb,

    Untuk berdakwah dengan non muslim, khususnya yang nasrani, coba antum liat video training yang diberikan ustadz yusuf estes di you tube, kalo enggak salah judulnya “dakwah workshop”. beliau sendiri adalah mualaf yang dahulunya minister gereja di AS,,,, semoga dapat membantu akh..

  • burhan

    mintalah pertolongan Allah dengan sabar dan shalat

  • Aisyah Ratnaningsih

    Dakwah menjadi kewajiban setiap hamba sebagai khalifah Allah. Dakwah pada diri sendiri, keluarga, saudara, kerabat , tetangga dan pada setiap tempat merupakan ladang dakwah. Dakwah pada non muslim memang butuh waktu dan kita harus tetap optimis, karena Allah yang akan memberikan hidayah-Nya pada setiap hamba yang dipilihNya.

  • iim

    Berikan yang terbaik padanya pasti lambat laun mereka pun akan mengerti akan identitas kita sebagai muslim..

  • http://WWW.DAKWATUNA.COM Hanny

    Saya setuju dengan pandangan pak ustadz,kita memang harus berdakwah dengan mereka dengan tetap mengedepankan sikap lemah lembut tapi lebih baik tidak terlihat sebagai orang yg menceramahi,ajak berdialog ringan namun berbobot,gunakan bahasa ringkas namun namun mampu mengajak akalnya untuk berfikir,bukan dengan kesan memaksakan.dan lebih baik bila didasari ilmu agama/sudah mempersiapkan diri sblumnya.kalau tidak tahu bilang saja tidak tahu dan banyak2 bersikap sabar/toleran selama itu bukan…

  • ukhti shalihat

    bagaimanakah cara dakwah seorang anak kepada orang yang lebih tua dari kita…
    dalam hal ini kpd Ibu dan kakak Laki-laki saya terutama
    disatu sisi saya adalah seorang anak dan seorang adek…
    agar tidak terkesan paling bennar dan sok tahu ataun sok alim

  • IBRAHIM ALMAGRIBI

    Assalamua alikum wr wb. Modal dakwah ilmu aldinul islam memadai mendalami dengan sebenar-benarnya.kita hendaknya disamping berilmu, bijak penuh kasih sayang dan ramahtamah terhadap siapa saja dalam penyampaiannya juga tepat mengenai sasaran. Dan janganlupa fitrah manusia serta sejarah islam sangat mendukung penyampaian dakwah kita kepada sesama moslim utamanya, non muslim pada umumnya.Contoh fitrah manusia “nikah itu halal ..bgmn dg pastur kok tdk kwin tp kawin. dll

  • IBRAHIM ALMAGRIBI

    Ada kejanggalan lagi “sekedar diketahui : peringatan natal itu kan desember ,padahal saad lahir nabi kita Isa a.s. pada musim korma muda itu bukan di bulan desember. Ini sekedar contoh yang jelas diketahui banyak orang. karena ketidaktauan dan ketaqlidan yang buta menjadikan manusia lupa fitrah sucinya.

  • IBRAHIM ALMAGRIBI

    Maaf ,ada ralat .. masa nabi Isa lahir di musim korma muda (rutob) . Dan ad sedikit pengalaman saat orang kepercaan bertanya disebabkan fanatis yang tidak didasari ilmu apalagi hidayah .Pertanyaan mereka :kenapa yang kentut itunya dan yang dibasuh wudhu kok wajahnya ? jawabannya : sebagai contoh seorang sakit mata. yang disuntik apa matanya…bukankah begitu. lantas mereka bingung juga. Adakalanya dikasih yang masuk akal kadang pula dikasih yang tidak masuk akal /gaib.

  • Islamic Center Almuhtadin

    Subhanallah, betapa indahnya Islam. Islam mengajak pemeluknya untuk berdakwah bahkan kepada non muslim sekalipun.

  • Assyifa Nur Izzah

    Wah, aku bangga nich dengan islam subhanallah…. dalam surah AL-KAFIRUN berkata Untukmu agamamu dan untukmu agamaku… Amiennnnn

  • http://dakwatuna.com Agus M Usman

    Sangat luar biasa agama islam membolehkan berdakwah kepada non muslim
    Kita harus lemah lembut dan mempunyai pengetahuan agama yang luas.

  • http://www.facebook.com/akhuki Akhi Suki

    cerminkan diri seorang muslim sejati, …..