Home / Berita / Terwujudnya Rekonsiliasi Nasional Palestina

Terwujudnya Rekonsiliasi Nasional Palestina

Musa Abu Marzuq, PhD.

dakwatuna.com – Gaza, Sebanyak 12 Faksi Palestina, termasuk di dalamnya Hamas dan Fatah yang merupakann dua kekuatan besar di Palestina, mengadakan dialog rekonsiliasi di Kairo, Kamis (26/2). Mereka sepakat untuk membentuk sebuah pemerintah persatuan nasional yang bekerja sementara sampai dilaksanakannya pemilu.

Wakil Ketua Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Hamas, Dr. Musa Abu Marzuq dalam konferensi pers setelah pertemuan faksi-faksi Palestina mengatakan, kami telah menyepakati upaya rekonsiliasi nasional dalam bentuk lima komite.

Kelima komite itu adalah: Komite rekontruksi badan keamanan, pemilu, rekonsiliasi nasional dan modernisasi Lembaga Palestine Liberation Organization (PLO), dan rekonstruksi Gaza.

Komite ini mulai bekerja pada 10 Maret mendatang dan berakhir pada 20 Maret.

Berkaitan dengan masalah gerbang pelintasan Rafah dan rekonstruksi Jalur Gaza, Abu Marzuq mengatakan, “Akan disiapkan kesepakatan baru, khususnya berkaitan dengan gerbang pelintasan Rafah.” Dia memuji Mesir atas upayanya untuk mencapai kesepakatan ini.

Dia menambahkan, “Mekanisme rekonstruksi akan ditentukan oleh panitia-panitia tersebut. Rekonstruksi adalah hak mutlak rakyat Palestina. Dengan demikian akan kita akan memberikan bentuk dukungan dan backing untuk rekonstruksi Jalur Gaza.”

Mereka juga sepakat untuk membentuk sebuah badan independen gunan memandu dan mengontrol jalannya rekonsiliasi ini. Badan independen ini terdiri dari Mesir, Liga Arab dan para sekretaris umum dari faksi-faksi Palestina. (it/ip/ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Penjajah Israel temukan terowongan bawah tanah Hamas. (liputan6.com)

Terowongan Hamas Sudah Tembus Perbatasan, Israel Semakin Cemas

Organization