Home / Berita / Akhirnya DPR Keluarkan “Resolusi” atas Agresi Israel ke Gaza

Akhirnya DPR Keluarkan “Resolusi” atas Agresi Israel ke Gaza

dakwatuna.com – Jakarta, Berbagai pihak di Indonesia mengecam serangan membabi-buta Zionis Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza. Tak terkecuali DPR RI pun angkat bicara terkait agresi yang telah menewaskan hingga 1000 jiwa lebih.

Dalam pernyataan resmi tertulis yang disampaikan dalam rapat konsultasi pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi-fraksi di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/1/2009), DPR mengutuk agresi militer Israel yang telah melakukan serangan secara membabi buta di Jalur Gaza yang menimbulkan ribuan korban jiwa dan luka-luka di kalangan penduduk sipil yang tidak berdosa, terutama wanita dan anak-anak serta menghancurkan bangunan dan infrastruktur kehidupan dan peradaban bangsa Palestina.

DPR juga mendesak Israel untuk segera menghentikan agresinya serta menarik pasukannya dari Jalur Gaza serta mendesak Israel agar segera menghentikan blokade yang dilakukannya di Jalur Gaza, dan kedua belah pihak harus melakukan gencatan senjata serta membuka akses masuk bagi bantuan kemanusiaan terutama makanan dan obat-obatan.

Selanjutnya DPR mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan resolusi baru yang lebih tegas yang dapat memaksakan penghentian agresi Israel dan pelaksanaan gencatan senjata serta memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang melanggar. Disamping itu mendesak PBB agar segera  mengadakan Sidang Umum darurat dan membentuk pasukan perdamaian di wilayah tersebut.

Berikutnya, DPR mendesak Amerika Serikat, Uni Eropa, negara negara Timur Tengah dan negara-negara anggota PBB lainnya serta lembaga-lembaga kerjasama antar parlemen, yaitu IPU (Inter Parliamentary Union), AIPA (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly), APA (Asian Parliamentary Assembly), PUIC (Parliamentary Union of the OIC Member State) untuk menggunakan pengaruhnya menghentikan kekejaman yang dilakukan Israel yang secara nyata merupakan tindakan kejahatan kemanusiaan dan mendesak mahkamah kejahatan internasional mengadili para pelaku agresi sebagai penjahat kemanusiaan.

DPR pun mendukung sepenuhnya perjuangan nasional rakyat Palestina untuk membentuk negara Palestina yang merdeka, berdaulat dengan integritas teritorialnya serta meminta agar bangsa Palestina bersatu dan memperkokoh perjuangannya untuk mewujudkan tujuan nasional Palestina.

Dalam rangka untuk mencapai perdamaian yang adil dan beradab serta langgeng bagi semua bangsa dan negara di kawasan itu, DPR mendesak pemerintah untuk secara aktif mendorong penyelesaian konflik Israel-Palestina berdasarkan kemerdekaan penuh Palestina dan intergritas teritorialnya yang didasarkan pada resolusi-resolusi DK PBB, yaitu Nomor 242 Tahun 1967 tentang penarikan pasukan israel dari wilayah yang diduduki,  Nomor 338 Tahun 1973 tentang penghentian pertempuran dan kegiatan militer, Nomor 1397 Tahun 2002 tentang penghentian segera semua tindak kekerasan, Nomor 1515 Tahun 2003 tentang seruan kepada semua pihak untuk mematuhi kewajibannya sesuai dengan “Roadmap” yang telah disepakati, Nomor 1860 Tahun 2009 tentang gencatan senjata tanpa batas waktu, serta berpartisipasi aktif dalam pasukan perdamaian PBB yang akan dibentuk tersebut.

Terakhir, DPR mendesak PBB untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi Palestina yang tersebar di berbagai negara di Timur Tengah. (detik)

About these ads

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Israel terkutuk,semoga Allah swt melndungin bangsa plastina

  • Nur Laela Turrohmah

    Berjuanglah wahai saudaraku Palestina,… Harapan itu masih ada… Allahu Akbar!!!

  • fauzi ridwan

    saya dukung DPR yang masih punya keinginan untuk ber-negosiasi, saya sarankan bila jalan negosiasi tidak bisa saya dukung kalo mungkin DPR bisa Menekan pemerintah untuk mengirimkan pasukan militer ke Palestin ……….. Israel La'natulloh Alaihim wajib di perangi الله اكبر .. الله اكبر ..الله اكبر

  • Arip Budiyanto

    Ini adalah cermin persatuan dlm perbedaan. Walaupun di fraksi dlm hal-hal tertentu terjadi perbedaan antar fraksi tetapi ketika bicara masalah Palestina suaranya sama. Syukur klo ditindaklanjuti dg demo bersama seluruh partai dg membawa benderanya masing-masing. Allohu Akbar!! Salam jihad dari Parepare

  • ya, sudah selayaknya, DPR RI sebagai representasi rakyat Indonesia mengeluarkan "Resolusi" tersebut….

  • Abu Yandri

    Ane pikir Israel itu tidak perlu lagi dikutuk, karena mereka memang sudah terkutuk. Diresolusipun dia tidak akan mempan, saat ini diperlukan bantuan fisik dan materi. Mari kita perbanyak bantuan tersebut secara signifikan dan nyata.

    Negara mayoritas Nasrani-pun kini sudah memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Israel jahanam (Bolivia dan Venezuela), kita Indonesia, paling tidak saatnya sekarang kita boikot produk negara-negara yang membantu Israel termasuk Mesir???

    Allahu Akbar.

  • Fq

    Sudah saatnya sekarang ini ummat Islam bersatu menghadapi zionis israel laknatulloh. Mari kita rapatkan barisan! Bersama2 kita berjuang membebaskan Palestina! Allohu Akbar!!!!

  • Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah ummat Islam terbanyak sudah selayaknya melakukan hal demikian…

    Majulah terus Al-Qossam dan Hamas,,,,!!!

    Wujudkan Palestina Merdeka, adil, dan makmur…

    Ana Uhibu Falastine…

  • ainun niam

    Mari kita berjihat melawan asreal agar zionisme israel hancur dari muka bumi ini
    pertahankan masjidil aqso

  • saya pikir ini adalah dagelan politik saja, DPR dan Pemerintah terlihat hanya ingin meredam gejolak masyarakat Islam di Indonesia dan tumbuhnya terorisme amrozi cs di Indonesia. karena jika dilihat dari situasi yang terjadi di Gaza, Yang dibutuhkan adalah tindakan politik fisik (nyata),pengiriman pasukan, pengusiran duta besar mesir dan arab saudi serta pemutusan hub diplomatik dengan AS. ketiga negara ini punya andil besar terhadap situasi di Gaza. inilah saat yang tepat utk melakukan tindakan tersebut karena pengaruh AS sedang melemah dimata dunia internasional. Indonesia memang punya segudang PR di dalam negeri, tetapi momentum ini seharusnya bisa menjadi jembatan kerjasama dengan negara2 pendkung Palestina yang merupakan pasar alternatif.

  • ryan

    saudaraku kaum muslimin…jangan takut dengan bangsa yahudi laknatullh… ayo kita bantu saudara kita yang ada di Palestina dengan bukti yang nyata bahkan nyawa sekalipun…(mati syahid)

Lihat Juga

Anggota Komisi I DPR RI, DR. Sukamta. (fraksipks.or.id)

Pemerintah Diminta Tegas Soal Aturan Penempatan Data Center di Indonesia

Organization