Topic
Home / Berita / Hamas – Fatah Dialog di Cairo

Hamas – Fatah Dialog di Cairo

dakwatuna.com – Gaza, Gerakan Hamas dan Fatah, Selasa (10/02), mengadakan pertemuan di Cairo sebagai upaya menciptakan suasana kondusif bagi kelanjutan dialog nasional Palestina.

Koran Filisthin edisi hari Rabu (11/02), menyebutkan pertemuan ini diadakan dengan diikuti oleh utusan dari Hamas yang diwakili Jamal Abu Hasyim dan Aiman Thawa, dua petinggi gerakan Hamas. Sementara itu dari utusan gerakan Fatah diwakili Azam al Ahmad dan Ahmad Abdul Rahman.

Sumber ini menambahkan, “Pertemuan ini bertujuan untuk menciptakan suasana kondusif bagi dialog Palestina di Kairo pada 22 Februari nanti. Kedua belah pihak menegaskan pentingnya pertemuan-pertemuan bilateral antara kedua gerakan sebagai asas kesepahaman antara keduanya.”

Gerakan Hamas, dalam pertemuan ini, mengusulkan sejumlah persoalan. Di antaranya adalah penghentian penangkapan politik dan pembebasan tahanan dari penjara di Tepi Barat serta penghentian propaganda informasi dan penghentian pemutusan gaji pegawai, agar tercipta suasana yang kondusif demi kesuksesan dialog.

Kedua belah pihak juga membahas masalah pemerintahan Palestina yang akan datang dan berbagai hal rinci yang berkaitan dengannya.

Petinggi Fatah, Ahmad Abdul Rahman menyebut pertemuan ini “strategis”. Dia menegaskan pentingnya ada kesepakatan antara gerakan Hamas dan Fatah serta adanya pertukaran peran antara kedua belah pihak. (ip)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Hamas Kecam Sekjen PBB

Figure
Organization