Topic
Home / Berita / Israel Berusaha Kudeta Erdogan

Israel Berusaha Kudeta Erdogan

Recep Tayyip Erdogan, PM Turki, sebelum meninggalkan plenary session on the Middle East Peace pada the Annual Meeting of the World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland (29/1/2009)
Recep Tayyip Erdogan, PM Turki, sebelum meninggalkan plenary session on the Middle East Peace pada the Annual Meeting of the World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland (29/1/2009)

dakwatuna.com – Istanbul, Harian Turki “The Turkish Zaman” menyebutkan bahwa Zionis Israel berusaha untuk menggulingkan pemerintah Turki yang dipimpin oleh Recep Tayyib Erdogan, dikarenakan sikapnya yang mendukung Palestina dan tindakannya meninggalkan Forum Ekonomi Dunia di Davos beberapa waktu lalu, karena protes atas kurangnya kesempatan yang memadai untuk menanggapi kerancuan pernyataan Presiden Zionis Israel Shimon Peres.

Dalam laporannya, Sabtu (28/2), harian Turki ini mengungkap apa yang dilakukan entitas Zionis Israel memberikan dukungan kepada pasukan anti Partai Keadilan dan Pembangunan Turki yang dipimpinn oleh Erdogan, yang berusaha mengkudeta pemerintah Turki.

Harian ini mengatakan bahwa pada tahun 1997 pemerintah koalisi yang dipimpin oleh Necmettin Erbakan berhasil dijatuhkan, atas prakarsa, persiapan dan pelaksanaan dari Zionis Israel dan neo-konservatif, ditambah pada jenderal di pasukan militer Turki.

Harian Turki ini mengisyaratkan penegasan departemen pertahanan Israel dalam laporannya –yang dibuat tahun 2007 dan disebarkan ke media massa– tentang perlunya menggulingkan pemerintah Erdogan dengan rencana yang mirip digunakan dalam menjatuhkan pemerintah Necmettin Erbakan.

Harian ini mengatakan bahwa surat kabar Zionis Israel tengah membicarakan tentang perlunya melikuidasi Perdana Menteri Turki, Recep Tayyib Erdogan.

Mereka juga memprovokasi tentara Turki dan Amerika Serikat terhadap Partai Keadilan dan Pembangunan Turki, dengan alasan bahwa kemenangannya dalam pemilu daerah yang akan dilaksanakan pada 29 Maret nanti akan mengubah Turki dari orientasi ke Barat menjadi berorientasi ke Timur dan ini bisa merugikan kepentingan Amerika di kawasan itu. (ip/ut)

Redaktur: Samin Barkah, Lc. M.E

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (18 votes, average: 8.44 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization