Home / Berita / Turki Kecam Keras Israel di Forum Ekonomi Dunia

Turki Kecam Keras Israel di Forum Ekonomi Dunia

Recep Tayyip Erdogan, PM Turki, sebelum meninggalkan plenary session on the Middle East Peace pada the Annual Meeting of the World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland (29/1/2009)
Recep Tayyip Erdogan, PM Turki, sebelum meninggalkan plenary session on the Middle East Peace pada the Annual Meeting of the World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland (29/1/2009) (AP Photo)

dakwatuna.comIzzah seorang muslim diperlihatkan oleh seorang Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan. Penentangan hebat terhadap penjajahan dan pembunuhan di Gaza beliau lakukan. Pembelaan terhadap bangsa yang terzhalimi beliau buktikan. Erdogan berdebat hebat dalam pertemuan ekonomi dunia di Davos, Swiss pekan ini dengan Presiden Israel, Shimon Perez perihal agresi Zionis Israel ke Gaza.

“Kalian membunuhi orang-orang.” seru Erdogan keras kepada Perez. “Apa yang kalian lakukan tidak manusiawi!”

Menanggapi perkataan Erdogan, Perez langsung memotong dengan panas, “Apakah Anda sungguh benar-benar mengerti akan situasi dimana ratusan roket berhamburan dan menyerang perempuan dan anak-anak? Ada apa dengan Anda?”.

Erdogan tidak terima perkataan Perez, dan ia meminta waktu kepada moderator untuk kembali bicara. Namun, ia hanya diberikan waktu satu menit saja. “Kalian, Israel, tidak pernah mau mendengarkan.”

Rakyat Turki, khususnya dari pendukung AKP, mendukung Perdana Menteri mereka, Recep Tayyip Erdogan, setelah pulang dari World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland
Rakyat Turki, khususnya dari pendukung AKP, mendukung Perdana Menteri mereka, Recep Tayyip Erdogan, setelah pulang dari World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland (AP Photo)

Setelah itu, Erdogan pun berkata: “Bagi saya pertemuan Davos sudah selesai. Saya tidak diizinkan untuk bicara di sini. Perdana Menteri kalian, Ohud Olmert, mengatakan sangat senang memasuki Palestina dengan tank, peluru dan roket, dan membunuh warganya.” ujarnya dengan nada tegas kepada Perez, yang langsung disambut dengan tepuk-tangan para hadirin. Setelah itu, Erdogan pun meninggalkan forum dan dengan cuek melewati Perez yang tampak tertekan.

Perkataan Erdogan di atas langsung membuat Shimon Perez mengkerut. Ia terlihat tidak pede dalam pertemuan itu. Perdana Menteri Kjell Magne Bondevik dari Norwegia berkata, “Saya tidak pernah melihat Perez seperti itu. Ia mungkin sadar bahwa seluruh dunia sekarang sedang memusuhinya. Saya sedih Erdogan meninggalkan forum.”

Dukungan untuk Erdogan datang dari banyak pihak. Menteri Luar Negeri Mesir, Moussa, yang selama debat hanya diam saja, berkomentar, “Sikap Erdogan bisa dipahami. Israel memang tidak pernah mendengarkan siapapun.”

Dukungan rakyat Palestina untuk Erdogan, PM Turki
Dukungan rakyat Palestina untuk Erdogan, PM Turki (AP Photo)

Ketika Erdogan pulang, sambutan meriah datang dari rakyatnya. Ribuan orang bersorak sorai sambil melambaikan bendera Turki dan bendera Palestina, ketika pesawat yang membawa Erdogan menyentuh landasan bandara Turki hari Jumat pagi waktu setempat.

Rakyat Turki memuji ketegasan sikap Erdogan saat berdebat dengan Presiden Israel Shimon Peres tentang agresi brutal Israel di Gaza dalam Forum Davos. Sementara itu di Jalur Gaza Palestina, rakyat Palestina memberikan dukungan kepada Erdogan dan Turki dalam sebuah demontrasi di hari Jum’at (30/1). Bendera Palestina, Hamas, dan Turki, dikibar-kibarkan, seraya beberapa peserta demonstrasi mengusung foto tokoh-tokoh Hamas dan Erdogan PM Turki. (berbagai sumber/ut)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (28 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • itulah izzah seorang muslim dalam melihat ketidak adilan,semoga turki kembali jaya,seperti pada masa kekakhalipaan Islam

  • Hebat,saya salut terhadap PM Turki yang mengecam Israel,saya ingin semua negara Islam mengecam zionis Israel.

  • Muhammad Jinggo

    SAYA SALUT TERHADAP SIKAP ERDOGAN YANG BERANI MENENTANG AGRESI ISRAEL… PERLU DIACUNGKAN JEMPOL …MESTINYA PEMIMPING NEGARA YANG LAIN HARUS SEPERTI ERDOGAN …JIKA MERAKA MENGAKU DIRINYA MANUSAIA …KARENA AGRESI ISRAEL TIDAK MANUSIAWI ….HIDUP ERDOGAN …SAYA BANGGA ….PADA ANADA !!!!!

  • iin

    begitulah seharusnya sikap seorang muslim, dimanapun dia berada tetap mengatakan kebenaran apalagi terhadap orang yahudi yang benar-benar menyatakan perang

  • ibnu muslimah

    sayamenyokong penuh tindakan pm turki itu,anda seorang muslim sejati kalau semua negara islam bersikap seperti ini mesti israel tak berani angkat muka.mereka hanya berani jika AS,dan sekutu mereka yang menyokong mereka.oleh itu kita menyatakan walaupun Islam ditindas pasti ada Allah disisi kami dan hanya dia yang beri kemenangan dan moga mereka yang Syhaid hidup disisi Allah.HIDUP ISLAM!!!!ALLAHHUAKBAR!ALLAHHUAKBAR!

