Home / Berita / Internasional / Kamboja Memperbolehkan Seragam Sekolah Muslimah

Kamboja Memperbolehkan Seragam Sekolah Muslimah

Pelajar Muslimah Kamboja

dakwatuna.comPnom Penh, Perdanan Menteri Kamboja, Hun Sen memperkenankan kepada sekolah-sekolah negeri bagi siswi-siswi muslimah untuk mengenakan busana muslimah, berhijab jika siswi-siswi menghendakinya.

Dalam pernyataan resminya yang dilansir sejumlah media massa di Kamboja, Hun Sen mengatakan:

“Bagi siswi-siswi muslimah diperbolehkan memakai busana yang sesuai dengan ketentuan di dalam sekolah atau memakai seragam Islami yang khusus bagi mereka.”

Ketentuan ini akan membawa dampak posistif bagi kesatuan bangsa, setelah lama sekali komunitas muslim menanti diperbolehkannya memakai identitas ke-muslimahan di sekolah.

Penguasa sebelumnya, yang dijabat Partai Komunis -tahun 1975-1979- sangat membatasi dan mengekang kebebasan beragama, terutama Islam, bahkan sekitar 500 ribu dibunuh dengan cara disembelih, pemudinya dipaksa nikah dengan non muslim. Sistem Komunis juga memaksa umat muslim selama 15 tahun, memaksa beribadah di tempat ibadah agama lain, memaksa memakan daging babi, meminum khamer, membakar masjid-masjid, sehingga banyak umat muslim yang lari ke Malaysia dan Thailand.

Kondisi perpolitikan berubah ketika Partai Kebangsaan memerintah, mereka memberi kebebasan bagi pemeluk agama menjalankan keyakinannya tak terkecuali, pemeluk agama Islam.

Meskipun kebebasan terjamin, namun kondisi ekonomi komunitas muslim masih sangat sulit karena SDM masih kurang berdaya saing.

Problem lain adalah tiadanya kurikulum sekolah yang sama di antara sekolah-sekolah Islam, sehingga terjadi persaingan yang tidak sehat dan mutu yanng kurang berkualitas.

Peran negara-negara Timur Tengah untuk memajukan dunia pendidikan dan dakwah Islam di sana dilakukan kian gencar.

Di Kamboja, hidup lebih dari 700 ribu muslim dari 14 juta jiwa penduduk, mayoritas mereka tinggal di Ibo Kota Kamboja, Pnom Penh. (io/ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (13 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Alhamdulillah……..
    Semoga Islam makin Jaya di sana
    Allahu Akbar……

  • ashofat

    Alhamdulilah , saudara muslim kita di kamboja sudah dapat menjalankan salah satu syariat islam, memakai jilbab.
    Langkah kebijakan yang diambil oleh pemerintah kamboja sangat bagus, jangan seperti dibanyak negara yang mempersulit untuk warga muslim menjalankan syariatnya,

    wasalam,

  • abdul jafar

    semoga kita senantiasa mendapat ridho allah swt, dan memberikan kekuatan dalam menjalankan perintah allah. dengan berjilbab saya yakin muslimah dikamboja akan titinggikan derajatnya. amiin

  • yakinlah kekuatan islam akan bangkit kembali !!!

  • Abu Nabil

    Ayo ummat islam, tetap semangat….!

Lihat Juga

Setelah puluhan tahun, Bendera Merah Putih Akhirnya bisa berkibar di Dusun Cindakko. (Nurhayani/Putri/PKPU)

Setelah Puluhan Tahun, Baru Kali ini Merah Putih Berkibar di Dusun Cindakko