  • Janah

    saya salut menyaksikan pemimpin dan rakyat yang kompak yang diperlihatkan masyarakat Turki ketika Erdogan pulang.. Bravo Turki

  • bravoo Erdogan…

  • Trio Segara

    Ayooo…..kita tunjukkan ketegasan kita

  • Goldy

    Ya!!!
    begitulah seorang muslim!!!
    In ahsantum, ahsantum li anfusikum!
    Barang siapa berbuat baik, maka berbuat baik itu untuk dirinya (Al Israa:7)

  • Andai saja pemimpin Muslim memilih tindakan seperti Erdogan, niscaya tidak ada lagi negara yang memandang rendah umat Islam.
    Wahai pemimpin muslim, kapankah muncul Erdogan2 yang lain?

  • cipto

    presiden kita kapan yach bisa punya izzah seperti beliau????

  • tunggu apa lagi. dan tunggu apa lagi… jikalau ummat muslim bersatu dan semangat yang membara pastilah yahudi laknatullah si israel bajingan keparat kan musnah dan ku yakin itu pasti akan terjadi bahkan batu dan tumbuhan pun berkata tatkala ummat muslim berperang dan mengejar2 si yahudi sialan…

    apa lagi yang kita tunggu, sudah saatnya kita bangkit, apakah kau (kita semua ummat muslim) lupa kita pernah berjaya, kita pernah berkuasa, hampir memayungi 2/3 dunia, merentas meruah mengarungi samudera,, apakah kau lupa,,,,

    dan seandainya PM Turki dan raja, presiden jazirah muslim dunia, bertindak seperti recep tayip erdogan dan berhati sultan abdul hamid pastilah kita kan menang…

  • sudarto

    Saya sangat berharap bisa dipimpin oleh presiden seperti erdogan, bukan pengecut seperti presiden kita..

  • Arip Budiyanto

    Saya membayangkan seandainya yg melakukan kecaman itu adalah kepala negara yg penduduk muslimnya terbesar didunia seperti Indonesia. Sungguh….seharusnya ini menjadi obsesi bagi siapapun yang nantinya akan memimpin negeri ini. Inilah profil pemimpin yang mencintai dan dicintai rakyatnya. Yang peduli terhadap penderitaan saudara-saudaranya seiman. Ayo, kita dukung pemimpin yang memiliki sikap mulia seperti Erdogan. Allohu Akbar!!!

  • Apabila semua pemimpin Negara didunia pada umumnya&Negara Indonesia pada khususnya seperti yang dilakukan Erdogan kepada Israel, maka tak perlu lagi para pemimpin yang ingin mencalonkan jadi pemimpin lagi ber kampanye mengobral janji cukup memberikan bukti seperti yang dilakukan Erdogan.

  • zuhud

    apa yang dilakukan Erdogan adalah potret seorang Muslim Sejati : " Janganlah kamu takut dan janganlah merasa gentar dan kalianlah yang paling tinggi jika kalian orang -orang yang beriman "

  • jon

    Allahu Akbar !!
    itulah sikap wala wa bara' seorang Muslim sejati

  • Subhanallah, saya turut berbahagia ada pemimpin yang berani seperti beliau…

  • Saya salut terhadap sikap Erdogan ! Andaikan pemimpin2 dunia (tdk terbatas negara Islam) dapat bersatu dan bersikap tegas mengecam zionis Israel seperti halnya Erdogan, kemungkinan pertumpahan darah di Gaza tdk separah yg kita lihat di media2. Paling tdk AS tidak menutup kedua matanya !

  • defriel daniel

    good to erdogan …..a moslem must be brave….freedoom…

    Thanks our hero….

  • Mr.1

    kalau saya punya 10 jari jempol,akan saya acungkan kpd Recep Tayyip Erdogan.

  • Azhar Fadillah Lbs

    Subhanallah…Tayyib Erdogan ,u’re a brilliant leader. God bless u. Helloooo, where are another leaders, just say the truth and God must help u. Let us hold tight our hands together, no one hearts can refuse the truth. So touch our brother hearts with speech or writing and actually action. Israel just waiting yours disaster!!!

  • Rudi Ridwan al Gaza

    Allaahu Akbar Walillaahilham..
    Baru kali ini di abad ini seorang pemimpin di negeri sekuler menampakkan Izzatul Islam Wal Muslimin…semoga dicontoh oleh semua pemimpin Arab yang banyak tidur..apa yang dilakukan Tayyib Erdogan, ketulusan cinta dan tarahum dalam bi kai aqidah dan ukhuwah Islamiyah sebagai senjata untuk melawan kedzoliman predator disaster zionis Yahudi Israel la’natullah….I Love you Erdogan…Viva Palestin…..Viva Al Quds…Viva Turki…..Viva Hamas….. Viva Indonesia…

  • Sikap seperti inilah yang (mungkin) bisa mengobati luka di hati anak-anak Palestina melihat sikap dari negara-negara saudaranya.. Turki sudah mulai bertindak tegas.. Indonesia?
    Bangkitlah Negeriku, Harapan Itu Masih Ada!

Lihat Juga

Sebelum Lengser, Obama Diminta Mantan Presiden AS Ini Akui Negara Palestina